Rabu, 31 Agustus 2011

Umat Muslim Toraja melaksanaan Shalat Ied 1432 H

Umat muslim Tana Toraja berbondong-bondong mendatangi Lapangan Basket Makale yang dijadikan tempat pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1432 Hijriah yang bertepatan dengan 31 Agustus 2011. Shalat yang diselenggarakan oleh PHBI Kec. Makale ini, berlangsung hidmat dan lancar.

"Rasanya berat meninggalkan bulan Ramadhan, ingin rasanya kita terus berada di bulan nan indah dan penuh berkah ini, namun waktu tetaplah waktu yang pasti berlalu, kini saatnya kita dan seluruh umat Islam di seluruh dunia merayakan kemenangannya. Gema takbir, tahlil dan tahmid pun berkumandang dimana-mana, umat Islam di seluruh jagad raya ini, bersatu padu melantunkan irama membesarkan Allah, memuji dan mensucikan-Nya, sebagai ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah dianugerahkan. Mengungkapkan syukur atas hidayah dan inayah Allah yang begitu besar karena telah berhasil mengikuti rentetan ibadah pada bulan Ramadhan sebagai jaminan untuk mendapatkan ganjaran dan ampunan Allah SWT dan kembali kepada fitrah"

Demikian sebagian kutipan khutbah yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Toago, SpdI, yang pada kesempatan ini bertindak sebagai khatib.

Sementara H. Abidin Benga', yang juga adalah Ketua Pengurus Mesjid Tsanawi Nurul Hidayah Tondon, bertindak sebagai Imam.
READ MORE - Umat Muslim Toraja melaksanaan Shalat Ied 1432 H

Selasa, 30 Agustus 2011

Umat Muslim Berharap Tidak Ada Lagi Perbedaan Penetapan Idul Fitri

Umat muslim di kota Makassar sebagian telah merayakan Idul Fitri hari ini, walaupun pemerintah mengumumkan 1 Syawal 1432 Hijriah baru jatuh pada Rabu, (31/08 ). Tomot salah satu umat muslim yang merayakan Idul Fitri Dilapangan Unhas Baraya hari ini mengatakan agar perbedaan hari pelaksanan shalat Id ke depan tidak terjadi lagi

” Harapannya,mudahan-mudahan perbedaan ini tidak terjadi lagi ditahun mendatang, supaya kita umat muslim bisa bersatu merayakan Idul Fitri”. Ungkapnya.

Shalat Idul Fitri di kota Makassar dilaksanakan di beberapa lokasi, seperti di Lapangan Unhas Baraya Makassar// Ribuan kaum muslim melaksanakan shalat Id dipimpin imam Habib Mahmud Bin Umar Al Hamid. Habib juga bertindak menyampaikan khutbah dalam kesempatan ini. Dalam khutbahnya berjudul ” Keutamaan dan Kemuliaan Umat Rasulullah Muhammad SAW diantara seluruh manusia” disampaikan umat muslim adalah sebagus-bagusnya umat yang dilahirkan kedunia, maka haruslah memperbaiki akhlak, tingkah laku, dan budi pekerti.

Selain itu. umat muslim wajib menjaga dan menggalang persatuan anatar umat Islam, sebaliknya dengan menebar perpecahan dan melemahkan barisan adalah perbuatan terlarang yang tidak akan menghasilkan sesuatu kecuali keuntungan bagi musuh Islam.

Sementara menaggapi mengenai perbedaan pelaksanaan hari Idul Fitri Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia Prof Galib mengatakan dalam penetapan 1 Syawal menggunakan dua metode hisab dan ru’yah, keduanya sama-sama dibenarkan tergantung keyakinan masing-masing individu.

” Ini tergantung keyakinan, pada intinya kedua metode tersebut benar, untuk umat muslim yang meyakini hari ini Selasa (30/08) jatuhnya 1 syawal maka haram hukumnya berpuasa, namun jika meyakini besok, Rabu (31/08) maka diwajibkan berpuasa hari ini”

Lebih lanjut Prof Muh Galib mengatakan, Muhammadiyah meetapakan 1 Syawal dengan menggunakan metode hisab. Dengan metode ini maka 1 Syawal sudah dapat diketahui dalam suasana ramadhan karena melihat posisi bulan menggunakan ilmu Falaq.


Sumber : rri Pro1 Makassar
READ MORE - Umat Muslim Berharap Tidak Ada Lagi Perbedaan Penetapan Idul Fitri

Senin, 29 Agustus 2011

Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1432 H Jatuh Pada 31 Agustus

Sidang itsbat Kementerian Agama telah usai. Pemerintah melalui Kemenag menetapkan 1 Syawal 1432 H jatuh pada Rabu 31 Agustus 2011.

Keputusan diambil setelah Menteri Agama Suryadharma Ali yang memimpin sidang mendengarkan 12 pandangan ormas Islam yang hadir dalam sidang yang digelar di Kementerian Agama, Jl Lapangan Banteng, Senin (29/8/2011).

"Bahwa 1 Syawal jatuh pada Rabu 31 Agustus 2011. Bisa disetujui?" tanya Suryadharma.
"Setuju," sambut mayoritas peserta sidang sembari bertepuk tangan. Suryadharma pun mengetuk palu tanda disetujuinya keputusan.

Suryadharma sebelumnya mempertimbangkan 4 intisari masukan 12 ormas yang telah disampaikan kepadanya. Intisari itu pertama, meminta agar kriteria disatukan, dan agar Kemenag lebih kuat lagi untuk memusyawarahkan kriteria penentuan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah.

Kedua, perbedaan penentuan Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah masih berpeluang terjadi. Namun sebaiknya pengumuman dilakukan pada saat yang sama.

Ketiga, kesimpulan lain yang menjurus untuk diambil keputusan. Pemberi saran, laporan dari berbagai titik yang melakukan rukyah, dan memperhatikan fatwa dan pandangan majelis ulama menyetujui secara mayoritas, bahwa 1 syawal jatuh pada hari Rabu 31 Agustus 2011.

Keempat, dari Muhammadiyah yang menghargai dan menghormati pandangan Lebaran jatuh pada Rabu 31 Agustus. Namun, Muhammadiyah meminta izin untuk melaksanakan Lebaran esok hari, Selasa 30 Agustus 2011 dengan catatan saling menghormati perbedaan sehingga persatuan dan kesatuan umat dan bangsa tetap utuh.

Dengan demikian dari ormas-ormas yang hadir hanya Muhammadiyah yang menyatakan 1 Syawal jatuh pada Selasa 30 Agustus 2011.


sumber : http://www.detiknews.com
READ MORE - Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1432 H Jatuh Pada 31 Agustus

Sabtu, 27 Agustus 2011

Wagub Pimpin Uji Coba Penerbangan Perdana ke Toraja

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Afirin Nu'mang, Kamis, 25 Agustus 2011 memimpin uji coba penerbangan perdana Maskapai penerbangan Express Air ke Tana Toraja.

Tampak ikut dalam rombongan Wagub, Kepala Dinas Perikanan Sulsel, Iskandar; Kepala Dinas PSDA Sulsel, Soeprapto Budi Santoso; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Suaib Mallombassi; Staf Ahli Gubernur Sulsel, Asri Pananrang; Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Sulsel, Tautoto TR; serta Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Andi Masykur Sultan.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Bupati Toraja Utara Fredrick Batti S, Wakil Bupati Tana Toraja Adelheid Sosang, serta beberapa unsur muspida menyambut rombongan wagub. di Bandara Pongtiku.

Dikatakan Wagub, dengan beroperasinya penerbangan maskapai Express Air dengan tujuan Tana Toraja diharapkan daerah jauh di Sulsel dapat terlayani dengan baik. Untuk diketahui, bahwa beberapa waktu yang lalu maskapai Express Air juga telah melakukan uji coba penerbangan pertama dengan tujuan Selayar. Oleh karenanya Pemda berharap maskapai Express air bisa beroperasi secara reguler. Sehingga dapat memudahkan wisatawan dan masyarakat setempat untuk berkunjung ke dua daerah ini.

"Dua kabupaten ini adalah daerah kunjungan wisata. Di Selayar dikenal dengan wisata baharinya sedangkan Tana Toraja terkenal dengan wisata budaya adat dan wisata alamnya yang unik. Kalau sudah ada penerbangan maka tentu saja bisa menambah kunjungan ke daerah ini," jelas Agus Arifin Nu'mang.
READ MORE - Wagub Pimpin Uji Coba Penerbangan Perdana ke Toraja

Kamis, 25 Agustus 2011

WAGUB: Kita akan berusaha agar Hak Paten Kopi Toraja dikembalikan

Pada tanggal 19 Agustus 2011 yang lalu penghargaan diberikan presiden RI, yang dianggap mampu meningkatkan produksi berasnya diatas 5 persen (P2BN).

Tidak ketinggala H.Agus Arifin Nu`mang, Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Selatan, ikut memberikan apresiasi atas apa yang dicapai oleh Kab. Tana Toraja tersebut.
Apresiasi tersebut diberikan saat kunjungan kerja Wagub yang dirangkai dengan safari Ramadhan, Kamis (25/8/2011) di Aula Kantor Bupati Tana Toraja.

Agus mengungkapkan, prestasi yang diraih merupakan buah karya dari hasil kerja keras masyarakat Tana Toraja, utamanya petani. Hingga mampu mendukung 2 juta ton surplus stok beras nasional.

"Meskipun harga bergejolak dibulan puasa, pemerintah masih mampu mengatasi dengan penjualan harga sembako murah," kata Wagub Agus Arifin Nu`mang didepan para pimpinan SKPD dan undangan lainnya.

Demikian pula pemeliharaan dan peningkatan status infrastruktur jalan dari jalan kabupaten ke jalan provinsi, dan dalam waktu dekat sekitar 1200 km jalan kabupaten akan ditingkatkan menjadi jalan nasional, papar Agus Arifin Nu`mang.

Menyangkut hak paten kopi murni Toraja yang telah cukup terkenal di dunia international, pemda Provinsi akan membantu menangani agar hak paten tersebut dapat di kembalikan ke pada yang berhak. Kata Wagub.
READ MORE - WAGUB: Kita akan berusaha agar Hak Paten Kopi Toraja dikembalikan

Selasa, 23 Agustus 2011

KNPI Tana Toraja Gelar Buka Puasa Bersama

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tana Toraja menggelar buka puasa bersama, Rabu (23/8) di Kafe PKK Kab. Tana Toraja, Jl. Kartini, Makale

Buka puasa tersebut juga dirangkaikan dengan Diskusi Panel dengan Tema : Reaktualisasi Peran pemuda dalam Akselerasi Pembangunan Daerah.

Tampak hadir dalam Acara ini, Ketua DPRD Kab. Tana Toraja, Welem Sambolangi', SE, Sekretaris Daerah Tana Toraja, Enos Karoma, SH, MH, Kepala Bappeda Tana Toraja, DR Ir Yunus Sirante MSi, Anggota DPRD Tana Toraja, Ir. Kristian HP Lambe, MM, Yohanis Lintin P, Mantan Ketua KNPI Tana Toraja, Viasmudji Bitticaca, serta tokoh2 dari OKP se kab. Tana Toraja yang bernaung dalam wadah KNPI.

Ustadz Tamrin Lodo dalam ceramah Kultum (Kuliah Tujuh menit) dalam siraman rohaninya, menyampaikan bahwa salah satu hikmah yang dapat dipetik dari acara buka puasa bersama ini adalah semakin eratnya tali silaturrahmi antar pemuda, khususnya OKP yang tergabung dalam wadah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kab. Tana Toraja.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Tana Toraja, Alexander Patandianan menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu terlaksananya kegiatan ini. Demikian juga atas kehadiran semua undangan yang telah menyempatkan diri untuk ikut dalam acara yang merupakan gebrakan pertama ketua Baru KNPI Tana Toraja.

Menurutnya, ada beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan acara ini, diantaranya
mempererat tali silaturrahmi antar pemuda dan pemerintah serta legislatif.

“Pengurus KNPI periode kami masih baru, sehingga kegiatan yang kami laksanakan diharapkan mempererat tali silaturahmi antar pengurus,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tana Toraja, Enos Karoma, SH, MH, yang mendapatkan kesempatan menyampaikan sambutan, mengharapkan agar dari diskusi panel yang berthema Reaktualisasi Peran Pemuda dalam akselerasi pembangunan daerah ini dapat dilahirkan ide-ide cemerlang dari pemuda dalam rangka mempercepat kegiatan pembangunan daerah.

Isu yang paling ramai dibicarakan Dalam Diskusi panel yang dipandu oleh Theofilus limongan ini, adalah isu mengenai pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga.
READ MORE - KNPI Tana Toraja Gelar Buka Puasa Bersama

Polres Tana Toraja Gelar Operasi Ketupat 2011

Dalam rangka pengamanan arus mudik dan hari Raya Idul Fitri 1432 H, yang diperkirakan jatuh pada tanggal 30 Agustus mendatang, Polres Tana Toraja menurunkan sekitar 100 personel gabungan daro Polisi, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Pemadam Kebakaran.

Seusai memimpin apel gelar pasukan operasi ketupat 2011 di halaman Mapolres Tana Toraja (22/8) kemarin, Kapolres Tana Toraja AKBP Yudi AB Sinlaeloe mengatakan
“Demi kelancaran arus mudik dan pengamanan Hari Raya Idul Fitri, Kita libatkan semua instansi terkait, termasuk dari TNI dalam hal ini dengan Kodim 1414,”

Gelar pasukan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh polres di seluruh Indonesia.

Selain menurunkan personil, polisi juga telah mendirikan empat pos pengamanan khusus untuk operasi Ketupat di empat titik strategis di wilayah Tana Toraja dan Toraja Utara. Keempat lokasi pos itu, diantaranya pos lantas kota Makale, pos lantas kota Rantepao, perbatasan Tana Toraja dengan kabupaten Enrekang (Salubarani) dan pos perbatasan Toraja Utara dan Kota Palopo (Kaleakan).

“Penempatan pos-pos di tempat strategis tersebut dengan tujuan agar memudahkan masyarakat jika suatu saat membutuhkan bantuan polisi,” ujar Kapolres.

Mulai hari ini (22/8), jelas Kapolres, setiap hari di pos-pos itu akan ditempatkan personil-personil polisi yang selalu siap sedia selama 24 jam. “Kita upayakan semua pos tidak boleh kosong selama 24 jam,” kata Kapolres.

Tampak ikut hadir dalam Apel gelar pasukan operasi Ketupat 2011 itu Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol (Kav) Buang Adri Aprianus, sekretaris kabupaten Tana Toraja, Enos Karoma, Kadis Perhubungan dan Postel Tana Toraja Agus Sosang, dan kepala satpol PP Tana Toraja dan Toraja Utara.
READ MORE - Polres Tana Toraja Gelar Operasi Ketupat 2011

Senin, 22 Agustus 2011

Dari Acara Ibadah Syukur Jemaat Gereja Toraja Balla Tammalanrea

Ibadah syukur atau Gereja Padang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-66 yang digelar oleh jemaat Gereja Toraja Balla Tamalanrea.

Gereja Padang atau Ibadah syukur tersebut diikuti 27 jemaat dari Kota Makassar, Gowa, Takalar dan Maros. Nampak hadir dalam acara tersebut, Ketua Badan Penasehat Sinode, Musa Salusu, anggota DPRD Sulsel, Alexsander Palinggi, serta Kepala Badan Kesbang Sulsel, Tautoto Ranggina.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang juga turut hadir dalam kesempatan itu memberikan sumbangan sebesar Rp.100 Juta yang diperuntukkan bagi penyelesaian pembangunan mess dan sekolah dalam kompleks Balla Tammalanrea.

SYL mengatakan bahwa pemberian sumbangan itu tidak ada sangkut pautnya dengan Pilkada Gubernur mendatang.

"Pemerintah memang berkewajiban untuk selalu hadir saat masyarakat membutuhkannya.' Kata Syahrul.

"Kami sangat menghargai kegiatan yang dilaksanakan Gereja Toraja, yang tentunya merupakan bentuk kepedulian dalam membangun kebersamaan. Jika kita mempunyai keimanan, maka negara akan menjadi lebih baik."Tegas Syahrul.

Gubernur juga tidak menutup mata bahwa masih banyak kesenjangan, ketimpangan, dan perbedaan di Sulsel. Namun kesemuanya itu hanya dapat dibenahi kalau masyarakat memiliki keimanan dalam dirinya, mengesampingkan egoisme, dan memahami setiap masalah yang ada di sekelilingnya.

"Hidup ini tidak cukup dengan kemampuan intelektual dan kompetensi semata. Namun juga dibutuhkan watak dan karakter yang baik seperti yang selalu diajarkan oleh setiap agama."Tambahnya.

Menurut Syahrul, Ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam rangka mengembangkan suatu daerah. yaitu Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, dan ekonomi yang baik.
READ MORE - Dari Acara Ibadah Syukur Jemaat Gereja Toraja Balla Tammalanrea

SYL Yakin Terpilih Kembali

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menebar optimisme akan oppo (terpilih kembali) di pilgub Sulsel mendatang.

SAFARI Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) beserta sejumlah politikus Golkar ke sejumlah kabupaten/kota tak terpisahkan dengan aroma pilgub. Saat Studium General Sekolah di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, SYL mengamanahkan agar mahasiswa dan masyarakat "Pakui SYL".

Di depan unsur muspida Kota Palopo, mahasiswa, dosen, dan masyarakat, SYL mengatakan Pakui adalah Pray, Attitude, Consistent, Ulet, dan Impian. "Suatu saat saya akan menagih amanah ini," kunci SYL.

Pakui dalam bahasa daerah Toraja, Luwu, maupun Bugis berarti menusuk dengan paku. Simbol ini diamanahkan SYL agar mahasiswa dan masyarakat Kota Palopo mencoblos lagi dirinya di pilgub Sulsel 2013 mendatang.

Dalam kesempatan sama, SYL terang-terangan mengaku yakin akan lolos untuk kedua kalinya di Pilgub Sulsel 2013 mendatang. "Saya yakin karena saya bekerja untuk negara dan rakyat. Jadi, janganlah dipolitisasi lagi, sebab saya juga mau masuk surga," cetus SYL.

SYL mengakui yang dibutuhkan negara ke depan adalah pemimpin yang tidak sekadar berilmu, tapi harus beragama, martabat, dan harga diri. "Makanya, perlu saya ingatkan, Ramadan itu Syahrul Mubaraq dan Syahrul Magfirah. Tapi kalau Sulsel itu, Syahrul Yasin Limpo," sebut SYL.

SYL mengajak mahasiswa dan masyarakat Palopo mendukung pembangunan, khusus di bidang ekonomi dan pendidikan. "Mari kita dukung pembangunan selama tidak bertentang dengan agama, kultur, dan budaya," tandasnya.

Di Luwu Timur, SYL menanggapi wacana duet Ilham Arif Sirajuddin (IAS) dan Anggota DPD RI, Abdul Azia Qahhar Mudzakkar (AQM). Di mata mantan Bupati Gowa ini, wacana tersebut wajar-wajar saja dan ditanggapinya datar-datar saja.

SYL belum mau menyebut siapa yang akan mendampinginya di pilgub mendatang. SYL menghargai sejumlah aspirasi masyarakat yang mewacanakan figur tertentu untuk pendampingnya ke depan.

Dalam dalam rombongan SYL, ikut juga salah satu figur calon pendamping SYL yang juga Ketua DPRD Sulsel Muhammad Roem. Ada juga Ali Mochtar Ngabalin, serta sejumlah unit kerja pemprov Sulsel.

Sebelumnya, Roem menegaskan kesiapannya mendampingi Syahrul jika mendapat kepercayaan masyarakat. Hanya saja, kesiapan itu tetap disandarkan pada survei dan keinginan SYL sendiri.



Sumber : Fajar Online




READ MORE - SYL Yakin Terpilih Kembali

Ilham - Aziz Garap Warga Toraja dan Enrekang

Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dan anggota DPDRI Aziz Qahhar Mudzakkar memanfaatkan momen Ramadan untuk mendekati sejumlah komunitas masyarakat.

Kemarin,Ilham menemui sejumlah tokoh kristen Tanah Toraja dalam Gereja Padang Klasis Makassar di Balla Tamalanrea, kemarin.Sekitar 5.000 warga Toraja berkumpul dalam kebaktian dalam rangkaHUT RI. “Saya datang bukan hanya sebagai Wali Kota Makassar semata. Tetapi juga sebagai bagian dari keluarga besar Toraja yang di Kota Makassar,”kata Ilham. Dalam sambutan, Ketua Partai Demokrat Sulsel ini meminta kepada seluruh warga kota untuk saling menghargai antar umat beragama di kota ini untuk menjaga kedamaian.

Kota yang plural ini rentan terjadi gesekan dan konflik horizontal jika tidak ada rasa saling menghargai. “Selama ini kita sudah bisa menjaga ketentraman antar umat beragama.Kita berharap ini dipertahankan dan ditingkatkan. Jika ada oknum yang ingin membenturkan antarumat beragama, tentu kita tidak akan terpengauh,” kata dia. Pada kesempatan ini,Wali Kota Makassar ini memberikan bantuan dana kepada jemaat gereja di Kota ini.Sejumlah warga yang ditemui mengaku senang bisa bertemu langsung dengan Wali Kota Makassar ini.

Aziz Buka Puasa Bersama Hikma

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulsel Aziz Qahhar Mudzakkar memanfaatkan akhir pekannya di Makassar dengan sejumlah kegiatan di bulan suci ramadan. Aziz dijadwalkan menjadi narasumber pada sebuah acara di Sekolah Islam Atirah,kemarin. Anggota DPD RI dua periode itu melakukan brand storming dengan ratusan tenaga pendidik yang menjadi peserta paca acara tersebut.

Selain itu, tokoh dari Luwu Raya ini melakukan buka puasa bersama dengan keluarga di Jalan RS Faiza dan pada hari ini melakukan buka puasa dengan Himpunan Keluarga Masenrempulu (HIKMA) di kediaman Rachman Bando Jalan Borong Raya. Sebelumnya, Aziz menjadi penceramah di Masjid Nurul Jihad Kompleks IDI Panakkukang yang dilanjutkan dengan tarawih bersama dengan jamaah setempat.Pada kesempatan itu,Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin turut melakukan ibadah tarawih di masjid tersebut.

Kekompakan dua figur tersebut kian menguatkan sinyalemen paket Ilham- Aziz pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel mendatang. Ilham mengaku pertemuannya dengan Aziz kali ini tidak direncanakan. Sama halnya saat dia bertemu Aziz di Tanah Suci beberapa waktu lalu yang juga tidak terencana.Namun, Ilham yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel tidak menampik telah mengetahui kedatangan Aziz di masjid itu. Namun, dia membantah jika pertemuan itu terkait politik



Sumber : Sindo
READ MORE - Ilham - Aziz Garap Warga Toraja dan Enrekang

The Reds, Permalukan the Gunners

Liverpool membuat sengsara Arsenal. Pasukan Kenny Dalglish sukses mempermalukan tuan rumah setelah unggul 2-0 pada pekan kedua Liga Primer di Emirates Stadium tadi malam. Kemenangan ini tak hanya menambah tiga poin untuk The Reds, tapi juga mematahkan rekor buruk tak pernah menang di markas musuh bebuyutannya itu yang bertahan selama 11 tahun.

Luis Suarez lagi-lagi menjadi pahlawan bagi The Reds. Kendati bomber asal Uruguay itu tidak masuk dalam starting line up, hal itu tidak mengurangi produktivitasnya.Tidak lama setelah turun menggantikan Andy Carroll, Suarez memaksa kiper Arsenal Wojciech Szczesny memungut bola dari gawangnya pada menit ke- 90 setelah memaksimalkan umpan matang Raul Meireles.

Mantan pemain Ajax Amsterdam itu sudah mencetak dua gol dalam dua pertandingan beruntun musim ini. Suarez sebelumnya juga membukukan satu gol ketika Liverpool ditahan 1-1 oleh Sunderland pada laga pembuka. “Kami benar-benar gembira. Seperti yang Anda lihat,pertandingan ini cukup sulit bagi kami. Beruntung, kami bisa mengatasi tekanan itu,” ujar Pelatih Liverpool Kenny Dalglish seperti dikutip Skysport.

“Kami tahu kemampuan para pemain. Saya yakin Anda bisa melihat perbedaannya antara kami yang sekarang dengan pekan lalu. Kali ini mereka bermain sangat impresif,” sambung Dalglish. Kemenangan Liverpool tidak lepas dari kecerobohan tuan rumah.

Arsenal kehilangan satu pemain setelah Emmanuel Frimpong diusir wasit karena menerima kartu kuning kedua pada menit ke-70. Padahal sebelumnya bek Laurent Koscielny harus meninggalkan lapangan karena cedera.

Unggul jumlah pemain, pasukan Kenny Dalglish itu menambah tekanan yang mengakibatkan bek Arsenal kocarkacir dan memaksa Aaron Ramsey melakukan gol bunuh diri pada menit ke-78. Gol itu tercipta ketika Ignasi Miguel mencoba menghalau passing Meireles. Tapi, bola justru membentur bahu Ramsey dan masuk ke gawang sendiri.

Berkat hasil positif ini Liverpool meraih empat poin,jumlah yang sama dengan perolehan angka Newcastle United. The Magpies juga memetik angka penuh seusai mengalahkan Sunderland 1-0 berkat gol tunggal Ryan Taylor di Stadium of Light.

”Seperti ada kekuatan besar yang membantu kami. Akhirnya, setelah melewati masa sulit, kami berhasil memetik kemenangan.Lawan memang memiliki banyak pemain cedera, terutama di belakang. Tapi, jujur saja kami pantas mendapatkan hasil ini,” ujar bek Liverpool Jamie Carragher.

Sementara itu Arsenal belum juga memetik kemenangan. Pada pertandingan sebelumnya, pasukan Arsene Wenger hanya bermain tanpa gol kontra Newcastle. Hasil ini membuat mereka untuk sementara terlempar dari 10 besar. Padahal Arsenal mendapat banyak peluang selama babak pertama.

Dengan keberadaan Andrei Arshavin,mereka seharusnya bisa mengungguli Liverpool sebelum turun minum. Pasalnya,gelandang asal Rusia itu punya catatan bagus ketika bersua The Reds.Arshavin sudah mencetak lima gol dari enam tembakan ke gawang di arena Liga Primer kontra Liverpool.

Empat gol di antaranya tercipta pada laga pertama pada April 2009 di Anfield yang berakhir imbang 4-4.Tapi, semua itu tidak terlihat pada pertandingan tadi malam. Upaya Wenger memasukan Samir Nasri dalam starting line up juga tidak membuahkan hasil.

Padahal langkah itu cukup berisiko mengingat penyerang asal Prancis ini tengah dimusuhi fans akibat keinginannya bergabung dengan Manchester City.Rapatnya barisan belakang Liverpool serta kesigapan kiper Pepe Reina menyebabkan serangan Nasri dkk terpatahkan.

Efeknya,mayoritas fans Arsenal mengejek dengan meneriakkan ”booo” sebagai bentuk kekecewaan. Dengan diusirnya Frimpong, sang Profesor––julukakn Wenger––tidak bisa menurunkan dua pemain sekaligus pada pertandingan berikutnya kontra Manchester United (MU).

Sebelumnya Gervinho juga menerima kartu merah. Ditambah sejumlah pasukan cedera macam Abou Diaby, Jack Wilshere, dan Craig Eastmond yang belum diketahui kapan akan pulih, Arsenal tercam mengalami krisis pemain.


Sumber : Seputar Indonesia



READ MORE - The Reds, Permalukan the Gunners

Minggu, 21 Agustus 2011

Gaji PNS Naik Lagi 10%

Naikkan Gaji di Tengah Upaya Pembatasan Jumlah PNS

MAKASSAR, Upeks--Gaji pokok dan pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/ Polri, kembali akan dinaikkan 10%. Hal itu terungkap dari pemaparan Nota Keuangan dan RAPBN 2012 oleh Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono, awal pekan ini.
Anehnya, kebijakan itu muncul di tengah keluhan Menteri Keuangan dan sejumlah daerah yang kesulitan menghadapi tingginya pembiayaan gaji PNS.
Kebijakan ini membuat sejumlah daerah keteteran. Betapa tidak, bila gaji dinaikkan hingga 10% itu berarti PNS de-ngan golongan terendah IIa diperkirakan akan mendapat gaji pokok sebesar Rp2.647.050 dan golongan tertinggi IVe men- dapat Rp5.299.600.
Pemprov Sulsel sendiri, yang menggaji PNS 10.050 orang, setiap tahunnya mengeluarkan anggaran Rp410 miliar. Sehingga pada 2012 nanti, jika kenaikan 10%, maka alokasi APBD untuk kenaikan gaji PNS akan ditambah hingga Rp41 miliar. Bukan angka yang sedikit.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Pemprov Sulsel, Yushar Huduri, mengatakan, memang setiap tahunnya pemerintah menaikkan gaji. Namun demikian, hal tersebut masih menunggu petunjuk pemerintah pusat melalui peraturan pemerintah dan Menteri Keuangan.
“Biasanya petunjuk itu datang bulan Maret,” ujarnya singkat.
Anggaran untuk kenaikan gaji PNS tersebut, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU). Meski penerapannya baru dilaksanakan, tapi dia mengaku Pemprov Sulsel sudah siap melakukannya. Saat disinggung tentang pengaruh kenaikan gaji PNS yang mencapai 10% dari APBD itu, Yushar Huduri mengaku tidak berpengaruh terhadap APBD. Sebab, anggaran untuk kenaikan gaji tersebut juga bertambah 10% dari pusat.
“Tentang apa yang naik belum jelas. Apakah tunjangan, atau gaji pokok. Total gaji PNS untuk satu tahun mencapai Rp410 miliar dengan jumlah pegawai kurang lebih 10.050 orang. Jadi dengan kenaikan 10 persen maka alokasi APBD untuk kenaikan gaji tersebut mencapai Rp40 miliar. Dengan taksiran setiap pegawai akan mengalami kenaikan gaji sekitar Rp200 ribu-Rp400 ribu,” sebut Yushar.
Lebih lanjut, dia mengatakan jika dengan adanya kenaikan gaji, maka akan menjadi motivasi bagi PNS untuk meningkatkan kinerjanya. “Dengan kenaikan gaji ini, kinerja PNS juga akan meningkat. Hal itu bisa dilihat dari absensi dan hasil kerjanya,” terangnya.
Terkait kenaikan gaji PNS tersebut, Pengamat Ekonomi dari STIE Tri Darma Nusantara, DR Abd Wahab MSi, menyanksikan kenaikan gaji PNS akan berpengaruh besar terhadap kinerja PNS. Sebab, jauh sebelum pemerintah menaikkan gaji PNS, harga sembako sudah naik.
“Kenaikan gaji PNS itu tidak akan berbanding lurus dengan peningkatan kinerja. Sebab selain karena harga sembako sudah naik sebelum gaji PNS dinaikkan, juga karena banyak PNS yang ditempatkan pada bidang kerja yang tidak sesuai dengan disiplin ilmunya. Hal ini yang menyebabkan PNS tidak profesional,” ujar Abd Wahab.
Menurutnya, sebenarnya, berapa pun gaji PNS jika pola pengawasan tidak dijalankan dengan baik, maka kinerja PNS tidak akan maksimal. Sehingga kenaikan tersebut tidak memiliki korelasi positif terhadap kinerja. Hal tersebut juga karena kenaikan gaji hanya salah satu indikator sepanjang pemerintah tidak mampu menempatkan pegawai pada kompetensinya.
Hal ini juga menyebabkan kesan negatif terhadap pemerintah. Sebab, belakangan ini santer disebutkan bahwa pegawai saat ini mengalami istilah “lebih tapi kurang”. Artinya, pada bidang tertentu, yang harusnya hanya membutuhkan beberapa pegawai, tapi ditempati oleh banyak PNS. Sehingga mereka dalam bekerja tidak maksimal.
“Hal ini tidak bisa dipungkiri. Sering kita melihat pada jam kerja, banyak PNS yang hanya nongkrong di Warkop atau di mall,” pungkasnya.
Nada kritis terhadap kebijakan kenaikan gaji ini juga diungkap Ketua Gerakan Pemuda Peduli Bangsa (Gempa) Sulsel, Irfan Darmawan NM. Dia menilai, rencana pemerintah menaikkan gaji PNS tahun 2012 mendatang sebesar 10%, hanya akan menambah beban APBD.
Sementara kenaikan gaji 10% yang besarnya mencapai Rp40 miliar pertahun itu tidak akan berpengaruh banyak terhadap kinerja PNS. Sebab, kenaikan gaji tidak bisa dijadikan tolok ukur untuk mengukur kinerja PNS.
“Tidak ada yang bisa menjamin bahwa kenaikan gaji tersebut akan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja PNS. Sebab, kenaikan gaji PNS hampir setiap tahun terjadi, namun demikian kita masih menyaksikan pelayanan PNS kepada masyarakat masih rendah,” ujar Irfan.
Padahal, lanjutnya, masih banyak program yang sifatnya sangat mendesak untuk segera dilaksanakan. Sebab kegiatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu. Seperti, perbaikan infrastruktur jalan, drainase, penanganan anak jalanan, dan beberapa program lainnya.
Namun demikian, dia berharap kepada pemerintah dengan adanya kenaikan gaji tersebut harus menjadi perhatian pemerintah, baik pemrov, pemkot, atau pemda agar melakukan pengawasan ketat kepada PNS.
Sebab, anggaran untuk gaji PNS merupakan uang rakyat, sehingga PNS harus bekerja secara maksimal sebagai kompensasi dari kenaikan gajinya. “Setelah gaji mereka naik, semoga tidak ditemukan lagi PNS pada jam kerja hanya melakukan shoping ke mall, ngopi di Warkop, atau di tempat-tempat hiburan lainnya,” pungkas Irfan.
Tunjangan Makan dan Lauk-Pauk Juga Naik
Selain menaikkan gaji pokok PNS, pemerintah juga menyediakan anggaran tunjangan kinerja untuk mendukung reformasi birokrasi, seperti tunjangan beras, tunjangan umum, dan uang makan, serta uang lauk-pauk untuk TNI/Polri.
Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dalam jumpa pers terkait nota keuangan dan RAPBN 2012 di Jakarta, memastikan tetap memberi gaji dan pensiun ke-13, menaikkan uang makan PNS dari Rp20.000 menjadi Rp25.000, serta menaikkan uang lauk-pauk bagi TNI/Polri dari Rp40.000 menjadi Rp45.000.
Pemerintah juga memastikan untuk memberikan jaminan kesehatan utama atau Jamkestama untuk Ketua, Wakil Ketua, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Badan Pemeriksa Keuangan, Komisi Yudisial, Hakim Mahkamah Konstitusi dan Hakim Agung Mahkamah Agung.
Belanja pegawai masih mendapatkan alokasi terbesar dalam RAPBN 2012 yaitu sebesar Rp215,7 triliun atau meningkat dibandingkan APBN Perubahan 2011 Rp182,9 triliun.
Sedangkan belanja modal untuk pengadaan infrastruktur hanya mendapatkan Rp168,1 triliun, dan belanja barang Rp138,5 triliun.
Secara keseluruhan anggaran pemerintah pusat mencapai Rp 954,1 triliun atau meningkat Rp45,9 triliun dari pagu APBN Perubahan 2011 Rp908,2 triliun.
Utamakan PNS Golongan Rendah
Sementara itu, Anggota Komisi E Bidang Kesejahteraan DPRD Sulsel, Adil Patu, menilai, kenaikan gaji PNS sangatlah wajar untuk peningkatan kesejahteraan pegawai juga asal disertai dengan peningkatan kinerja. Namun, dia menekankan, kenaikan gaji itu harus mengutamakan PNS yang bergolongan rendah.
Menurutnya, kenaikan gaji PNS seharusnya proporsional berdasarkan jenjang pangkat. Dengan begitu, kenaikan gaji dapat lebih adil bagi pegawai yang berpangkat rendah. Kenaikan gaji lebih berdampak pada daya beli pegawai golongan bawah. Bukan kepada pegawai golongan atas yang telah mendapatkan pendapatan lebih besar.
Selain itu, terkait dengan kebiasaan yang sering terjadi bahwa kenaikan harga barang yang menyesuaikan dengan kenaikan gaji, dia mengatakan hal tersebut harus dicermati oleh pemerintah.

Sumber : UpeksOnline.com








READ MORE - Gaji PNS Naik Lagi 10%

Sabtu, 20 Agustus 2011

Neneng, Istri Nazaruddin Jadi Buruan Interpol

Neneng Sri Wahyuni, istri dari tersangka kasus dugaan sup proyek pembangunan wisma atlet SEA Games, M Nazaruddin resmi menjadi buronan Interpol.
Seperti yang dikutip dari situs interpol, www.interpol.int, dua foto Neneng terpajang di dalam daftar orang yang paling dicari oleh polisi internasional. Foto perempuan yang berambut panjang ini dipasang dengan nama Sri Wahyuni Neneng, berjenis kelamin perempuan, lahir pada 15 Februari 1982 (29 tahun). Neneng lahir di Pekanbaru, Indonesia, mampu berbahasa Inggris dan Indonesia.

Neneng memiliki tinggi badan 1.64 meter dengan berat badan 57 kilogram, memiliki mata dan rambut hitam. Neneng merupakan buronan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Istri Nazaruddin ini merupakan tersangka KPK dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) pada 2008. Dia diduga turut mendampingi suaminya selama kabur ke luar negeri.

KPK telah menetapkan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat Jenderal Pembinaan Pengembangan Masyarakat di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Timas Ginting sebagai tersangka. Diduga negara mengalami kerugian keuangan mencapai Rp3,8 miliar.

Sumber : Fajar Online
READ MORE - Neneng, Istri Nazaruddin Jadi Buruan Interpol

Kamis, 18 Agustus 2011

Ketua BPS Gereja Toraja Kecewa

Ketua Badan Pekerja Sinode (BPS) Gereja Toraja merasa kecewa terhadap tindakan yang dimabil oleh Panitia HUT RI Ke-66 Kab. Toraja Utara. Pasalnya, Panitia sebelumnya telah menyampaikan undangan kepada ketua BPS Gereja Toraja untuk memimpin do'a pada puncak upacara HUT RI ke-66. Namun pada saat acara pembacaan do'a, malah orang lain yang diminta untuk memimpin do'a, tanpa pemberitahuan ataupun penjelasan dari panitia.

Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Paulus Tangke, mengungkapkan kekecewaan yang dirasakan oleh ketua BPS tersebut.

"Tadi kami dikomplain oleh Ketua BPS, dan kami tidak dapat memberikan penjelasan apapun, karena bukan kami yang mengatur dan menyusun acara tersebut."Kata Paulus Tangke.

Menurutnya, peristiwa ini sangat memalukan dan sangat menyinggung lembaga sebesar Badan pekerja Sinode (BPS).

"Organisasi ini merupakan organisasi Gereja dengan jumlah anggota jemaat terbanyak di kabupaten Toraja Utara."Tambahnya.

Dia menyarankan agar pemerintah dan Panitia HUT RI ke-66 Kab. Toraja Utara untuk memberikan klarifikasi dan meminta maaf kepada ketua Lembaga ini.
READ MORE - Ketua BPS Gereja Toraja Kecewa

Jhoni Paulus : Tim 9 melakukan kesalahan Pembayaran Ganti Rugi

Setelah beberapa waktu yang lalu tim 9 mendapatkan komplain dari ahli waris Puang Mengkendek sehubungan dengan pembebasan lahan lokasi pembangunan Bandar Baru Toraja di Kec. Mengkendek, kini giliran ahli waris Puang Liling yang mengajukan keberatan. pasalnya, ahli waris Puang Liling mengklaim sebagai pemilik lahan yang sah terhadap sekitar 20 ha lahan yang masuk dalam rencana pebebasan lahan untuk pembangunan Bandara baru di Buntu Kuni' tersebut. Bahkan mereka berencana menggugat tim 9 ke pengadilan.

Penasehat hukum ahli waris Puang Liling, Jhoni Paulus, mengatakan bahwa kliennya adalah pemilik lahan yang berlokasi di Lombok Luasan, Lembang Tampo, Kecamatan Mengkendek. Menurut Jhoni Paulus, lahan milik kliennya masuk dalam area pembangunan bandara.

Masih menurut Jhoni, Tim 9 telah melakukan kesalahan pembayaran ganti rugi, yaitu dengan membayar ganti rugi kepada oknum-oknum yang tidak berhak.

"Tim 9 membayarkan ganti rugi kepada cicit Puang Liling, sementara cucu dari Puang Liling masih ada dan masih hidup." Tegas Jhoni.

Ditambahkan Jhoni, pihaknya masih membuka ruang untuk bermusyawarah dengan tim 9, dengan syarat pembayaran ganti rugi yang telah terlanjur dibayarkan kepada oknum-oknum yang tidak berhak, ditarik kembali.

“Hal ini menyangkut penggunaan uang negara, jangan sampai diberikan kepada oknum yang tidak berhak sehingga menimbulkan kerugian negara. Ini bisa masuk kategori dengan sengaja menguntungkan diri sendiri dan orang lain,” tutupnya.

READ MORE - Jhoni Paulus : Tim 9 melakukan kesalahan Pembayaran Ganti Rugi

Dugaan Konspirasi Pembunuhan Kepala Unit Bank BRI Bolu Toraja

I Wayan Diana, Seorang Kepala Unit Bank BRI Cab. Toraja ditemukan sudah tidak bernyawa dalam kondisi tergantung di dalam ruang pemeriksaan Polres Kabupaten Barru sulawesi Selatan, 24 Juli 2011 silam. Kematian I Wayan Diana mengundang kontroversial dan muncul dugaan telah terjadi konspirasi pembunuhan berencana yang melibatkan beberapa karyawan Bank BRI setempat dan oknum dari kepolisian Polres kab. Barru.

Kejadian ini mengundang kecurigaan pihak keluarga korban melihat dari hasil foto korban dalam kondisi tergantung dengan luka dileher yang diduga akibat dari tindakan kekerasan dan anehnya, dalam kondisi tergantung namun kaki korban nampak menjejak dilantai yang jelas tidak akan mungkin orang bisa tewas tergantung dengan batas ketinggian setinggi tubuh.

Dari keterangan yang dikumpulkan, I Wayan Diana berencana ke Makassar untuk menyelesaikan beberapa masalah internal. Korban sempat mampir di Bank BRI Makale untuk menitip motor kemudian menumpang bus. Dalam perjalanan, Korban ternyata sudah diikuti beberapa orang yang belakangan diketahui dari pihak Bank BRI sejak dari keberangkatannya di Toraja.

Jam 03.00 dini hari Ketika memasuki wilayah kab. Barru, Bus yang ditumpangi dicegat oleh polres Barru dan Korban dipaksa turun dari Bus. Korban dituduh membawa kabur dana hasil penarikan nasabah atas nama Charlie Lie sebesar 300 juta rupiah dan akan diperiksa di Polres barru. Beberapa keganjilan dalam proses ini yaitu, kenapa korban tidak ditangkap sejak mulainya berangkat dari Toraja? apalagi korban sempat mampir di Bank BRI cabang setempat..?? kenapa harus diikuti dulu oleh beberapa karyawan Bank BRI setempat kemudian baru dicegat setelah berada diperjalanan..?? selain itu, pihak kepolisian Polres Barru tidak mendapat informasi dari Polres Toraja, dan malah melakukan penangkapan yang jelas-jelas bukan dalam wilayah resortnya..?

yang lebih aneh lagi yaitu korban ditangkap tanpa surat penangkapan dan pihak keluarga tidak dihubungi sama sekali. I Wayan diana kehilangan kontak dan tidak mendapat kesempatan memberi kabar tentang dirinya padahal jelas dalam penangkapan itu, beberapa rekannya dari Bank BRI Toraja ternyata sudah membuntutinya.

Menjelang proses pemeriksaan, I Wayan Diana tiba-tiba ditemukan telah tewas karena gantung diri dan baru diberitahukan ke istri korban. Menurut kepolisian Kab. Barru, Korban mengalami depresi. hasil visum sementara di kota Pare-pare memperlihatkan ada bekas luka dileher korban yang sama sekali bukan bekas tali gantungan. Dalam kasus ini sudah terindikasikan betapa rapuhnya sistem prosedural pengamanan kepolisian setempat menangani tahanan yang notabene tidak mendapat hak untuk memberi kabar, tidak mendapat hak untuk mendapatkan pengacara dan tidak mendapatkan hak pemeriksaan pengamanan diri. Selain itu, hasil pemeriksaan juga tidak ditemukan uang sebesar 300 juta rupiah yang dituduhkan kepada korban.

I Wayan Diana diduga telah menjadi korban konspirasi pembunuhan berencana atas hasil laporan keluarga dan Istri korban karena banyaknya keganjilan dalam kematian korban. Jenazah korban saat ini belum di kremasi sesuai adat tanah kelahirannya di Bali karena pihak keluarga menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut. Kejadian ini telah menyeret beberapa staf dan karyawan BRI Toraja dan oknum dikepolisian Kab. Barru untuk segera diproses di Polda Sulawesi Selatan.

Sumber : kabarkami.com
READ MORE - Dugaan Konspirasi Pembunuhan Kepala Unit Bank BRI Bolu Toraja

Rabu, 17 Agustus 2011

Akbar Tanjung: Tak Ada Lagi yang Bisa Dipercaya dari Demokrat

Mantan Ketua Umum HMI, yang juga politisi Golkar, Akbar Tanjung mengatakan, data yang dipegang oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, adalah benar. Artinya, nasib Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, tergantung dari hasil pemeriksaan Nazaruddin.

Jika Nazaruddin mampu menguatkan bukti yang diungkapkannya, nasib Anas Urbaningrum hampir pasti akan tamat.

Demikian diungkapkan Akbar Tanjung saat berkunjung ke redaksi Tribun Timur, malam tadi. Akbar datang ke Tribun didampingi politisi Golkar Sulsel, Armin Mustamin Toputiri, dan beberapa pengurus Golkar Sulsel lainnya.

Tidak hanya Anas, Aktivis 66 ini juga membeberkan bahwa manajemen partai Demokrat secara keseluruhah sudah kehilangan legitimasi.

"Tidak ada lagi yang bisa dipercaya dari partai Demokrat, Demokrat sudah tidak punya kepercayaan dari masyarakat, Demokrat selama ini selalu bohong," jelas ketua dewan Pembina Partai Golkar.

Sumber : http://makassar.tribunnews.com



READ MORE - Akbar Tanjung: Tak Ada Lagi yang Bisa Dipercaya dari Demokrat

Senin, 15 Agustus 2011

FORMAT Kembali datangi gedung DPRD Tana Toraja

Hari ini (Senin, 15/8), gedung DPRD Tana Toraja kembali mendapatkan "kunjungan" dari sekolompok mahasiswa yang menamakan dirinya Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT). Kedatangan mereka adalah dalam rangka mendesak para anggota dewan yang terhormat untuk lebih proaktif sesuai dengan tupoksinya. Para demonstran secara bergiliran menyampaikan orasinya di atas sebuah mobil truk terbuka di depan gedung DPRD Tana Toraja.

Adapun yang menjadi sorotan dari para demonstran tersebut adalah adanya indikiasi korpusi sehubungan dengan adanya beberapa proyek yang tidak selesai tepat waktu.

Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolangi, SE, didampingi wakil ketua dan beberapa unsur anggota dewan menemui para pengunjuk rasa yang terdiri dari anggota Forum Mahasiswa Toraja tersebut

Dalam dialog dengan ketua DPRD yang didampingi oleh wakil-wakil dan beberapa anggota DPRD tersebut, mahasiswa mendesak Dewan untuk segera mengambil langkah-langkah nyata dalam menyelesaikan kisruh pembangunan banda udara di Mengkendek. Selain itu mahasiswa juga mendesak agar segera memberhentikan anggota Dewan yang sudah menyandang status terpidana.

pada intinya mahasiswa menginginkan langkah maju terkait sorotan yang telah dilakukan dalam beberapa hari itu. Demikian menurut Vincent, salah seorang aktifis Format.
READ MORE - FORMAT Kembali datangi gedung DPRD Tana Toraja

Masyarakat Kel. Pantan Gelar Berbagai Lomba Memperingati HUT RI ke-66

Berbagai kegiatan lomba digelar masyarakat Kelurahan Pantan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja dalam rangka ikut memeriahkan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-66 tahun ini.

Salah satu kegiatan yang digelar hari ini adalah kegiatan pertandingan futsal anak-anak se Kelurahan Pantan yang dilaksanakan di depan Hotel Pantan (Ex. Hotel Marannu). kegiatan ini rencananya akan diikuti 8 tim yang merupakan wakil-wakil dari setiap RT (Rukun Tetangga) yang ada di Kelurahan Pantan. Pertandingan Futsal anak - anak se kelurahan Pantan ini akan dilangsungkan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi.
Pertandingan Pembukaan Futsal mempertemukan Tim RT 2 Pantan melawan Tim dari RT 1 Sassa' yang berkesudahan 0 - 0

Ketua Panitia, YD Pammara, mengatakan, selain pertandingan Futsal anak-anak, berbagai perlombaan juga akan dilaksanakan dalam rangka HUT RI ke-66 ini. salah satunya, yang juga sedang berlangsung meriah saat ini adalah pertandingan bola kasti ibu-ibu se kelurahan Pantan. Kemudian pada sabtu dan minggu (20-21 Agustus) mendatang akan digelar lomba renang yang akan mengambil tempat di kolam renang hotel Pantan Makale.

Sementara itu di tempat yang sama, Bendahara Panitia menambahkan, sumber dana kegiatan ini berasal dari sumbangan dari masyarakat kelurahan pantan yang merasa peduli dan terpanggil unutk ikut memeriahkan peringatan HUT RI ke-66 ini.

"Selain untuk memeriahkan HUT RI ke 66, Pertandingan Futsal ini juga dimaksudkan untuk mempererat tali persaudaraan diantara anak-anak se kelurahan Pantan.
READ MORE - Masyarakat Kel. Pantan Gelar Berbagai Lomba Memperingati HUT RI ke-66

Jumat, 12 Agustus 2011

Mamasa, Pusat Kekuatan Mistik Terbesar Etnis Toraja

MENJELAJAHI Sulawesi Selatan jangan hanya Bugis, Tana Toraja, dan Makasar. Masih banyak yang menarik untuk dilihat, salah satunya yakni Mamasa.

Kota kecil yang sudah menjadi kabupaten ini adalah daerah gunung, hutan dan sungai, dalam ikatan kekerabatan dengan adat Toraja, tapi "bukan Toraja pada umumnya".

Mendatangi tempat ini seperti surga bagi yang gemar trekking, hiking, rafting, dan bisa juga mountain-biking, atau mau menjajal bawa mobil via jalan poros Sulawesi yang terkenal dengan jurang dalamnya dan rute yang "hancur".

Bagi yang merasa shape-up, dan suka outdoor activities, inilah tempat yang cocok buat mereka. Daerah masih perawan ini nyaris belum “diubek ubek" secara membabi buta.

Dari Makasar larikan mobil ke arah kota penghasil beras Pinrang dan tancap terus melalui jalan mulus hingga kekota Polewali (waktu tempuh 5 jam). Rute ini adalah daerah dataran rendah melewati bibir pantai yang berudara panas garang.

Setelah lewat Pinrang tetap pacu kendaraan menuju Polewali. Dari sini, belok masuk menanjak tajam, jalan rusak semi permanen ke Melabu dan terus mentok di Mamasa selama 4 jam lebih .

Dengan lama perjalanan seperti itu dan kondisi jalan "hancur" dari Polewali ke Mamasa, ada baiknya tidak membawa anak kecil karena akan membuat mereka kelelahan dan menderita.

Perjalanan paling berat terasa ketika lepas dari Polewali menuju Mamasa. Panjang jalan yang hanya 90 km itu terasa amat lambat dan cukup berat karena kondisi jala yang tidak bagus. Rute Polewali ke Mamasa juga jarang dijumpai rumah penduduk, tidak ada warung, tidak ada pom bensin, dan udara terasa kian dingin dan dingin ketika posisi ketinggian makin naik kepegunungan.Karena itu, sangat disarankan utk mengisi penuh bahan bakar di Polewali sebelum belok masuk.

Selain terkenal dengan alam perawannya dan udara yang dingin menyengat, Mamasa juga dianggap sebagai pusat kekuatan mistik terbesar bagi etnis Toraja. Banyak orang Toraja mengakui bahwa mereka segan jika berhadapan dengan kekuatan mistik Mamasa yang dianggap lebih hebat dari apa yang ada dalam khasanah ilmu gaib orang Tator.

Kabar kehebatan mistik orang Mamasa memang kondang, selama disana cerita itu juga terdengar dan diutarakan dengan gaya biasa saja. Salah satunya yang terkenal adalah membangkitkan mayat dari kematiannya dan disuruh berjalan sendiri. Ratusan tahun silam, banyak orang Mamasa pergi merantau memotong gunung dan hutan. Dalam perantauan bisa saja terjadi salah satu kawan dalam perjalanan mendadak meninggal dunia.

Karena kondisi alam yg berat melewati hutan dan gunung, maka teman-teman (yang masih hidup) bisa membawa pulang si mati dengan membuat upacara pembangkitan mayat. Dan jadilah mayat itu berjalan sendiri pulang kerumahnya, melewati hutan dan jurang berhari hari

Sesampainya dikampung halaman, mayat itu disambut dengan upacara tertentu. Setelah itu si mayat didudukan didalam rumahnya hingga beberapa hari kemudian sebelum dikuburkan. Urusan "bangkit-membangkitkan" mayat ini bukan cuma kepada manusia saja. Binatang seperti kerbau yang sudah dipotong kepalanya dan dikuliti habis, masih bisa dibuat berdiri dan berlari kencang, mengamuk kesana sini!

Bedanya, jika membangkitkan mayat manusia itu bertujuan untuk kebaikan, sedangkan jika membuat kerbau tanpa kepala mengamuk adalah kerjaan orang berilmu yang iseng hendak mengacau sebuah pesta dirumah orang lain karena dendam pribadi.
(dari berbagai sumber)
READ MORE - Mamasa, Pusat Kekuatan Mistik Terbesar Etnis Toraja

Latihan PASKIBRA Tana Toraja intensif Dilaksanakan, Meski Berpuasa.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Tana Toraja, terus melakukan latihan secara intensif. Anggota Paskibra ini direkrut dari sekolah-sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Tana Toraja.

Lima hari, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-66 digelar. Latihan, simulasi upacara pengibaran bendera dilaksanakan di Lapangan Sepak bola Makale, meski berlangsung dalam bulan puasa.

Para pengibar bendera dari Kabupaten Tana Torajapun sudah menyiapkan diri dengan baik untuk mengambil peran penting pada hari yang sangat bersejarah tersebut. Mereka, digodok latihan baris-berbaris dan simulasi pengibaran bendera, sejak beberapa waktu yang lalu.

Manfaat dan tujuan latihan Paskibra, agar mereka dapat memahami wawasan dan bertambah pengetahuannya, paskibra merupakan salah satu bentuk untuk menjaga dan menumbuhkan rasa cinta pada Negara Kesatuan Rebuplik Indonesia (NKRI).

Peserta paskibra ini, direkrut dari beberapa Sekolah Menengah Atas yang ada di Kabupaten Lamandau. Secara persyaratan, peserta diikutsertakan harus sehat fisik, mental, memiliki ukuran tinggi yang cukup, disamping itu murid termasuk memiliki prestasi dari sekolahnya kemudian mampu dalam melaksanakan tugas.

Sedangkan, materi-materi yang diberikan selama pendidikan yaitu latihan baris-berbaris, kedisiplinan, olahraga dan pengetahuan umum.

Diharapkan agar setelah usai mengikuti latihan, peserta nantinya dapat melaksanakan pengibaran bendera dengan baik dan benar serta paskibra Kabupaten Tana Toraja dapat mengirimkan perwakilan untuk tingkat Provinsi dan Nasional.
READ MORE - Latihan PASKIBRA Tana Toraja intensif Dilaksanakan, Meski Berpuasa.

Kamis, 11 Agustus 2011

Jerman Gilas Brasil 3-2

Jerman tampil perkasa pada laga persahabatan melawan Brasil, Rabu (10/8/2011) di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart. Der Panzer menggilas Brasil dengan skor 3-2.

Gol kemenangan Brasil dihasilkan oleh Bastian Schweinsteiger, Mario Götze, dan pemain pengganti Andre Schürrle. Sedangkan gol balasan Brasil dicetak Robinho melalui titik penalti dan Neymar.

Kemenangan Jerman memang wajar. Sejak awal pertandingan, lini tengah Jerman lebih solid dan unggul dalam penguasan bola. Meski duo Real Madrid, Mesut Oezil dan Khedira, tak bisa bermain pada laga itu, bintang muda Jerman Götze sukses menutupi lini tengah. Namun, hingga akhir babak pertama tidak ada gol tercipta.

Memasuki babak kedua, Pelatih Jerman Joachim Löw mencoba mengubah skema permainan dengan melakukan pergantian dua pemain. Miroslav Klose dan Andre Schürrle masuk menggantikan Mario Gomez dan Lukas Podolski.

Strategi Löw terbukti jitu. Serangan Der Panzer lebih variatif dan membahayakan gawang Brasil.

Gol yang ditunggu-tunggu pun akhirnya terjadi pada menit 61. Bastian Schweinsteiger sukses menajdi eksekutor penalti.

Penalti diberikan wasit setelah kapten Brasil Lucio menjatuhkan pemain Jerman yang menusuk ke dalam kotak penalti.

Enam menit kemudian, giliran bintang muda Jerman, Götze, yang membuat stadion bergemuruh. Pemain yang disebut-sebut "Messi Jerman" itu, sukses mengecoh Julio Cesar.

Ketinggalan 0-2 tak membuat Brasil patah arang. Pada menit 72, Brasil berhasil memperkecil ketertinggalan melalui titik penalti.

Pada menit 80, Jerman kembali menambah keunggulan menjadi 3-1. Berawal dari kesalahan pemain belakang Brasil, Miroslav Klose berhasil mencuri bla dan memberi umpan matang kepada Schürrle.

Tanpa mengontrol bola, Schürrle langsung melepaskan tendangan keras yang gagal dihalau Julio Cesar.

Jelang pertandingan berakhir, Neymar membuktikan dirinya pantas diincar klub raksasa Spanyol, Real Madrid. Tendangan keras Neymar meluncur deras menyentuh jala Jerman yang dikawal Manuel Neuer.

Hingga pertandingan berakhir, kedudukan tetap 3-2 untuk kemenangan Jerman.(*)

Susunan Pemain

JERMAN (4-3-3)
Kiper: Manuel Neuer
Belakang: Philipp Lahm, Mats Hummels (Jerome Boateng 89), Holger Badstuber

Tengah: Bastian Schweinsteiger (Simon Rolfes 85), Toni Kroos, Christian Träsch, Mario Götze (Cacau 89)

Depan: Thomas Müller, Mario Gomez (Miroslav Klose 46), Lukas Podolski (Andre Schürrle 46)

Pelatih: Joachim Löw

BRASIL (4-3-3)
Kiper: Julio Cesar

Belakang: Lucio, Daniel Alves, Thiago Silva, Andre Santos (Luiz Gustavo Dias 86)

Tengah: Fernandinho (Ganso 70), Ramires, Ralf

Depan: Alexandre Pato (Fred 77), Robinho (Renato Augusto 86), Neymar

Pelatih: Mano Menezes


Sumber : Tribunnews.com



READ MORE - Jerman Gilas Brasil 3-2

Rabu, 10 Agustus 2011

MT Allorerung kembali beraktifitas di Gedung DPRD tana toraja

DPD II Partai Golkar Tana Toraja menerima berbagai macam reaksi atas kembali aktifnya salah satu kader Partai berlambang pohon beringin tersebut sejak pekan lalu di gedung DPRD Tana Toraja, yaitu MT Allorerung. Seperti yang telah diketahui bahwa MT Allorerung seharusnya menjalani masa penahanan selama 18 bulan, sesuai denga putusan yang telah dikeluarkan oleh Mahkamah Agung (MA). Namun, belum sampai 18 bulan MT Allorerung sudah kembali beraktifitas sebagai Anggota DPRD Tana Toraja. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya berbagai reakasi dari berbagai kalangan terhadap Partai Golkar yang dinggap melindungi kadernya yang telah menyandang status koruptor.

Salah satu kecaman keras yang di arahkan ke Partai pimpinan Aburizal Bakrie tersebut berasal dari Koordinator Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Tana Toraja, Muhammad Jafar.

"Kehadiran MT Allorerung dalam sidang paripurna di DPRD Tana Toraja minggu yang lalu, menunjukkan bahwa Partai Golkar telah melakukan pembiaran terhadap kadernya dan tidak melakukan proses pergantian antar waktu (PAW). Karena sejak awal Partai Golkar Tana Toraja sudah menunjukkan sikap yang membiarkan dan tidak melakukan proses PAW."Kata Muhammad Jafar.

Dia menambahkan bahwa DPD II Partai Golkar Tana Toraja harus bertanggungjawab atas pelanggaran konstitusi yang telah dilakukan.

Di tempat terpisah, Yuli Benyamin Bura, salah satu tokoh di Tana Toraja juga mengecam pembiaran tersebut. Yuli mengungkapkan bahwa masyarakat Tana Toraja sangat kecewa dengan sikap DPD II Partai Golkar Tana Toraja yang tidak melakukan proses PAW terhadap terpidana MT Allorerung.

Seharusnya Partai Golkar sudah melakukan proses PAW terhadap MT Allorerung sejak dikeluarkannya putusan dari Mahkamah Agung (MA). "Tapi ini dibiarkan dan bahkan setelah menjalani vonis, MT Allorerung masih seenaknya mengikuti sidang," sesal Yuli.

Welem Sambolangi, Ketua DPD II Golkar Tana Toraja, yang berulang kali dihubungi untuk dikonfirmasi gagal dihubungi. Termasuk ketika dihubungi lewat Handphonenya.

Namun, MR Patila, Sekretaris DPD II Golkar Tana Toraja, membantah jika Partainya dikatakan sengaja tidak memeroses usulan PAW terhadap MT Allorerung. "Bukan kami lindungi atau membiarkan, tapi di organisasi sebesar Partai Golkar itu kan ada proses dan mekanismenya yang harus dilalui, yang jelas bahwa kami sementara melakukan proses terhadap berkas PAW tersebut," Kata MR Patila.
READ MORE - MT Allorerung kembali beraktifitas di Gedung DPRD tana toraja

Senin, 08 Agustus 2011

Sekretariat Daerah Torut mendapatkan jatah Motor

Ilustrai
Seperti yang telah dilaporkan media ini beberapa waktu yang lalu bahwa Pemkab Toraja Utara (Torut) membagi-bagikan puluhan motor kepada para Kepala Lembang.
bidang-bidang di Sekretariat Daerah pada saat ini mendapatkan giliran pembagian motor-motor tersebut. Sebanyak 12 unit motor dibagi-bagikan kepada bidang-bidang yang ada di Sekretariat Daerah.

PPTK pengadaan motor, Ade Kresgodole, tidak menjelaskan bagian mana saja yang mendapatkan jatah kendaraan operasioanl. Namunpun demikian, ia membenarkan bahwa pihaknya memang memberikan bantuan motor operasional kepada pegawai.

"Tidak usah saya sebut bagian apa saja yang dapat jatah, sebab dikhawatirkan akan menimbulkan kecemburuan antar bidang di Sekretariat Daerah," ujar Ade Kresgodolesaat di temui di kantor Bupati.

Dana untuk pengadaan motor itu, jelas dia, diambil dari pos pembangunan senilai Rp.189.840.000.

Dari hasil pantauan media ini didapatkan informasi bahwa belasan motor itu dibagi ke beberapa bagian, yakni Bagian Protokoler dan Kehumasan, Bagian Umum, Bagian Keuangan dan Bagian Organisasi. Setiap Bagian mendapat jatah dua unit motor.
Sedangkan Bagian Pembangunan, Bagian Hukum, Bagian Perekonomian dan Bagian Administrasi Kemasyarakatan, masing-masing hanya mendapatkan satu unit motor.


READ MORE - Sekretariat Daerah Torut mendapatkan jatah Motor

M. Nazaruddin ditangkap di Kartagena, Kolombia.

Menkopolhukam Djoko Suyanto, mengatakan bahwa mantan bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi, telah tertangkap di Kartagena, Kolombia. Djoko Suyanto menyampaikan hal itu dalam keterangan pers di kantor presiden Jakarta Sore tadi (8/8).

Djoko Suyanto mengatakan, Interpol di Kolombia telah berhasil menangkap buronan kasus pembangunan wisma atlit, M. Nazaruddin di Kartagena, Kolombia".
Nazaruddin tertangkap dengan menggunakan paspor palsu atas nama M. Syahruddin.

Selanjutnya djoko mengatakan bahwa Nazaruddin dibekuk sesaat akan meninggalkan Kolombia.
Saat ditangkap di Kartagena, Nazaruddin bersama dengan istrinya, Neneng Sri Wahyuni, dan beberapa orang lainnya.

Berikut Keterangan Pers dari Djoko Suyanto di Kantor Presiden sore tadi.
"Tadi malam, Minggu malam, melalui kementrian luar negri, Menlu telah menerima berita dari Dubes kita yang di Kolombia, Bapak Michael Manufandu, telah menerima berita, telah ditangkap seseorang yang dicurigai sebagai saudara Nazaruddin oleh Interpol di Kolombia, tepatnya di kota Kartagena. Penangkapan ini adalah hasil dari kerjasama Interpol dengan Kepolisian Republik Indonesia, KPK, Imigrasi Kumham, dan Kemlu. Jadi selama ini mereka telah bekerja dengan keras untuk apa yang telah dilansir melalui Polri kepada Interpol untuk segera dilaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Sementara ini, hasil dari penyelidika pihak Interpol di Kartagena identik dengan apa yang kita sebut sebagai Saudara Nazaruddin."

Djoko tidak mengetahui bahwa Nazaruddin tertangkap di Bandara atau di Pelabuhan, walaupun disebut sesaat akan meninggalkan Kolombia. Djoko mengatakan, karena Kartagena bukan merupakan ibukota negara, maka tadi malam Nazaruddin sudah diberangkatkan ke ibukota di Bogota.

Menurutnya, Imigrasi, Polisi dan Kemlu akan berangkat sesegera mungkin guna menindaklanjuti apabila yang ditemukan di Kolombia tersebut benar-benar Nazaruddin.

Djoko menambahkan, Presiden SBY tidak memberi batas waktu kapan Nazaruddin dibawa pulang ke Indoneisa. namun Presiden meminta agar keselamatan Nazaruddin dijaga seketat-ketatnya. Selain itu juga Presiden SBY meminta agar Nazaruddin dapat segera dibawa pulang ke tanah air untuk menjalani proses hukum di KPK.

Sementara itu, Kepolisian RI membenarkan bahwa buronan KPK yang ditangkap di Kartagena, Kolombia adalah M. Nazaruddin. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Polisi (Irpol) Anton Bahrul Alam.

"Tim Polri yang dikirim untuk mencari buronan internasional M. Nazaruddin, telah berhasil menangkap yang bersangkutan di Kartagena, Kolombia pada pukul 02.00 dinihari waktu setempat. Nazaruddin ditangkap dengan menggunakan nama palsu yaitu Syafaruddin, sementara passport dan foto tetap mirip Nazaruddin. Dari hasil sidik jari telah dikirimkan dua hari lalu dari Kepolisian untuk mencocokkan dan menghasilkan 12 titik kecocokan dengan sidik jadi Nazaruddin. Namun untuk lebih meyakinkan lagi kita akan melakukan tes DNA. Mudah-mudahan cocok semua. Selain itu terungkapnya identitas palsu itu ketika Nazaruddin berada di Negara Dominica, dan Polri masih menyelidiki pembuatan passport palsu Nazaruddin di negara mana." Kata Anton

Dari data yang dimiliki oleh Polri, Nazaruddin pertama di ketahui di Singapura, Kemudian ia pergi ke Kualalumpur, Vietnam, Kamboja, dan dengan menggunakan pesawat carteran, Nazaruddin langsung pergi ke Bogota, melalui Madrid, Spanyol dan berakhir di Dominic.

sementara itu, terkait rencana penjemputan Nazaruddin, Anton Bahrul Alam mengatakan bahwa saat ini Polri sementara melakukan koordinasi dengan Imigrasi, KPK, Kementrian Luar Negeri dan kementrian Hukum dan Ham untuk melakukan penjemputan terhadap buronan tersebut yang saat ini masih berada di Kolombia.



READ MORE - M. Nazaruddin ditangkap di Kartagena, Kolombia.

Demokrat Sulsel mendekati KPPSI untuk meminang Aziz Qahar Mudzakkar (AQM)

Pergelaran Pesta Demokrasi Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan masih 2 tahun lagi. Namun aroma persaingan menuju Sulawesi Selatan 1 sudah sangat kental terasa. tidak terkecuali partai Demokrat Sulsel yang di ketua oleh Ilham Arif Siradjuddin.

Pendekatan personal antara dua pengurus Lembaga yakni Partai Demokrat dan Komite Persiapan Penegakan Syariat Islam (KPPSI) terus intens dibangun. Wakil Ketua DPP Partai Demokrat Sulawesi Selatan, H.Andry Suryana Arief Bulu, mengatakan AQM Merupakan sosok yang jelas Kapasitas dan basis pendukungnya. Sehingga Demokrat memastikan hampir Final menggandeng AQM dalam Pilgub mendatang. Namun, lanjut Andri Suryana Arif Bulu, pendekatan selama ini baru sebatas komunikasi dengan pengurus KPPSI. Komunikasi antara individu Ilham dan AQM serta pendekatan resmi dari lembaganya belum dilakukan, mengingat KPPSI masih akan menggelar konvensi penentuan posisi AQM.

"Jadi memang secara individu antara Ustadz Aziz (AQM) dan Pak Ilham akan coba disatukan, mengatur bagaimana visi-Misi keduanya untuk bagaimana bisa bersatu pada pemilihan Gubernur mendatang. Kapan diminta, kami sudah siap untuk mengadakan pembiacaraan secara resmi". Kata wakil ketua DPRD Sulawesi Selatan tersebut.

Dia juga menegaskan Partai Demokrat Sulawesi selatan sudah siap melakukan pembicaraan lebih jauh dengan pihak KPPSI. termasuk penentuan visi-misi antara Ilham dengan AQM. Namun Demokrat tetap menunggu kesiapan dari KPPSI sendiri untuk menerima pembicaraan resmi secara kelembagaan antara keduanya.

Menyinggung sikap Demokrat yang tetap terlihat ngotot ingin meminang AQM sebagai pasangan ketua Demokrat Sulsel, Ilham Arif Siradjuddin, pada pemilihan Gubernur mendatang, H.Andry Suryana Arief Bulu menegaskan, Partai pimpinan Anas Urbaningrum ini menilai, Aziz Qahar Mudzakkar merupakan sosok yang bersih dan punya track record yang bagus, serta merupakan icon ummat yang punya massa yang jelas.



READ MORE - Demokrat Sulsel mendekati KPPSI untuk meminang Aziz Qahar Mudzakkar (AQM)

Minggu, 07 Agustus 2011

Isu Pemotongan Gaji 13 di Satpol-PP Tana Toraja

Menyusul santernya isu tentang adanya pemotongan gaji 13 di SKPD yang dipimpinnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tana Toraja, Ruben Poni, dengan tegas membantah isu tersebut.

Walapun demikian, Ruben tidak membantah adanya beberapa oknum PNS yang memberikan uang kepada petugas yang mengurus gaji 13 sebagai tanda terima kasih. Jumlah yang diberikan kepada petugas tersebut tergantung dari kerelaan dari yang bersangkutan.

“Pada dasarnya Gaji ke-13 itu bukannya dipotong, melainkan merupakan keikhlasan dari satpol PP termasuk saya sendiri kepada pegawai yang mengurus pencairan gaji ke-13 sebagai ucapan terima kasih.” jelas Ruben.

Mencuatnya masalah ini berawal pada rapat koordinasi antara para sekretaris dan bendahara SKPD yang dipimpin sekretaris kabupaten (sekkab), Enos Karoma di ruang pola kantor bupati Tana Toraja, Kamis (4/8) yang lalu.
“Saya dengar ada isu pemotongan gani 13 di beberapa SKPD. Apakah issu ini benar atau tidak kita akan tugaskan inspektorat untuk mengusut hal ini,” tegas Sekkab Enos Karoma.

Menurut Enos, gaji 13 adalah hak PNS yang tidak boleh dipotong, apalagi untuk kepentingan yang tidak jelas. Oleh karenanya, kata Enos, Sanksi akan diberikan jika ditemukan ada oknum yang melakukan pemotongan.

“Setelah inspektorat melakukan pemeriksaan akan kita pertimbangkan pemberian sanksi kepada siapa saja yang dengan sengaja melakukan pemotongan gaji 13,” tandasnya.
READ MORE - Isu Pemotongan Gaji 13 di Satpol-PP Tana Toraja

Sabtu, 06 Agustus 2011

Jemaat dan Majelis Gereja Tampo Melawan : Eksekusi Batal

Juru Sita PN (Pengadilan Negeri) Makale membatalkan rencana untuk melakukan eksekusi lahan seluas 2 ha di Tampak Buntu, Kel. Tampo, Kec. Mengkendek, Kab. Tana Toraja, yang telah dimenangkan oleh penggugat La'bi Sapang Allo sesuai Putusan MA No.No.178.K/PDT/2009. Rencana Eksekusi ini didasarkan pada Surat Penetapan eksekusi nomor 06/Pen.Pdt.Eks/2011/PN.Mkl. Kejadian ini terjadi pada Rabu (3/8)

Menurut informasi yang berhasil dihimpun media ini bahwa yang membatalkan rencana eksekusi tersebut adalah, lahan seluas 2 hektar yang disengketakan antara Penggugat La'bi Sapang Allo dengan Tergugat Munning dkk, merupakan lokasi gereja dan lahan kebun serta kandang ternak, tidak masuk wilayah sengketa.

Jemaat dan Majelis Gereja Tampo memberikan perlawanan ketika juru sita Pengadilan Negeri Makale, Mardianto, akan membacakan surat eksekusi. yang menyebabkan eksekusi dibatalkan.

Terlebih bahwa sudah ada gugatan perlawanan dari Victor Datuan Batara SH, bersama Pendeta Hermin Manggaria S Th, melalui kuasa hukumnya Jhony Paulus SH ke Pengadilan Negeri Makale.
Toding, bersama saudaranya, Dewi Patanggu yang adalah Ahli waris Penggugat ikut hadir di lokasi eksekusi untuk mendengarkan eksekusi batal dilaksanakan karena mendapat perlawanan dari Jemaat Majelis Gereja Tampo.

Menurut Toding, Massa Jemat dan Majelis Gereja Tampo tidak mengetahui persis batas lokasi yang akan dieksekusi.

Sementara itu, Pendeta Hermin Manggaria, STh, menyatakan bahwa pihaknya benar telah melakukan gugatan perlawanan, Sebab, saat mengukur batas lahan sengketa, pihak Majelis Gereja tidak dilibatkan, sehingga tidak aneh bila lokasi kebun dan kandang gereja dipertahankan jemaat. Sebab, sejak tahun 1995 ahli waris NB Batara bersama Elizabeth Mappadang telah menghibahkan lokasi gereja secara tertulis.

Di tempat terpisah, kuasa hukum Victor Datuan Batara dan Pendeta Hermin Manggarai Jhoni Paulus menjelaskan, tindakan terdakwa La'bi Sapang Allo dkk akan mengeksekusi obyek sengketa cacat hukum.

"Oleh karenanya, kami berharap agar rencana eksekusi dapat ditunda bahkan dihentikan beradasarkan penetapan No.06/Pen.Pdt.Eks.2011/PN/Mkl sebelum turunnya putusan berkekuatan hukum tetap," Kata Jhony Paulus.
READ MORE - Jemaat dan Majelis Gereja Tampo Melawan : Eksekusi Batal

Kamis, 04 Agustus 2011

Sjamsu Alam di daulat sebagai pelindung masyarakat Toraja di Parepare

Bartholomeus RD, yang menjadi ketua Pengurus Kerukunan Masyarakat Toraja (Kastor) di Pare-Pare periode 2011 - 2012 bersilaturahmi dengan Plt Walikota Pare-Pare, H. Sjamsu Alam.

Dalam silaturahmi tersebut, Bartholomeus RD atas nama pengurus Kastor menyampaikan permintaannya agar Sjamsu Alam bersedia sebagai pelindung lembaga yang menghimpun masyarakat Toraja yang berdomisili di Parepare tersebut.

Lembaga yang menghimpun masyarakat Toraja di Pare-Pare tersebut merupakan perkumpulan komunitas orang Toraja, tapi tidak tertutup kemungkinan di dalamnya terdiri dari beberapa agama dan etnis lain yang ada di Parepare kata Bartho.

Silaturahmi ketua Kastor dengan Sjamsu Alam tersebut didampingi oleh beberapa pengurus, diantaranya Wakil Ketua Samuel, Bendahara M Litha, dan Sekretaris Albert Randang, diterima langsung Sjamsu Alam.

Menurut Bartho bahwa maksud kedatangannya menemui Sjamsu Alam, selain melakukan silaturahmi, sekaligus meminta kesediaan beliau sebagai pelindung organisasi yang sampai saat ini anggotanya mencapai 112 KK. Permintaan itu diterima dengan senang hati oleh Sjamsu Alam.

Dalam silaturahmi tersebut Sjamsu Alam menyampaikan terima kasih dan menganggap sebagai suatu kehormatan karena Kastor adalah juga salah satu lembaga masyarakat di daerah yang heterogen ini, dan selama ini turut berperan atas kesuksesan pembangunan Kota Parepare. Sjamsu Alam meminta kepada pengurus untuk saling terbuka, karena meskipun berasal dari etnis dan agama yang berbeda namun tetap sama yaitu warga Parepare.
READ MORE - Sjamsu Alam di daulat sebagai pelindung masyarakat Toraja di Parepare

JK dan Fadel Lebih Layak Capres dari pada Sri Mulyani

Jusuf Kalla dan Fadel Muhammad dinilai lebih layak menjadi calon presiden RI dibandingkan Sri Mulyani. Hal ini merupakan respon dari beberapa tokoh muda Sulsel, menanggapi usungan Partai SRI terhadap deputi Presiden Bank Dunia sebagai capres 2014.
Menurut salah seorang Pengurus Pusat AMPI, Andi Yuslim Pattawari, Jusuf Kalla merupakan sosok negarawan yang memiliki kemampuan entrepreneur yang bisa mengeluarkan bangsa dari permasalahan ekonomi yang makin pelik.

"Hanya presiden yang berlatarbelakang entrepreneur seperti JK dan Fadel yang bisa memecahkan masalah pengangguran , menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hendaknya bangsa ini juga berpikir untuk memberikan kesempatan kepada figur-figur dari Timur untuk memimpin bangsa ini. Ini lebih ideal dibandingkan mencalonkan Sri Mulyani yang memiliki potensi resistensi yang tinggi dari masyarakat," tegas Yuslim yang juga anggota Dewan Pakar ICMI Pusat.

Menurutnya, masih adanya pengibaran bendera OPM di Papua serta belakangan muncul pengibaran bendera Malaysia di perbatasan Kalbar, dapat dibaca sebagai bentuk kekecewaan rakyat atas kesenjangan pembangunan di tanah air. Sebab itu, kata Yuslim sudah saatnya presiden RI berikutnya dipilih figur dari KTI.

Hal senada dikemukakan salah seorang anggota Depinas SOKSI, Jonathan WS SH. Dihubungi via ponselnya, mantan Ketua Golkar Tana Toraja ini secara lugas mengatakan bahwa pencalonan Sri Mulyani justru akan menjadi bumerang bagi Partai Sri. "Rakyat belum bisa melupakan kasus Bank Century yang sarat dengan rekayasa. Meskipun secara intelektualitas, Sri Mulyani sangat memadai, namun secara kredibilitas dia bermasalah. Dan ini bisa menimbulkan penolakan besar-besar dari ornop dan penggiat anti korupsi. Mendingan JK atau Fadel," kata Jonathan.

Menurut Jonathan, JK saat ini merupakan sosok pemimpin bangsa yang aman dari masalah korupsi, serta memiliki latar belakang entreprenur yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah ekonomi bangsa. Sementara Fadel Muhammad dinilai memiliki track record yang sangat baik saat menjadi gubernur maupun menteri. "Fadel seorang entrepreneur sejati dan memiliki gagasan serta inovasi yang luar biasa untuk mensejahterakan ekonomi rakyat. Itu modal besar yang dia miliki sebagai seorang capres Golkar," tegasnya.

Mengenai Aburizal Bakrie sendiri, Jonathan mengatakan, sebenarnya Ketua Umum DPP Golkar tersebut memiliki potensi dan peluang yang lebih besarr untuk menjadi capres. "Ical kan ketua Golkar. Tetapi kalau mau bicara idealita, Ical akan tersandung soal Lapindo. Jadi lebih baik diserahkan saja kepada kader-kader Golkar yang aman," tambahnya.

Sumber : Upeks online
READ MORE - JK dan Fadel Lebih Layak Capres dari pada Sri Mulyani

Aksi Pemuda! Membawa Perubahan dengan Nilai Kearifan Lokal di Tana Toraja

Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan menjadi salah satu daerah pertama di wilayah timur Indonesia yang mendapatkan kunjungan dari perwakilan Youth Desk – Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO. Leo Mokodompit selaku Youth Desk Coordinator, diundang untuk menjadi keynote speaker pada Konges Wilayah Pemuda KNPI di Kota Makale, Tana Toraja tanggal 29 Juli 2011. Pada kesempatan tersebut, Leo memaparkan materi Youth Act! Drive Change with Local Wisdom. Tana Toraja sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki daya tarik yang luar biasa baik disisi adat-istiadat, tradisi maupun kekayaan alam adalah anugerah yang harus terus dijaga dan dilestarikan, khususnya oleh para generasi mudanya. Kearifan lokal yang terkandung didalam seluruh unsur tersebut hendaknya selalu dijunjung-tinggi untuk mencegah tergerusnya nilai-nilai budaya oleh modernisasi. Karenanya pemuda sebagai ujung tombak pembangunan dan kemajuan pembangunan haruslah berpartisipasi aktif dengan melakukan aksi nyata dengan semangat anak muda sembari tetap menjunjung tinggi nilai kearifan lokal setempat.

Didampingi oleh Anggota DPRD Tana Toraja dari unsur kepemudaan, Bapak Kristian Lambe, Leo Mokodompit juga dijadwalkan melakukan pertemuan bersama Bupati Tana Toraja, Bapak Theofilus Allorerung dalam rangka membicarakan persiapan penyelenggaraan International Youth Forum Tana Toraja di bulan Desember 2011. Selain diundang menghadiri acara One Night for IYF 2011 dan Malam Kesenian Tana Toraja, Leo Mokodompit juga mengunjungi 3 sekolah di Tana Toraja yaitu SMA Negeri 1 Tana Toraja, SMA Negeri 3 Tana Toraja dan SMA Katolik Makale, dengan melakukan sharing session bersama para siswa sekolah dengan tema yang sama, yaitu partisipasi aktif pemuda, melakukan aksi menggunakan nilai-nilai kearifan lokal.


Sumber : http://unescoyouthdesk.org
READ MORE - Aksi Pemuda! Membawa Perubahan dengan Nilai Kearifan Lokal di Tana Toraja

Rabu, 03 Agustus 2011

Sehat Bersama Coklat

Pada masa lalu, coklat sangat dihargai sebagai makanan tinggi kalori untuk meningkatkan energy yang umumnya dikonsumsi oleh atlet dan tentara. Baru-baru ini, sebuah penelitian telah dilakukan mengenai kesehatan dan aspek gizi kakao dan coklat.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa beberapa komponen di kakao dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi risiko kanker.

Temuan ini tampaknya yang positif, karena selama ini kita sering dibayang-bayangi kalau kakao dan coklat merupakan salah satu penyebab obesitas (kegemukan). Orang-orang tertentu malah dengan mudah mengklasifikasikan coklat sebagai "junk food" karena kandungan kalori yang tinggi.

Sebagai perhatian terhadap aspek kesehatan dan gizi kakao dan coklat yang terus meningkat sekretariat ICCO (International Cocoa Organization), melalui dukungan Dewan, untuk terlibat langsung dan menyampaikan kepada publik tentang informasi dampak kakao dan konsumsi coklat terhadap kesehatan serta kasus gizi konsumen, telah menghasilkan draft pertama mengenai inventarisasi kesehatan dan gizi kakao dan coklat serta draf pertama untuk program aksi kesehatan dan aspek gizi kakao dan coklat.

ICCO menyampaikan bahwa kakao dan coklat memberikan manfaat yang besar tehadap kardiovaskular (pembuluh jantung). Manfaat ini tidak hanya pada lemak kakao (cocoa butter), tetapi, bahkan lebih penting lagi, karena biji kakao mengandung sejumlah besar phytochemical. Ini adalah senyawa fisiologis aktif yang mengandung flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan, yang banyak ditemukan pada tanaman seperti anggur, apel, teh, buah-buahan, sayuran dan beberapa tanaman lainnya. Ternyata senyawa ini juga ditemukan pada kakao (flavonoid kakao).

Senyawa tersebut merupakan anti-oksidan kuat dan dipercaya untuk membantu sel-sel tubuh akibat kerusakan oleh radikal bebas, yang terbentuk oleh proses ketika sel-sel tubuh memanfaatkan oksigen untuk energi. Hasil penelitian membuktikan bahwa flavonoid coklat dapat menghambat oksidasi low-density lipoprotein (LDL-kolesterol) yang berhubungan dengan penyakit jantung. Serta juga bukti yang menunjukkan bahwa phytochemical kakao dan coklat mungkin dapat berkontribusi untuk mengurangi risiko jenis kanker tertentu.
Berkenaan dengan draft pertama tersebut, ICCO juga akan mengorganisir sebuah konferensi internasional mengenai hasil penelitian baru mengenai kesehatan dan aspek gizi kakao dan coklat.

Semoga bermanfaat.
Sumber: ICCO







READ MORE - Sehat Bersama Coklat

Pembangunan Bandara Buntu Kuni' menuai masalah

Pemilik sebagian lahan lokasi pembangunan Bandara Buntu Kuni' Kec. Mengkendek, iatu Keluarga Besar Puang Mengkendek mengajukan keberatan kepada pemerintah Kabupaten Tana Toraja. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa warga yang ternyata bukan pemilik lahan, ikut menerima ganti rugi pembebasan lahan. sementara pemilik lahan yang sah adalah keluarga Puang Mengkendek. Kejadian ini menyebabkan proses ganti rugi lahan bandara Buntu Kuni', yang pada awalnya berjalan lancar, terancam tersendat. dan hal ini juga mendorong keluarga Puang Mengkendek mengadukan permasalahan tersebut ke Polres Tana Toraja.

Menurut informasi, salah satu keluarga Puang Mengkendek yang melaporkan kejadian disampaikan oleh Palagian Rante Allo dengan isi pengaduan penyerobotan tanah yang diduga dilakukan oleh terlapor Mathius Tondok. dengan Nomor laporan LP/208/VIII/2011/Polda Sulsel/Rest Tator tanggal 2 Agustus 2011.

untuk diketahui, kemarin, beberapa anggota keluarga Puang Mengkendek memasang papan peringatan yang isinya menyatakan bahwa beberapa bagian di lokasi pembangunan bandara baru di Buntu Kuni' adalah milik keluarga Puang Sesa Bone, Puang Mengkendek. Tujuan dari pada dipasangnya papan ini adalah agar pemerintah tidak melakukan kegiatan pembangunan di atas lahan yang masih bermasalah itu.

Sementara itu, Penasehat hukum keluarga Puang Mengkendek, Antonius Tulak, menyampaikan bahwa luas tanah milik Puang Mengkendek yang masuk lokasi bandara sekitar 30 Ha. Pada awalnya lahan tersebut tidak masuk dalam lokasi bandara, namun belakangan pemkab menetapkan lahan termasuk masuk lokasi bandara tanpa memberitahukan kepada keluarga Puang Mengkendek. dan hanya menyampaikan kepada warga lain, yang ternyata bukanlah pemilik sah atas lahan tersebut.

Antonius menjelaskan, lokasi yang dipersoalkan keluarga Puang Mengkendek bernama Lombok Pitu Buntu atau tujuh gunung tujuh lembah dengan luas secara keseluruhan sekitar 270 hektar berada di kampung Buasan, lembang Simbuang, kecamatan Mengkendek. Namun yang masuk ke dalam lokasi pembangunan bandara hanya sekitar 30 hektar. Menurut riwayat, tanah ini mulanya dimiliki oleh Puang Sesa Bone. Puang Sesa Bone kemudian menikah dengan Puang Lai’ Randanan dan melahirkan Puang Mengkendek.

Sekitar 53 orang warga mengklaim sebagai pemilik lahan seluas 30 hektar yang masuk dalam lokasi bandara. Dan dari 53 orang itu, sebelas orang diantaranya sudah menerima ganti rugi dari Pemkab Tana Toraja dengan nilai total sekitar Rp 3 milyar. Sementara nilai total ganti rugi tanah milik Puang Mengkendek ini diperkirakan sebesar Rp 6 milyar.

Salah satu anggota keluarga Puang Mengkendek, yaitu Alex memberikan pernyataan yang cukup keras bahwa sebelum masalah ini selesai, keluarga Puang Mengkendek tidak akan mengijinkan proses pembangunan bandara berlangsung. “Ini masalah harga diri, sebelum masalah ini selesai jangan dulu membangun di tempat itu,” Kata Alex.

Menurut Antonius Tulak, masalah yang dipersoalkan keluarga Puang Mengkendek sebenarnya cukup simpel. “Ganti rugi harus dibayarkan kepada pemilik yang sebenarnya, yakni keluarga Puang Sesa Bone atau Puang Mengkendek. Itu saja. Kalau tidak diselesaikan secara baik-baik kami akan bawa masalah ini ke ranah hukum,” tegas Antonius.

Antonius Tulak menambahkan bahwa sebenarnya kliennya tidak bermaksud untuk menghambat pembangunan Bandar di Buntu Kuni' tersebut. malah sebaliknya, keluarga Besar Puang Mengkendek sangat mendukung pembangunan bandara itu karena hal itu demi kepentingan masyarakat. dan pihak keluarga juga tidak permasalahkan jika lahan mereka dijadikan lokasi bandara. "Namun hak - hak klien kami jangan dikesampingkan."tutupnya.
READ MORE - Pembangunan Bandara Buntu Kuni' menuai masalah

Senin, 01 Agustus 2011

Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Rumah Tangga

TAK seperti bekerja di kantor dengan jam kerja pasti seperti mulai pukul 8 hingga 5 sore, ibu rumah tangga memiliki jam kerja lebih panjang daripada itu. Mungkin hingga 24 jam penuh.

Meskipun seolah-olah ibu rumah tangga memiliki lebih banyak waktu luang, tetap saja akan ada hambatan untuk mendisiplinkan diri membiasakan hidup sehat seperti makan makanan ehat ataupun pergi ke gym. Jadi, bagaimana pola hidup sehat yang cocok untuk ibu rumah tangga?

1. Jaga rumah dari makanan sampah
Bagaimana bila anak-anak menyukai keripik atau kentang goreng cepat saji? Makanan itu memang sangat mudah didapatkan, Anda hanya tinggal membeli atau memesan saja. Tapi ada baiknya Anda mulai menjauh makanan mengerikan itu dari anak-anak. Coba saja buat kentang goreng ala Anda sendiri dan sajikan dengan saus sambal favorit.

2. Jauhkan makanan manis
Buatlan camilan yang sehat untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Dapatkan berbagai macam resep kreatif dan sehat di internet. Ini bisa menjadi semacam hadiah untuk diri sendiri dan keluarga Anda.

3. Suplai camilan sehat
Jika Anda memiliki kebiasaan ngemil sepanjang hari, simpanlah beberapa camilan sehat di rumah.

4. Panggil instruktur ke rumah
Bila Anda merasa malas datang ke gym, kenapa tak memanggil seorang instruktur senam ke rumah bisa juga yoga. Anda juga bisa mengajak beberapa tetangga untuk bergabung.

Sumber : http://www.dechacare.com
READ MORE - Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Rumah Tangga

H-1 Ramadhan, Harga - Harga di Pasar Makale Merangkak Naik.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap menjelang hari raya keagamaan persoalan stok barang dan harga selalu menjadi sorotan. Hasil pantauan media ini pada H-1 ramadhan (31/7), beberapa jenis kebutuhan pokok di pasar Makale mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sehingga memberatkan dan menambah beban bagi konsumen atau pembeli, terutama yang berpendapatan menengah kebawah. Selain beras, harga telur ayam, daging ayam pun melonjak. Kondisi ini dikeluhkan oleh masyarakat terutama para ibu rumah tangga.

Harga beberapa kebutuhan pokok yang naik di pasar Makale di antaranya beras, telur ayam, Minyak Goreng dan daging ayam. Harga beras kualitas sedang yang biasanya dijual antara 5.000-6.500 rupiah per kilogram, saat ini harganya melonjak hingga 8.000 rupiah per kilogram. Bahkan, beras kualitas terbaik yang dulu hanya 7.500 rupiah per kilogram, kini naik hingga 10.000 rupiah per kilogram.

Harga ayam potong (ras) dengan berat rata-rata 1,3 Kg, yang biasanya dijual dengan harga bekisar Rp.30.000 - Rp.38.000 melonjak menjadi Rp.45.000.

Kenaikan harga rata-rata 20 s/d 30 %. Kenaikan pada saat menjelang bulan Ramadhan ini, dimanfaatkan para penjual untuk meraup untung sebesar-besarnya, dimana mereka menganggap mendapatkan THR dari konsumen. Kalau bagi konsumen yang berpendapatan lebih, saya rasa tidak masalah, tetapi kasihan dengan konsumen yang pendapatannya pas-pasan.
READ MORE - H-1 Ramadhan, Harga - Harga di Pasar Makale Merangkak Naik.
KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update