Minggu, 31 Juli 2011

Megawati : Antara Syahrul dan Ilham.......

Pesta Demokrasi rakyat sulawesi selatan masih 2 tahun lagi. namun aroma persaingan menuju Sulawesi Selatan 1 sudah kental terasa. bahkan ketua umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, dibuat bingung karenanya. Dia (Mbak Mega) dibuat bingung, karena ketika dia berkunjung ke Sulawesi-Selatan Jumat (29/7) ia disambut oleh Walikota Makassar, Ilham Arif Siradjuddin, dan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang sudah dikabarkan akan maju dalam Pilgub 2013 mendatang. Sehingga, Megawati mengaku bingung ketika harus memilih yang mana yang harus diusung oleh PDIP pada pesta demokrasi rakayat Susel 2013 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Mantan Presiden RI itu dalam sambutannya pada RAPAT konsolidasi dan silaturahmi partai banteng gemuk bermoncong putih tersebut jumat (29/7) di Sekretariat DPD PDI-Perjuangan Sulawesi Selatan.

“Saya duduk diapit oleh dua tokoh Sulsel (Ilham dan Syahrul,-red), yang menurut kabar akan maju pada PILGUB 2013 mendatang. Tapi, yang saya rasakan kok susah juga ya, yang mana ini, yang kiri apa yang kanan?. Yah, begitulah. ya, bagaimana ya, susah juga ya?,” ungkapnya, diiringi riuh teriakan dukungan para kader PDIP yang hadir.

Kebingungan yang dirasakan Megawati itu cukup beralasan, karena Ilham dan Syahrul sudah dikabarkan akan maju dalam Pilgub 2013 mendatang. Sehingga, Megawati mengaku bingung ketika harus memilih untuk PDIP mengusung salah satu dari kedua Ketua Partai itu.

Namunpun demikian, secara diplomatis, Megawati menjelaskan dalam pidatonya, "seperti itulah dinamika politik jika sebuah daerah harus ditentukan siapa yang akan menjadi pemimpinnya."

Meski begitu, Megawati mengingatkan bahwa untuk Pilgub Sulsel nanti bukan dirinya yang akan memilih, tapi, rakyat Sulsel. oleh karenanya, dalam menghadapi momen penting tersebut harus dibuat persiapan-persiapan yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, megawati juga menghimbau semua pihak agar menjaga diri dari sikap yang bisa merusak citra dan konsentrasi jalannya pemerintahan termasuk yang dialami oleh salah satu partai besar di Indonesia.

Istri Ketua MPR RI Taufik Kiemas ini mengatakan, pemberitaan yang akhir-akhir ini ramai diberiatak media massa itu bisa membuat perjalanan pemerintahan mandek dan mengakibatkan mundurnya pengakuan internasional terhadap bangsa Indonesia.

"Tidak perlulah saya menyebut nama, Semua masyarakat sudah tau. Lihat saja dari pagi sampai malam di pemberitaan media. Kalau saya ditanya, saya bilang itu bukan ranahnya PDI Perjuangan untuk memberikan komentar. Kalau hal itu tidak segera diselesaikan maka kerusakannya bisa mengakibatkan kerusakan bangsa dan negara," katanya.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dibawah ketuanya, Megawati Soekarno Putri, semakin giat melakukan konsolidasi kekuatan partainya. Kunjungan Mantan Presiden RI ke-5 ini ke Sulawesi Selatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meramaikan Sulsel yang selama ini didominasi Partai Golkar.

Sebelum ke Sulawesi Selatan, Megawati telah lebih dahulu berkunjung ke Menado dan Gorontalo.
READ MORE - Megawati : Antara Syahrul dan Ilham.......

Jumat, 29 Juli 2011

Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag.

BAGI Anda pasien sakit maag karena gangguan fungsional, berpuasa justru akan mengurangi keluhan penyakitnya. Karena itu, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui jenis maag mana yang Anda derita.

Anda yang menderita sakit maag mungkin masih risau apakah boleh atau tidak untuk menjalankan puasa. Seperti diketahui, penyakit maag umumnya dapat kambuh saat kita telat makan atau menahan lapar. Namun, sebenarnya kekhawatiran tersebut tidak perlu terjadi. Justru dengan berpuasa,penyakit maag yang kita derita akan makin berkurang.

“Penyakit maag yang hanya karena gangguan fungsional biasanya keluhan sakit maagnya justru berkurang dan merasa lebih sehat setelah berpuasa. Karena, selama berpuasa, makan lebih teratur dengan waktu yang sama setiap hari yaitu saat sahur dan berbuka,” kata Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH MMB FACP dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta kepada SINDO.

Saat ini prevalensi terjadinya sakit maag pada masyarakat Amerika hampir mencapai 26 persen, sedangkan di Inggris sekitar 41 persen. Sementara itu, penelitian terakhir pada masyarakat Jakarta beberapa tahun yang lalu mendapatkan angka bahwa hampir 50 persen masyarakat Jakarta menderita sakit maag.

Ari menerangkan, secara umum sakit maag atau dikenal juga dengan dispepsia dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu sakit maag fungsional dan sakit maag organik. Kepastian pembagian ini tentu setelah dilakukan peneropongan dengan alat yang disebut endoskopi.

Sakit maag fungsional terjadi apabila pada pemeriksaan dengan endoskopi tidak didapatkan kelainan secara anatomi. Adapun, sakit maag organik adalah secara pemeriksaan lebih lanjut dengan endoskopi didapatkan kelainan secara anatomi.

“Misalnya luka dalam atau luka lecet pada kerongkongan, lambung atau usus dua belas jari, polip pada kerongkongan, lambung, atau usus dua belas jari serta kanker pada organ pencernaan tersebut,” terangnya.

Pada saat berpuasa, terang dia, terutama setelah enam sampai delapan jam perut kosong akan terjadi peningkatan asam lambung yang dapat menyebabkan gejala sakit maag. Keadaan ini biasanya berlangsung hanya pada satu minggu puasa pertama dan gejala ini tidak dirasakan lagi pada minggu berikutnya.

Pada orang yang sehat, keadaan ini dapat diatasi dengan pilihan makan yang tepat saat berbuka dan sahur, kegiatan yang tidak menyebabkan terjadinya peningkatan udara di dalam lambung serta peningkatan asam lambung. Adapun pada orang yang memang terdapat kelainan organik, puasa akan memperberat kondisi sakit lambungnya jika tidak diobati dengan tepat.

”Karena itu, saya sampaikan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi para penderita sakit maag untuk pergi ke dokter untuk mengevaluasi apakah sakit maag yang diderita, termasuk dengan kelainan organik atau hanya fungsional,” ujar Ari.

Jika diketahui bahwa terjadi kelainan organik khususnya pada penderita tukak atau luka yang dalam dan cenderung terjadi perdarahan atau kanker lambung yang juga selalu berdarah, tentu tidak dapat melaksanakan puasa. Namun, untuk penderita tukak, baik di usus dua belas jari maupun di lambung selama pengobatan dapat melaksanakan ibadah puasa.

Ari memaparkan,hasil penelitian di RSCM membuktikan bahwa pada pasien yang sudah mempunyai sakit maag yang kronis perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terlebih dahulu, sebelum melaksanakan ibadah puasa.

”Apabila maag bisa diobati terlebih dahulu atau melaksanakan puasa dengan tetap minum obat sehingga akibat yang tidak diharapkan tidak terjadi,” katanya.

Jika Anda ternyata menderita sakit maag karena gangguan fungsional, biasanya dengan berpuasa keluhan sakit maagnya berkurang dan merasa lebih sehat pada saat berpuasa.

Hal ini terjadi karena keluhan sakit maag yang timbul pada pasien akibat ketidakteraturan makan, konsumsi makanan camilan seperti makanan yang berlemak, asam, dan pedas sepanjang hari, konsumsi minuman bersoda dan minum kopi, merokok dan juga faktor stres.

Selama berpuasa, pasien-pasien ini pasti makan lebih teratur karena hanya dua kali dengan waktu yang lebih kurang sama setiap harinya selama puasa Ramadan yaitu saat sahur dan berbuka.

”Selama berpuasa, kebiasaan makan camilan dan minum soda pasti tidak dilakukan selama pagi siang maupun sore hari karena sedang berpuasa,” tuturnya.

Umumnya, lanjut dia, orang yang berpuasa juga akan lebih banyak bersabar dan mengendalikan stres. Hal-hal inilah yang menyebabkan pasien dengan gangguan fungsional tersebut dapat berpuasa dengan baik dan keluhan sakit maagnya akan berkurang. Adapun pasien yang tidak mempunyai masalah dengan lambung, sebelumnya tidak perlu takut akan mengalami sakit maag saat berpuasa.


Sumber : (SINDO//nsa)


READ MORE - Aman Berpuasa Bagi Penderita Maag.

Jadwal Puasa Ramadhan 1432 H. Muhammadiyah dan NU kemungkinan 1 Agustus 2011

Marhaban ya Ramadhan 1432 H. Bulan suci Ramadhan, bulan yang mulia akan segera datang yang hanya tinggal menghitung hari. Sekitar setengah bulan lagi, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT. Insya Allah, berdasarkan musyawarah ahli hisab Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhamadiyah, awal bulan Ramadhan 1432 H akan jatuh pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2011 M dan puasa Ramadhan sendiri akan berlangsung selama 29 hari, sehingga 1 Syawal jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011.

Sementara itu, salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama masih harus menunggu keputusan hasil rukyat yang Insya Allah akan dilaksanakan pada 31 Juli 2011. Kalau melihat penanggalan yang dikeluarkan oleh Pimpinan Cabang Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan LFNU Kabupaten Gresik Jawa Timur, maka awal Ramadhan mungkin jatuh pada 1 Agustus 2011 M. Ini berarti kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan awal puasa 2011 baik dari kalangan Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama.

Potensi perbedaan yang sangat tinggi justru kemungkinan terjadi pada penetapan 1 Syawal 1432 H. Ini dikarenakan tinggi hilal di Bandung pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2011 mencapai 1° 35′, di Banda Aceh 0° 44′ akan tetapi berdasarkan hisab taqribi tinggi hilal di Jakarta mencapai 2° lebih. Sedangkan umur hilal di Banda Aceh 8 jam 42 menit setelah Ijtimak. Ada kemungkinan terjadi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H yang berbeda di Indonesia tetapi mudah-mudahan ini tidak terjadi. Namun demikian, seandainya terjadi alangkah baiknya kita sebagai warga negara Indonesia mengikuti keputusan untuk awal Ramadhan dan awal Syawal berdasarkan hasil yang dikeluarkan oleh Pemerintah sehingga persatuan ukhuwah islamiyah muslim Indonesia akan lebih terasa dan tidak tampak terpecah belah.


Sumber : http://www.elhooda.com
READ MORE - Jadwal Puasa Ramadhan 1432 H. Muhammadiyah dan NU kemungkinan 1 Agustus 2011

dari Pembukaan MUSKAB XI KNPI Tana Toraja

Hari ini, Jumat 29 Juli 2011, Musyawarah Kabupaten (MUSKAB) XI KNPI Tana Toraja, yang diselenggarakan di Hotel Pantan, Makale, resmi dibuka oleh Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, SE.

Dalam sambutannya saat membuka MUSKAB XI KNPI Toraja ini, Theofilus mengatakan bahwa KNPI adalah laboratorium pemuda, dan siapapun yang terpilih sebagai Ketua untuk periode mendatang harus mampu membangun jaringan yang lebih baik.

Sementara itu, Bendahara Umum KNPI Propinsi Sulawesi Selatan, Firdaus Deppu, yang pada pembukaan Muskab XI KNPI Toraja ini mewakili Ketua Umum KNPI Propinsi Sulawesi Selatan, Jamaluddin M Syamsir, menyampaikan permohonan maaf dari Ketua umum, karena tidak bisa menghadiri acara tersebut. Ketidakhadiran Ketua Umum KNPI Propinsi Sulawesi Selatan, Jamaluddin M Syamsir ini disebabkan karena adanya tugas dari DPP KNPI untuk mewakili DPD KNPI Propinsi se- Indonesia untuk menghadiri Asian Youth Congress (AYC) Forum di Manila, Philipina. Selanjutnya Firdaus Deppu pada kesempatan tersebut juga mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin buat seluruh umat Islam yang akan melaksanakan ibadah suci puasa Ramadhan.

Pada kesempatan yang sama, Viasmudji Bitticaca, Ketua DPD KNPI Tana Toraja mengharapkan agar MUSKAB kali ini dapat melahirkan pemimpin pemuda yang baru, yang akan berjuang dan bergerak dalam program-program kepemudaan kedepan.

Ditambahkannya bahwa pembangunan bandara Udara di Buntu Kuni' Kec. Mengkendek merupakan sebuah upaya dari pemerintah kabupaten (Pemkab) dalam rangka membuka akses ke Toraja lewat udara dan tentu saja akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata Tana Toraja.

Turut hadir pada acara pembukaan MUSKAB XI KNPI Tana Toraja tersebut, ketua DPRD Tator, Welem sambolangi dan seluruh jajaran wakil ketua DPRD, anggota DPRD Tator Kristian Lambe, ketua MPI KNPI Tator Antonius sampetoding, Korwil KNPI sulsel Bung Mesakh Raymond Rantepadang, Wasek KNPI SulSel, Nazaruddin Upel, sekretaris Korwil Atho Bachtiar Bakrie, dan beberapa pengurus propinsi lainnya.
READ MORE - dari Pembukaan MUSKAB XI KNPI Tana Toraja

Impor Beras oleh Bulog Dinilai Kian tak Terkendali

Anggota Komisi IV DPR, Rofi Munawar, menilai impor beras yang dilakukan Badan urusan logistik (Bulog) sudah semakin tidak terkendali. Kondisi itu terjadi setelah Bulog melakukan persetujuan impor beras dari Vietnam sebanyak 500.000 ton pada pekan lalu (20/7).

Kebijakan ini, ujarnya di Jakarta, Rabu (27/7), untuk kesekian kalinya merugikan petani dalam negeri. Pasalnya keputusan mengimpor beras diambil seiring dengan harga beras yang bergerak naik menjelang bulan suci Ramadhan.

Saat ini beras kualitas sedang yang biasanya dijual antara 6.800-7.000 rupiah/Kg, kini melonjak hingga 8.500 rupiah/Kg. Bahkan, beras kualitas terbaik yang dulu hanya 8.000 rupiah/Kg, kini naik hingga 12.000 rupiah/Kg.

Menurut politisi PKS itu, Direktur Bulog menyatakan bahwa dalam menghadapi kenaikan harga beras menjelang puasa dan lebaran ini, Bulog tidak akan membatasi jumlah beras yang digelontorkan pada operasi pasar, agar harga tetap stabil.

“Operasi pasar memang perlu dilakukan untuk menstabilkan harga, tetapi operasi pasar yang masif harus di imbangi dengan daya serap yang tinggi pula di tingkat petani. Karena jika tidak seimbang stok akan cepat habis,” ujarnya.

Fenomena ini, menurut dia, selalu berujung pada alasan klasik bahwa Bulog harus melakukan importasi guna mengamankan stok. Untuk mengamankan stok beras seharusnya Bulog melakukan manajemen stok yang lebih baik, di sisi lain lebih kreatif menyerap gabah petani.

“Bulog tidak perlu melakukan impor, data BPS menunjukan bahwa produksi dalam negeri cukup dan masa panen masih berlangsung di banyak tempat. Badan Pusat Statistik menyebutkan produksi beras berdasarkan angka ramalan II naik 2,4 persen,” ujarnya.

Kurang Menyerap Gabah Petani

Terkait hal itu, menurut dia, Bulog harus lebih agresif menyerap gabah dari petani dan jika perlu para Kepala Divre Bulog turun menjemput dan meyakinkan petani untuk menjual gabahnya,” tegasnya. Selain itu akses harus dibuka luas untuk petani guna menjual gabahnya langsung kepada Bulog tanpa perantara.

Serapan Bulog dilihat masih rendah di banyak Divisi Regional (Divre), sampai dengan pertengahan juli masih sekitar 20 persen. Seperti Jawa timur yang menjadi salah satu lumbung beras nasional, Bulog yang ditargetkan menyerap 1.150.000 ton pada 2011.

Hingga memasuki bulan Juli ini serapan di Jawa Timur hanya mencapai 23 persen saja. Bahkan ironisnya Bulog ditengarai malah tidak mau membeli gabah petani karena alasan gudang telah penuh.

Tak Berpihak pada Petani Lokal

Melihat harga beras Vietnam yang rata-rata mencapai 500 dolar AS per ton, menurut Rofi, impor beras itu menghabiskan Rp2,1 triliun dan artinya Bulog lebih memilih menyejahterakan petani Vietnam.

“Ini sekali lagi bukti bahwa pemerintah tidak berpihak kepada petani dalam negeri. Sebagai catatan saat ini panen petani masih berlangsung sampai bulan Agustus dan memasuki masa tanam September. Sementara masa paceklik diperkirakan akan masuk pada Oktober, November dan Desember, namun itu bisa diantisipasi jika serapan Bulog optimal,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mempertanyakan jika BPS dan Kementerian Pertanian sudah meyakinkan bahwa panen berjalan optimal dan produksi beras naik, lalu atas alasan apa Bulog “ngotot” mengimpor beras dari Vietnam.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, terdapat tiga provinsi yang mencatat surplus padi yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan. Pada 2011, terdapat 10 provinsi yang menjadi sentra produksi padi terbesar yaitu Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Barat, Banten, dan Nusa Tenggara Barat.

REPUBLIKA.CO.ID
READ MORE - Impor Beras oleh Bulog Dinilai Kian tak Terkendali

Kamis, 28 Juli 2011

Jelang Ramadhan, Harga Ayam di Palopo mencapai Rp.85 Ribu

Tiga hari menjelang bulan suci Ramadhan, sejumlah kebutuhan pokok di pasaran di Kota Palopo mengalami kenaikan signifikan. Salah satunya yakni harga ayam kampung yang harganya mencapai Rp85 ribu per ekor, padahal sebelumnya dijual hanya seharga Rp30 ribu perekor.

Hal itu setidaknya terlihat dari pemantauan pasar yang dilakukan Asisten I Pemkot Palopo Muchtar Basir bersama sejumlah anggota DPRD Kota Palopo, di Pusat Niaga Palopo (PNP), siang tadi.

Dari pengakuan sejumlah pedagang, kenaikan harga itu ditengarai akibat kurangnya pasokan ayam yang masuk ke penjual sementara permintaan barang sangat tinggi.

Tidak hanya harga ayam kampung saja yang mengalami kenaikan, harga ayam potong juga mengalami kenaikan dari sebelumnya dijual hanya Rp12 ribu perkilogramnya, kini naik menjadi Rp25 ribu perkilogram.

Diduga, kurangnya pasokan ayam, sebagai pemicu kenaikan harga ayam tersebut, akibat penghentian pasokan daging ayam dari sejumlah daerah akibat serangan virus flu burung.

Salah seorang pedagang ayam, Kartini, mengatakan harga ayam mengalami kenaikan yang sangat sigfikan akibat kurangnya pasokan. Mereka mengaku membeli ayam kampung dari para peternak setempat seharga Rp60 ribu per ekor, dan dijual di pasaran hingga Rp85 ribu per ekor.

Sementara itu, Muchtar Basir mengatakan operasi pasar yang dilakukan Pemkot dan DPRD Palopo itu dalam rangka mengontrol harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci ramadhan.

“Kami memang menemukan beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan yang sangat signifikan, seperti daging ayam yang mengalami kenaikan hingga 200 persen dari harga sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, menyikapi hal ini, Pemkot Palopo akan melakukan komunikasi dengan penyalur bahan kebutuhan pokok dan akan terus mengontrol harga barang di pasaran.

Sumber : Luwuraya.com
READ MORE - Jelang Ramadhan, Harga Ayam di Palopo mencapai Rp.85 Ribu

Rabu, 27 Juli 2011

Mantan pimpinan DPRD Tana Toraja 1999-2004 batal bersakasi karena sakit.

[Ilustrasi]


Steven Sonda Bassa, Mantan Pimpinan DPRD Tana Toraja Periode 1999 - 2004, batal memberikan kesaksian dalam lanjutan sidang kasus dugaan korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tana Toraja tahun anggaran 2002-2003. Pembatalan ini disebabkan kesehatan mantan Legislator dari PDIP ini terganggu.

“Steven Sonda Bassa tidak bisa memberikan kesaksian karena tiba-tiba jatuh sakit. Kesaksian yang harus diberikan terpaksa ditunda sampai persidangan selanjutnya,”ungkap Ketua Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makale Adrianus Y Tomana kepada media seusai sidang lanjutan kasus korupsi APBD Tator tahun anggaran 2002-2003 di Pengadilan Negeri Makale.

Sebelumnya tiga orang mantan unsur pimpinan DPRD Tana Toraja periode 1999 - 2004 telah dijatuhi vonis satu tahun penjara oleh Mahkamah Agung. Sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi terpaksa hanya menghadirkan satu saksi, yakni Luciana Pare Allo, staf Sekretariat DPRD Tator. Luciana Pare Allo bertugas sebagai staf sekretariat DPRD mendampingi istri para terdakwa studi banding ke Minahasa. Dimana sumber dana yang dipergunakan untuk studi banding tersebut tidak sesuai dengan peruntukannya, yakni dana pemberdayaan perempuan.
READ MORE - Mantan pimpinan DPRD Tana Toraja 1999-2004 batal bersakasi karena sakit.

Selasa, 26 Juli 2011

2 Ani bersaing menuju RI 1 2014....?????

Beberapa Fakta Persaingan 2 Ani menuju RI 1 2014.

Salah satu fakta menarik yang terungkap sebagai akibat dari perselisihan di antara petinggi Partai Demokrat yang disebabkan oleh tuduhan-tudahan mantan Bendahara Umumnya, Nazaruddin, yaitu bahwa di lingkungan Partai Demokrat pernah secara sungguh-sungguh mempersiapkan pencalonan Kristiani Herawati, yang tidak lain adalah istri Presiden SBY, dalam Pilres 2014. Hal ini diungkapkan oleh sekretaris Kabinet Indonesia bersatu, TB Silalahi.

kenyataan lain adalah menyeruaknya keluhan Ketua Persatuan Purnawirawan TNI-AD (PPAD), Letjen Purn Soerjadi, sehubungan dengan adanya seorang diplomat asing yang membujuknya untuk mencalonkan Sri Mulyani Indrawati sebagai Presiden pada Pilpres 2014.

Apakah kedua peristiwa tersebut saling berkaitan? Tidak jelas. Yang pasti, keluh kesah Soerjadi dan pengakuan TB Silalahi, menjadi pertanda bahwa pemanasan politik menuju Pilres 2014 akan diwarnai oleh nama Sri Mulyani Indrawati, yang biasa dipanggil Mbak Ani, dan Kristiani Herawati, yang biasa dipanggil Bu Ani. Pertarungan Ani vs Ani dimulai.

Harus diakui bahwa Presiden SBY dalam berbagai kesempatan menegaskan, bahwa istrinya tidak akan maju pada Pemilu 2014 mendatang. Namun, adakah yang bisa memastikan apa yang terjadi pada 2014 nanti. Rentang waktu yang 3 tahun masih sangat memungkinkan terjadinya perubahan-perubahan. Selain itu, Siapakah yang dapat menolak jika kader-kader PD menghendaki Ani Yudhoyono menjadi calon presiden?

TB Silalahi, yang adalah salah satu Pendiri PD, mengatakan rencana pencapresan Ani Yudhoyono memang pernah dipersiapkan dengan serius. rencana tersebut terjadi menjelang Kongres II Partai Demokrat di Bandung, Agustsu 2010.

Menurut TB Silalahi, wacana pencapresan ibu Ani telah dimulai oleh para pendiri dan sejumlah kader PD. Sehingga Andi Mallarangeng didukung untuk menduduki jabatan sebagai Ketua Umum. Perhitungannya, jika Andi jadi Ketua Umum PD, tentu akan memperlancar rencana pencalonan Ani sebagai capres.

"Saat itu rencananya Ibu Ani jadi capres dan Andi jadi cawapres. Tapi karena dalam kongres Andi kalah, maka hitungannya jadi lain lagi. Memang sempat ada usulan Ibu Ani akan didampingi Djoko Suyanto. Tapi apakah Anas (Ketum PD) mau dukung?" kata Silalahi.

Pasca terungkapnya skandal pembangunan Wisma Atlet Palembang, kondisi internal PD berubah total. Reputasi Anas sebagai politisi muda yang bersih dan santun, jatuh. Dukungan pengurus daerah juga melemah. Jika tidak ditopang oleh SBY selaku Ketua Dewan Pembina PD, Anas sudah jatuh melalui KLB.

Posisi Anas yang demikian lemah, membuatnya nyaris tidak punya posisi tawar lagi dalam pencalonan presiden mendatang. Itu sebabnya, anggota Dewan Pembina PD Ahmad Mubarok yang sempat melontarkan nama Sri Mulyani Indrawati (setelah SBY menegaskan istri dan anaknya tidak akan maju menjadi calon presiden), tidak tertarik lagi membahasnya.

"Saya bilang PD mendukung Sri Mulyani sebagai capres waktu itu hanya iseng-iseng saja. Sebab PD sejauh ini belum mengelus siapa pun untuk maju sebagai capres," kata Mubarok saat ditemui detik+ di sela-sela acara Rakornas PD di Sentul, Bogor.

Sementara itu, masih segar dalam ingatan, ketika salah seorang anggota DPR FPDIP, Eva Kusuma Sundari, pada November 2010 yang lalu menjawab pertanyaan yang dilontarkan reporter inilah.com, tentang mana yang lebih berpeluang untuk menjadi RI1 pada 2014, antara Kristina Herawati (Ani Yudhoyono) atau Sri Mulyani Indrawati.
"Ya Bu Sri Mulyani lah, karena dia yang tahu tentang logika mengelola keuangan negara," kata anggota DPR FPDIP Eva Kusuma Sundari, kepada inilah..com, Selasa (23/11/2010).
kemudian pada (11/6/2011) malam, Pengamat Politik Universitas Indonesia Arbi Sanit, mengatakan dalam situasi krisis figur yang sedag dialami oleh hampir semua partai politik yang ada saat ini, Sri Mulyani sangat berpeluang menjadi pilihan alternatif pada Pilpres 2014.


READ MORE - 2 Ani bersaing menuju RI 1 2014....?????

Partai NasDem Dideklarasikan, Usung Restorasi Indonesia

Partai NasDem resmi dideklarasikan dan siap bertarung di Pemilu 2014. Partai NasDem mengusung gagasan restorasi Indonesia.

"Dengan penuh khidmat dan lengan tersingsing, kita mendeklarasikan berdirinya partai baru bernama Partai NasDem," kata Ketua Umum Partai NasDem, Patrice Rio Capella, saat membacakan pidato politiknya di Hotel Mercure. Jakarta Utara, Selasa (26/7/2011). Deklarasi ini dihadiri oleh ratusan pengurus Partai NasDem.

Menurut Patrice, restorasi ini diperlukan untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Kita butuh melakukan restorasi di seluruh lini kehidupan bangsa. Restorasi konstitusi, restorasi sistim politik, dan restorasi ekonomi," kata Patrice.

Ia menegaskan, Rakyat Indonesia tidak ingin melihat bangsanya menjadi 'bangsa tugu' atau bangsa 'kemenyan' yang mabuk dalam kejayaan masa lalu. "Kejayaan harus direbut dengan keringat dan kerja keras," ujarnya.

Lahirnya Partai Nasdem bukan semata-mata ikut dalam pertarungan elektoral dan bukan hanya ikut mewarnai hiruk pikuk Pemilu.

"Dengan kesadaran kebangsaan utuh, kami persembahkan Partai Nasdem, partai pergerakan," kata dia.


Sumber : Detiknews.com
READ MORE - Partai NasDem Dideklarasikan, Usung Restorasi Indonesia

Atlet Sulsel Rebut 4 Medali Perak di Singapura

Mewakili tim Indonesia berlaga pada Asian Rowing Cup dan Searf Rowing Championship yang digelar di Negara Singapura, atlet-atlet dayung Sulsel berhasil menyumbangkan empat medali emas pada event internasional itu.
Total perolehan itu masing-masing datang dari Sri Rahayu Masi 2 perak dan Arief juga berhasil menyabet dua perak.

Menanggapi keberhasilan atlet dayung Sulsel itu, Mukhrawi Nawier selaku Sekretaris Komite Olahraga Nasional (KONI) Sulsel, mengatakan jika kesuksesan yang diraih atlet dayung Sulsel adalah prestasi yang membanggakan bagi Provinsi Sulsel,
"Semoga prestasi ini menjadi sebuah langkah awal buat atlet selancar Sulsel untuk terus berprestasi lagi di level intenasional," tutur Nukhrawi.
Sekum KONI Sulsel itu juga mengharapkan agar pembinaan atlet yang berprestasi aklan kita tingkatkan sekaligus
sebagai persiapan untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dipusatkan di Riau.
Khusus cabang dayung beberapa atlet Sulsel memang menjadi salah satu tumpuan tim Indonesia saat berlaga di level intenasional.

Sumber : Upeks Online
READ MORE - Atlet Sulsel Rebut 4 Medali Perak di Singapura

Senin, 25 Juli 2011

Pemkab Toraja Optimis, Bandara Buntu Kuni', dapat berfungsi akhir 2013

Sebesar Rp10.442.280.530 dibayarkan kepada 20 orang pemilik lahan lokasi pembangunan bandara baru Tana Toraja, di Buntu Kuni' Kec. Mengkendek. Pembayaran tersebut merupakan pembayaran tahap kedua yang dibayarkan melalui Bank Sulsel Cabang Makale.

"Masyarakat pemilik lahan berasal dari dua lembang, diantaranya Rantedada 15 orang dengan jumlah ganti rugi Rp8.897.728.470, sedangkan Simbuang lima orang senilai Rp1.544.552.060," kata PPTK Sayuti Jumat (22/7) di Makale.

"Sebelumnya Pemkab Tana Toraja membayar dengan sistem transfer kepada 20 pemilik senilai Rp10.399.701.308."tambah Sayuti.

"Untuk diketahui, bahwa luas lahan yang akan dibebaskan dalam rangka pembangunan bandara baru di Dusun Buntu Kuni', Kecamatan Mengkendek tersebut yaitu 140 ha, yang terdiri dari sawah 28 ha, dan tanah kering 112 ha. Sementara kepemilikan masyarakat terdiri dari tanah kering bersertifikat 30 orang, dan non sertifikat 82 orang serta yang lainnya bukti kepemilikan berupa PBB dan keterangan pelepasan hak." Demikian penjelasan Sekda Tana Toraja, Enos Karoma, SH, MH, yang juga ketua tim pembebasan lahan.

Enos menambahkan"Pemerintah Optimis Bandara baru di Kecamatan Mengkendek tersebut akan segera berfungsi pada akhir 2013. hal ini dibuktikan dengan tidak adanya keluhan dari masyarakat mulai dari proses pembebasan hingga tahap pelaksanaan pekerjaan."

Salah satu pemilik lahan yang menerima ganti rugi adalah H. Duma. Dia memiliki lahan seluas 10 ha, dan setelah menerima ganti rugi, ia menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan bandara tersebut. "Ini merupakan program strategis Bupati Theofilus untuk mendorong kesejahteraan masyarakat Bumi Lakipada," tutur H. Duma.

Dukungan yang sama juga diberikan oleh warga lainnya, Disman, yang menerima ganti rugi Rp1.731.921.250. "Kita hendaknya ikut berpartisipasi utamanya mendukung ketertiban dan keamanan selama proses pembangunan berlangsung," singkat Disman.
READ MORE - Pemkab Toraja Optimis, Bandara Buntu Kuni', dapat berfungsi akhir 2013

Sabtu, 23 Juli 2011

Nazaruddin Kembali jika Anas Ikut Diproses

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengaku sudah mendengar pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga Ketua Dewan Pembina Demokrat. Nazaruddin siap memenuhi perintah. Namun dia punya syarat.

"Saya akan ikuti perintah beliau, Pak SBY," kata Nazaruddin dalam pesan yang dikirim lewat BlackBerry Messenger kepada VIVAnews.com, Jumat 22 Juli 2011.


Tapi, Nazaruddin masih memberikan syarat. Syarat akan memenuhi perintah SBY bila, orang-orang yang bersalah dalam kasus ini bisa segera diusut Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Setelah orang yang bersalah sebenarnya dan bos dan yang atur proyek ini ditetapkan tersangka sama KPK," kata Nazaruddin. Siapa saja orang-orang itu? "Yaitu, Anas, saya baru percaya hukum KPK."

Usai salat Jumat, SBY mendadak menggelar keterangan pers. SBY mengimbau Nazaruddin agar kembali ke Tanah Air untuk menghadapi proses hukum.

"Kembalilah Nazar ke Indonesia, ke tanah air. Kembalilah. Sulit bagi kita semua ketika tidak tahu dengan siapa saja dan apa saja yang dilakukan, dan komunikasi internal dengan siapa," kata SBY di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 22 Juli 2011.

Sementara, Anas Urbaningrum sudah membantah keras semua tudingan Nazaruddin. 'Serangan' Nazaruddin itu hanya ditanggapi enteng oleh Anas. "Saya kira begini, yang penting adalah kalau ada data atau bukti, dibawa saja ke Indonesia biar mudah. Kan begitu," kata Anas.

"Kesimpulannya, ini peristiwa politik. Ini adalah serangan politik, pembunuhan karakter. Tapi saya tidak khawatir, saya tidak gentar, saya tidak pernah takut. Karena yang bisa membunuh itu, yang punya hak itu, Tuhan," ujar Anas.


Sumber : Berita Kota Makassar
READ MORE - Nazaruddin Kembali jika Anas Ikut Diproses

Status Akper Toraya terancam tidak diakui.

Ketua BEM Akper Toraya Yari Allo Linggi, Wakil Ketua BEM Roniyanto bersama dua perwakilan mahasiswa lainnya, bertemu dengan Sekretaris daerah (SEKDA) Tana Toraja Enos Karoma, SH, MH, kemarin (jumat, 22/7).

Dalam pertemuan tersebut Ketua BEM Akper Toraya menyampaikan kepada Sekda mengenai empat hal pokok sehubungan dengan masalah yang terjadi di Akper Toraya yang dinilai amat merugikan mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Status Akper setelah berada di bawah naungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, menjadi salah satu kecemasan mahasiswa. Alasannya, jika status ini tidak segera diselesaikan, Akper Toraya, yang merupakan Akper Milik Pemerintah Daerah ini hanya akan tinggal nama, statusnya tidak mendapatkan pengakuan dari pemerintah.


Kecemasan lain dari mahasiswa berhubungan dengan keberadaan Direktur Akper Toraya, Albertina, yang menurut penilaian mahasiswa tidak dapat bekerjasama dengan para dosen, yang menyebabkan 5 orang dosen mengundurkan diri. olehnya Badan Executive Mahasiswa (BEM), mewakili mahasiswa lainnnya, menuntut Direktur untuk mengundurkan diri.

Selain hal di atas, permasalahan lain yang disampaikan oleh mahasiswa pada pertemuan dengan Sekda tersebut menyangkut adanya pungutan sebesar Rp.415.000, sementara Angkatan tahun sebelumnya juga dikenakan pungutan sebesar Rp.250.000. "Kami juga menagih janji sebelumnya yang akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi." tegas Yari.

Sementara itu, dalam pertemuan yang berlangsung di ruang Sekda Tana Toraja tersebut, Sekda Enos Karoma menjelaskan, upaya mengalihkan status Akper harus melalui proses dan mekanisme. "Karena Akper dibentuk berdasarkan peraturan daerah (Perda) yang disetujui DPRD," katanya.

Oleh karenanya bila pengelolaan Akper sudah beralih ke naungan Kopertis tentu Perda Pembentukan Akper sebelumnya harus dicabut dan disetujui DPRD, papar Enos Karoma. Dia juga berjanji menurunkan Inspektorat untuk mengaudit pengelolaan keuangan dan pungutan di kampus. Dikatakannya, aspirasi dan tuntutan mahasiswa akan ditindaklanjuti ke bupati, termasuk tuntutan direktur untuk mundur. Hanya saja, bupati juga perlu didukung data valid. "Tidak serta merta mengabulkan keinginan mahasiswa begitu saja," terangnya.

Pada kesempatan yang lain, Direktur Akper Toraya Albertina, saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya menjelaskan, pengangkatan Direktur Akper Toraya didasarkan atas Surat Keputusan (SK) Bupati yang disetujui yang telah mendapatkan persetujuan Kopertis. "Tuntutan mahasiswa boleh-boleh saja dan koreksi seperti itu sangat positif untuk kemajuan Akper ke depan," kata Albertina.
READ MORE - Status Akper Toraya terancam tidak diakui.

Acne (jerawat)

Akne (jerawat) merupakan kelainan umum pada kulit, yang menyebabkan timbulnya lesi kulit yang disebut papul. Lesi kebanyakan timbul pada wajah, leher, punggung, dada, dan bahu.

Kondisi ini umumnya terjadi pada usia antara 14-19 tahun, kendati ada beberapa individu yang mengalaminya pada usia 20-30 tahun. Kadang kala akne timbul kembali pada usia menopause (40 – 58 tahun). Umumnya akne terjadi pada masa pubertas, dimana terjadi peningkatan kadar hormone, terutama hormone androgen (seperti testosterone), yang akan merangsang aktivias kelenjar sebasea. Sehingga mengakibatkan produksi sebum (isi dari kelenjar sebasea yang terdiri dari lemak dan sisa dari sel epitel) yang berlebihan. Pada saat usia pertengahan 20an, produksi hormone telah stabil dan akne biasanya akan menghilang.


Akne ditandai dengan adanya komedo, yang terbentuk akibat tersumbatnya saluran keluar dari folikel rambut oleh sekresi minyak dan sel-sel kulit mati. Kendati bukan merupakan gangguan kesehatan yang serius, namun akne yang berat dapat mengganggu penampilan dan meninggalkan bekas berupa jaringan parut permanen.

Note:
  • Akne tidak mencerminkan bahwa seseorang kurang menjaga kebersihan
  • Cuci muka cukup 2 kali sehari dengan memakai sabun (bukan antiseptic)
  • Jangan biarkan rambut menutupi daerah wajah. Rambut, terutama yang kotor dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat
  • Gunakan kosmetik yang berbahan dasar air
  • Pengobatan tidak membuat akne hilang lebih cepat tetapi dapat membantu mencegah kambuhnya akne
  • Pengobatan membutuhkan waktu 1-2 minggu
  • Hindari tindakan memencet atau memecahkan jerawat, karena dapat meninggalkan bekas berupa jaringan parut pada kulit
  • Asupan gizi seimbang juga bermanfaat membantu menjaga kesehatan kulit
  • Usahakan untuk tetap rileks
  • Stress dapat menimbulkan jerawat.


Sumber : http://ozaena.blogspot.com
READ MORE - Acne (jerawat)

Kamis, 21 Juli 2011

Proyek T. A. 2010 senilai Rp.2.3 M di selidiki oleh Polres Tana Toraja

Berdasarkan laporan masyarakat, proyek pengadaan perpipaan yang sumber dananya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2010, senilai Rp. 2,3 Miliar belum rampung. Oleh karenanya Kepolisian Resort (Polres) Tana Toraja melakukan penyelidikan terhadap proyek tersebut.

Kasat Reskrim Polres Tana Toraja, AKP Supriyanto mengatakan "Benar, kami tengah menangani kasus pengadaan perpipaan tahun anggaran 2010 yang diduga bermasalah,”

Proyek perpipaan tahun anggaran 2010 di Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Tator dalam bentuk 42 kegiatan itu, diperuntukkan bagi peningkatan air bersih di sejumlah lembang/desa di Tator. Demikian menurut Supriyanto.

Anggaran yang disiapkan untuk proyek tersebut, bagi setiap desa sasaran antara Rp.24 - Rp.58 Juta. Penyidik akan turun ke desa-desa yang menerima bantuan pengadaan pipa. Hal itu untuk memastikan,apakah pengadaan pipa tepat sasaran, termasuk spesifikasi pipa apakah sudah sesuai bestek dan pelaksanaan proyek perpipaan tersebut apakah diselesaikan tepat waktu.

Selain itu, beberapa pihak terkait proyek tersebut akan dipanggil oleh pihak penyidik untuk dimintai keterangan. “Sejauh ini belum ada indikasi pelanggaran tindak pidana yang kami temukan. Penyelidikan masih dalam administrasi untuk pengumpulan data dan keterangan,”ujarnya.

Sementara itu, Andarias P Buttutasik, Anggota Komisi III DPRD Tator mengatakan, "kami sebagai mitra kerja Distarkim Tator, agak kesulitan memantau pengadaan dan pelaksanaan proyek perpipaan tahun anggaran 2010 senilai Rp2,3 miliar itu. Hal ini disebabkan oleh karena sampai saat ini kami belum menerima laporan desa-desa yang menjadi sasaran proyek tersebut."ujar legislator asal Partai RepublikaN itu
READ MORE - Proyek T. A. 2010 senilai Rp.2.3 M di selidiki oleh Polres Tana Toraja

MELATIH KECERDASAN ANAK SEJAK DINI

Mempunyai anak cerdas menjadi dambaan setiap orangtua dan keluarga. Agar anak Anda cerdas, perlu stimulan-stimulan perangsang kerja otak sejak dini. Psikiater anak dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Dr. dr. Tjhin Wiguna, SpKJ, mengatakan, stimulan bisa diberikan sejak bayi lahir.

"Rangsangan yang dilakukan harus dalam suasana bermain, terus menerus dan bervariasi," katanya dalam talkshow 'Bagaimana Membentuk Seorang Anak Yang Sehat, Cerdas, dan Berkualitas' di Jakarta, Sabtu, 10 Oktober 2009.

Rangsangan akan membantu pembentukan cabang-cabang sel otak dan melipatgandakan jumlah hubungan antarsel otak sehingga terbentuk sirkuit otak yang lebih kompleks, canggih, dan kuat. Pemberian stimulan bervariasi tergantung umur si anak.

Usia 0-3 bulan
Rangsangan yang bisa diberikan berupa rasa nyaman, aman, dan menyenangkan, seperti memeluk, menggendong, menatap mata bayi, mengajak tersenyum, membunyikan suara atau musik, menggerakkan benda berwarna mencolok, menggulingkan perlahan ke kanan dan ke kiri, serta memposisikannya tengkurap/ telentang.

Usia 3-6 bulan
Ajak bayi bermain cilukba, dan bercermin untuk melihat ekspresinya sendiri. Pada usia ini, mulailah melatih bayi untuk tengkurap, duduk, dan telentang sendiri.

Usia 6-9 bulan
Orangtua bisa mulai membiasakan memanggil nama si anak, berjabat tangan, bertepuk tangan, melatih berdiri dengan pegangan, dan membacakan dongeng.

Usia 9-12 bulan
Ajaklah si kecil untuk menirukan menyebut nama mama dan papanya. Ajarkan pula dia minum dari gelas, atau bermain menggelindingkan bola dan melatihnya belajar mengambil bola sendiri.

Usia 12-18 bulan
Ajarkan si kecil untuk mencorat-coret dengan pensil warna di kertas, menyusun kubus, balok, dan puzzle. Saatnya pula melatihnya berjalan tanpa pegangan, berjalan mundur, dan memanjat tangga.

Usia 18-24 bulan
Mulai ajak si kecil berdiskusi tentang gambar atau menunjuk bagian tubuh. Ajak bicara tentang kegiatan sehari-hari, dan latihan mencuci tangan.

Usia lebih 2 tahun
Pada usia ini anak sudah mulai disiapkan untuk aktivitas prasekolah. Ajar si kecil mengenal warna, menghitung benda, menyikat gigi, memakai baju sendiri, belajar ke toilet sendiri, dan semua hal yang melatih si kecil mandiri.


Sumber : http://pilarwawasan.blogspot.com
READ MORE - MELATIH KECERDASAN ANAK SEJAK DINI

MANFAAT DAUN SIRIH

Daun sirih sangat terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi.

Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

Diare
Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa. Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh.

Sakit gigi
Pengobatan:
Di kumur, daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut. Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.
Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya. Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.


Alergi
Pengobatan: luar, di oleskan pada bagian yang gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.

Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.

Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.
Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.


Keputihan
Ambil 7 - 10 lembar daun sirih.
Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.
READ MORE - MANFAAT DAUN SIRIH

Rabu, 20 Juli 2011

Irfan Bachdim tidak masuk skuad Timnas

Irfan Bachdim ternyata tak masuk daftar skuad tim nasional yang akan tampil pada laga Pra-Piala Dunia 2014 menghadapi Turkmenistan, 23 Juli 2011. Apa yang membuat tim pelatih asal Belanda Wim Rijsbergen mencoret nama Bachdim?

Ternyata, ada sejumlah alasan. Dari stamina Bachdim yang tak cukup fit, hingga kekalahan Bachdim bersaing melawan striker lain, Boaz Solossa, Bambang "Bepe" Pamungkas, dan Christian Gonzales.

"Kami harus fair menentukan siapa yang berangkat dan siapa yang tidak, sesuai dengan persaingan di posisinya," kata Rahmad Darmawan, asisten pelatih tim nasional saat jumpa pers di Hotel Kartika Candra, Senin 18 Juli 2011 malam.

Rahmad menegaskan Irfan tidak dibawa ke Turkmenistan bukan karena tidak terdaftar di Federasi Sepak Bola Asia (AFC) seperti yang diberitakan media selama ini. "Setelah kami cek nama Irfan ada dalam 44 daftar pemain yang dikirim ke AFC," ujarnya.

Rahmad juga menjelaskan penampilan striker blasteran Belanda-Indonesia itu kurang maksimal selama pemusatan latihan sepekan ini. "Irfan mungkin cukup lama beristirahat sehingga ketika kita mulai latihan ada sedikit masalah dengan otot pangkal pahanya," kata pelatih kepala untuk tim nasional U-23 yang disiapkan tampil di SEA Games 2011 itu.

Alasan itulah yang menurut Rahmad menjadi dasar pencoretan pemain jebolan Ajax Amsterdam itu. "Jadi murni memang karena kami melihat beberapa hari kemarin dan seleksi ini berjalan," katanya.

Susunan Tim
Kiper: Ferry Rotinsulu, Markus Horison
Belakang: Supardi, Zulkifli Syukur, M Nasuha, M Roby, Ricardo Salampessy, Wahyu Wiji Asnanto
Tengah: Ahmad Bustomi, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Firman Utina, M Ridwan, Arif Suyono, Oktovianus Maniani, M Ilham
Depan: Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, Boaz Solossa
READ MORE - Irfan Bachdim tidak masuk skuad Timnas

Uruguay ke Final Copa America berkat 2 gol Suarez

Uruguay memastikan langkah ke babak pamungkas Copa America 2011 setelah mengalahkan Peru dengan skor 2-0 di semifinal yang berlangsung pada Rabu pagi ini. Dua gol kemenangan Uruguay dicetak bintang Liverpool, Luis Suarez pada menit ke-52 dan 57. Mantan penyerang Ajax Amsterdam ini menjadi bintang permainan Uruguay yang terus menyerang sepanjang laga.

Racikan pelatih Oscar Washington Tabrez yang menduetkan Diego Forlan dan Luis Suarez di lini depan membuat daya gedor Uruguay semakin menggigit. Sejak awal pertandingan, duet maut ini berkali-kali mengancam gawang Peru yang dikawal Raul Fernandez. Peru yang ingin mencatatkan diri sebagai salah satu kekuatan Amerika Selatan tak mau kalah kencang menggedor Uruguay.

Gol pertama Uruguay tercipta melalui kerja-sama yang manis antara Forlan dan Suarez. Gol Suarez lahir setelah memanfaatkan bola rebound sepakan Forlan yang sempat ditahan Raul Fernandez. Unggul satu gol membuat Uruguay kian gencar memberondong pertahanan Peru.

Kerja keras pemain-pemain Uruguay kembali membuahkan hasil lima menit setelah gol pertama. Menerima umpan matang dari Albvaro Pereira dari tengah lapangan, Suarez tanpa kesulitan membobol gawang Fernandes untuk kali kedua. Uruguay memimpin dengan dua gol.

Peru yang kurang diunggulkan ternyata memberikan perlawanan sengit untuk mengejar ketertinggalan. Juara Copa America 1975 ini tidak terpengaruh dengan diusirnya Kapten Juan Vargas oleh wasit di pertengahan babak kedua karena menyikut Sebastian Coertes. Bermain dengan 10 pemain, Peru malah makin rajin menggempur gawang Uruguay.

Kiper Uruguay, Fernando Muslera, kembali menjadi bintang. Penyelamatan gemilang beberapa kali dia tunjukkan, termasuk di menit-menit terakhir ketika menahan tembakan pemain Peru dari luar kotak penalti. Bola sempat lepas dari tangan dan bergulir menuju gawang. Tapi, Muslera cukup sigap untuk bangkit dan mengejar bola yang nyaris masuk gawangnya.

Uruguay, semifinalis Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan akan menjejak babak final pertamanya sejak 1999 di Copa America. Di babak pamungkas 12 tahun silam, Uruguay takluk di tangan Brasil dengan skor telak 3-0. Uruguay kini merajut mimpi meraih gelar Copa America ke-15. Jika terwujud, pasukan Oscar Tabarez bakal tampil sebagai pemilik trofi Copa America terbanyak dengan 15 kali juara.

Hingga kini, Uruguay masih bercokol sebagai pemilik trofi Copa America paling banyak bersama Argentina dengan 14 gelar. Uruguay terakhir kali menjadi juara pada 1995 di kandang sendiri.


Sumber Tempointeraktif.com
READ MORE - Uruguay ke Final Copa America berkat 2 gol Suarez

Anas dipanggil SBY, setelah mendengar "kicauan" Nazar

Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (20/7/2011) sekitar pukul 17.00, bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Sekretaris Dewan Pembina PD Andi Mallarangeng, dan Sekretaris Jenderal Edhie Baskoro di Wisma Negara, Jakarta.

Pertemuan dilakukan terjadi satu hari setelah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin "berkicau" di Metro TV. Pertemuan berlangsung secara tertutup. Para wartawan yang bertugas di Istana Presiden dilarang meliput pertemuan tersebut.

Anas datang ke Wisma Negara dengan menggunakan mobil Toyota Alphard berwarna hitam dan bernomor polisi B 69 AUD. Sementara itu, Andi menggunakan mobil Toyota Crown Royal Saloon bernomor polisi B 1705 RFS. Ibas juga tampak berada di Wisma Negara. Pertemuan berlangsung sekitar 75 menit. Seusai pertemuan, ketiganya tak bersedia memberikan komentar.

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Denny Indrayana, sebelum pertemuan, mengatakan, pertemuan tersebut hal yang wajar. Pada tanggal 23-24 Juli mendatang, Partai Demokrat akan menggelar rapat koordinasi nasional di Sentul, Jawa Barat. SBY mengatakan bahwa Partai Demokrat akan menjatuhkan sanksi kepada kader yang terlibat kasus hukum, termasuk korupsi.

Sumber : Kompas.Com
READ MORE - Anas dipanggil SBY, setelah mendengar "kicauan" Nazar

Jelang Ramadhan : Polres Tana Toraja Gelar Operasi Gabungan

Seperti yang telah sering dilakukan setiap menjelang bulan suci Ramadhan, pihak Kepolisian Resort (Polres) Tana Toraja melakukan operasi gabungan yang melibatkan jajaran Polres bekerjasama dengan Dandim, Dinas Perhubungan dan mitra kerja lainnya.

Wakapolres Tana Toraja, Novly F Pitoy, mengatakan "Operasi Patuh dijalankan dalam rangka memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya dari tanggal 11 hingga 24 Juli 2011," tuturnya .

Novly menjelaskan, operasi gabungan akan dititik beratkan kepada operasi cafe, operasi pekerja seks komersial (PSK), dan penyakit masyarakat lainnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Tana Toraja, H. Muhabar menambahkan, sebanyak 99 kendaran roda dua, empat kendaraan roda empat, dan satu kendaraan berplat gantung, berhasil ditilang sejak digelarnya Operasi Patuh oleh Lantas Polres Tana Toraja.

Sebanyak 185 teguran kepada masyarakat pengguna kendaraan telah dikeluarkan oleh Polres Tana Toraja, selama operasi ini digelar. Operasi Patuh tetap mengedepankan pembinaan kepada masyarakat utamanya pengguna kendaraan roda dua dan empat sesuai UU No.22.
READ MORE - Jelang Ramadhan : Polres Tana Toraja Gelar Operasi Gabungan

Selasa, 19 Juli 2011

Kabel Listrik PLN di Mengkendek Menelan Korban Jiwa

Naas benar nasib seorang Herianto (38), warga keturunan Jawa, yang tewas mengenaskan tersengat strom listrik milik PLN.
"Saya sangat terkejut, karena semalam sampai dengan pagi tadi sebelum berangkat kerja, suami saya baik-baik saja. Tidak ada tanda-tanda bahwa suami saya akan menemui ajalnya, dengan cara yang mengenaskan." tutur Nursiah, istri korban, di sela-sela tangisnya.
Menurut keterangan seorang saksi, beberapa warga, termasuk Herianto bekerja bergotong-royong mengerjakan kamar mandi di belakang Mesjid Jami' Nurul Islam, di lembang Pakala, Kecamatan Mengkendek.
“Kami sudah buat pondasinya, sudah ada juga satu rangka besi yang kami tancap, tapi ketika rangka besi yang kedua akan dipasang, Herianto mengangkat besi tersebut. Mungkin pada saat mengangkat besi itulah, besi itu menyentuh kabel listrik yang berada di atasnya, sehingga terjadi persentuhan antara besi yang diangkat herianto dengan kabel listri yang ada diatasnya, kami tidak lihat persis,” jelas Saksi mata tersebut.

Menurutnya, dia bersama teman-teman hanya mendengar bunyi ledakan disertai teriakan korban. “Waktu dengar bunyi warga yang sedang bergorong royong bergegas ke sana, namun almarhum sudah tidak bernyawa lagi,” tambahnya.

Warga kemudian melaporkan peristiwa ini ke polisi. Menurut identifikasi yang dilakukan polisi, terlihat luka bakar di beberapa tempat di tubuh korban, seperti tangan dan kaki. Sepatu boot yang dikenakan korban juga terlihat melepuh.

“Kematian korban disebabkan oleh sengatan listrik tegangan tinggi,” sebut Daud, salah satu petugas identifikasi dari Mapolres Tana Toraja.
Menurut pengamatan di tempat kejadian perkara (TKP), jarak antara kabel listrik dan tanah memang sangat dekat, sekitar 3 meter saja. Sementara tinggi rangka besi yang konon diangkat korban ke lokasi pembangunan wc, juga sekitar 3 meter. Masuk akal jika besi itu kemudian menyentuh kabel listrik bertegangan tinggi yang melintas di atasnya.
READ MORE - Kabel Listrik PLN di Mengkendek Menelan Korban Jiwa

Minggu, 17 Juli 2011

PT. BMA buka trayek baru Makassar-Toraja

Perusahaan jasa angkutan darat PT Bintang Manunggal Abadi Executive Travel (BMA Executive) di Sulawesi Selatan (Sulsel) kini membuka rute atau trayek baru Makassar-Toraja.

BMA saat ini sudah mengantongi izin trayek rute darat tersebut dari Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel. General Manager PT BMA Hendro Agussalim menyebutkan, Minggu (17/7/2011), ada lima unit armada BMA yang akan melayani penumpang rute Makassar-Toraja tersebut. Lima kendaraan semi bus adalah Hino Dutro 2010 polesan New Armada, Magelang, Jateng.

Bus tersebut dilengkapi fasilitas full AC dengan kapasitas 15 penumpang. "Kalau bus normal 30 kursi, ini karena travel khusus kita desain jadi 15 kursi," kata Hendro.

Selama perjalanan rute tersebut yang ditaksir menelan waktu delapan jam, penumpang akan diberikan makanan, minuman, dengan tambahan fasilitas kotak pendingin (cool box). "Di dalam bus selama perjalanan ada cafeteria yang menyediakan makanan, minuman, dan snack yang bisa dibeli," tambahnya.

Saat ini ada total 30 armada BMA yang beroperasi di wilayah Sulsel dengan trayek berbeda, yaitu Makassar-Pare Pare (PP), Makassar-Pinrang (PP), Makassar-Bulukumba, dan rute terbaru Makassar-Toraja (PP).

Tarif penumpang rute Makassar-Toraja sebesar Rp 120 ribu, Makassar-Parepare Rp 60 ribu, Makassar-Pinrang Rp 65 ribu, dan Makassar-Bulukumba Rp 65 ribu.

Selain itu, setiap armada BMA tidak lagi menggunakan kernet tetapi seorang pramugara yang bertugas melayani kebutuhan penumpang layaknya sebuah pesawat terbang.

"Pokoknya pelayanan kita berikan sebagaimana pelayanan Pesawat Air Asia," kata Komisaris Utama BMA Executive Budi Herianto dalam acara Grand launching Armada BMA ekslusif di Executive Lounge Hotel Grand Clarion, Makassar, Minggu (17/7)

Sumber : tribun-timur.com
READ MORE - PT. BMA buka trayek baru Makassar-Toraja

Sabtu, 16 Juli 2011

Setelah Sukses… Berartikah Saya?

Anda pernah mendengar kisah Rick Waren, penulis buku: “The purpose driven life” yang terkenal itu? Dalam wawancara yang dilakukan oleh Paul Bradshaw, Rick Waren mengemukakan tentang tujuan hidupnya, apa yang ia dan istrinya dapatkan dalam menghadapi penyakit kanker yang diderita istrinya sampai kepada ketenaran yang didapatkannya karena buku yang ditulisnya terjual 20 juta copy. Tetapi lebih dari pada pengalaman hidupnya, komitmen hidupnya pun sangat luar biasa. Ia mengatakan, walaupun dia mendapatkan banyak uang dari penjualan bukunya, ia dan keluarganya tidak akan merubah gaya hidup mereka. Anda bisa membayangkan, 20 juta copy terjual! Ia bukan saja menjadi tenar tapi juga kaya mendadak.. Saya teringat akan John Wesley yang pernah berkata, “Penghasilan bertambah tidak seharusnya pengeluaran bertambah, tetapi pemberian yang meningkat”. Dan sepanjang hidupnya ia telah memberikan sekitar 30 juta poundsterling yang dihasilkan selama hidupnya!

Kita sering mendengar orang berkata bahwa hidup sekarang ini susah, segala sesuatu serba mahal, belum lagi gaji tidak kunjung naik! Dizaman yang susah begini, pernahkah Anda menanyakan kepada diri Anda sendiri, bagaimana jika Anda tiba-tiba mendapat suatu keuntungan besar dan menjadi “Orang Kaya Baru”. Apa yang akan Anda lakukan? Saya pernah menyaksikan infotainment di televisi, beberapa artis yang kaya mendadak karena ketenaran dirinya ataupun ketenaran pasangannya, langsung mengubah gaya hidup mereka. Mungkin Anda juga akan mengubah gaya hidup Anda; pindah ke perumahan elite, membeli mobil baru, dlsb. Impian sudah menjadi kenyataan!
Anda ingin tahu apa yang dilakukan Rick Waren dengan kekayaannya? Rick dan istrinya, Kay Waren, menyumbangkan 90% dari penghasilan mereka kepada 3 yayasan; “Acts of mercy”, yang melayani mereka yang menderita AIDS, “equipping the church”, yang melatih pemimpin-pemimpin gereja dinegara berkembang dan “The Global Piece Fund”, yang membantu mereka yang miskin, yang sakit dan yang buta huruf. Rick juga berhenti menerima gaji dari gereja tempat dia melayani atas keinginannya sendiri. Kemudian dia juga menghitung kembali semua gaji yang telah dia terima selama 24 tahun terakhir sejak dia memasuki gereja dan mengambalikanya. “Melayani Tuhan tanpa memungut bayaran”, katanya.
Tentu saja, Anda tidak harus menjadi kaya dahulu untuk melakukan apa yang Rick Ware lakukan. Lihatlah saudara-saudar seiman Anda di gereja Anda, mereka membutuhkan perhatian Anda, mereka butuh doa Anda. Jika Anda tidak mempunyai kekayaan untuk diberikan, mengapa tidak memberikan waktu Anda? Mari kita “melayani Tuhan tanpa memungut bayaran” dengan segala kekuatan yang ada pada kita, uang kita yang tidak seberapa, waktu yang semua orang sama banyaknya, yaitu 24 jam. Kita mungkin tidak memiliki kekayaan sebesar Rick Waren, tapi kita bisa memiliki iman seperti Rick Waren. Marilah kita melayani Dia, Si Pemberi Hidup!
DOA: Tuhan , ajarlah aku agar dapat menguasari diriku dan tidak ikut arus dunia ini. Aku ingin agar aku dapat menjadi berkat bagi banyak orang. Dalam Nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin.

Kata-kata bijak:
Hanya dibutuhkan sebuah komitmen untuk melayani sesama.

READ MORE - Setelah Sukses… Berartikah Saya?

Panitia Muskab KNPI Tana Toraja Gagal bertemu Bupati

Salah satu perhelatan akbar pemuda Tana Toraja yang akan digelar dalam waktu dekat ini adalah Musyawarah Kerja Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kab. Tana Toraja. yang direncanakan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 29 - 30 Juli 2011, mengambil tempat di Hotel Pantan, Tana Toraja.

Rencana tema yang akan diusung kali ini “Membangun Pemuda Berkarakter Nasional Yang Berlandaskan Kearifan Lokal”.

Menurut Ketua Panitia Muskab ke - XI KNPI Tana Toraja, Aris Zainuddin, yang direncanakan akan menghadiri kegiatan ini adalah, semua pengurus KNPI Kabupaten, Kecamatan dan Organisasi Masyararakat serta Organisasi Kepemudaan yang ada dalam wilayah Kab. Tana Toraja.

Dalam rangka melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Daerah, Panitia telah menyusun jadwal untuk melakukan audiensi dengan Bupati Tana Toraja. Namun jadwal audiensi yang telah disepakati tersebut tidak dapat dipenuhi oleh Bupati. Sehingga rencana Panitia untuk bertemu dengan Bupati tidak terwujud. Panitia hanya diterima oleh Enos Karoma, Sekertaris Daerah Kab. Tana Toraja, yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Kabag Pemuda dan Olahraga.

"Kami yang sedianya melakukan pertemuan dengan Bupati hari ini, sehubungan dengan pelaksanaan Muskab KNPI tana Toraja, gagal bertemu dengan Bupati, dan hanya diterima oleh Bapak SEKDA Tana Toraja, Enos karoma."Kata Aris.

Hadir dalam pertemuan dengan Sekda Tana Toraja tersebut, Aris Zainuddin (Ketua Panitia), CH Eric Mappaliey (Sekretaris Panitia), Adel Palulun, SE (Bendahara), Viasmudji Bitticaca, ST,MT (PenanggungJawab) serta beberapa Panitia lainnya.

Yang menjadi pertanyaan Panitia adalah, apakah Bupati yang enggan bertemu dengan Panitia ataukah jadwal yang telah ditetapkan tersebut berbenturan dengan jadwal bupati lainnya. Namun sampai saat ini, panitia belum memperoleh penjelasan mengenai gagalnya pertemuan dengan Bupati tersebut.



READ MORE - Panitia Muskab KNPI Tana Toraja Gagal bertemu Bupati

SBY Segera Evaluasi Menteri

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam waktu dekat akan segera melakukan evaluasi terhadap keseluruhan kinerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.
Kepala Unit Kerja Presiden bidang Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto mengungkapkan, evaluasi kinerja kabinet itu berdasar pada 356 rencana aksi yang telah ditetapkan Presiden dan dipantau sejak Januari 2011.

“Laporan dari kementrian lembaga ini sudah masuk karena dipantau tiga bulan sekali. Jadi sekarang ini sedang dievaluasi, midterm review 2011,” ujar Kuntoro dalam keterangan persnya di Kantor Kepresidenan, Jakarta.
Sekretaris Kabinet Dipo Alam menambahkan, pihaknya telah mengirimkan surat kepada seluruh kementrian lembaga terkait pemantauan kinerja yang akan dilakukan UKP4 selama Januari–Juli 2011. Selama periode tersebut, lanjut Dipo,Presiden juga telah memberikan 761 arahan kepada seluruh menterinya.
“Arahan spesifik kepada salah satu menteri pejabat berjumlah 561, arahan kepada beberapa menteri pejabat 144,arahan kepada seluruh menteri dan pejabat sebanyak 56,”ungkapnya.
Seluruh arahan Presiden itu, lanjut Dipo, disampaikan Presiden baik dalam sidang kabinet paripurna, rapat terbatas, rapat khusus, rapat intern, maupun dalam arahan Presiden di luar Istana seperti saat Presiden berada di luar daerah dan luar negeri.“Saya katakan itu (hasil arahan yang sudah dilaksanakan) persentasenya di atas 70% dan bahkan ada yang masih dalam proses,” tandasnya.
Sementara itu, Presiden SBY hingga kemarin belum pernah membicarakan ataupun mengungkit perombakan kabinet (reshuffle) tersebut. Menkopolhukam Djoko Suyanto menandaskan, bila memang Presiden ingin melakukan perombakan kabinet, hal itu akan didasari oleh hasil kinerja para menterinya.

Sumber : Seputar-Indonesia

READ MORE - SBY Segera Evaluasi Menteri

Latihan Perdana Timnas PPD 2014, tanpa Boaz

Timnas Pra Piala Dunia (PPD) 2014 terancam tidak diperkuat oleh top skor "Indonesia Super League" (ISL) 2010/2011 Boaz Salossa karena hingga saat ini belum berkumpul dengan pemain lain.
Manajer timnas Ferry Kodrat di Jakarta, Jumat mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi, namun belum mendapatkan kepastian akan kedatangan Boaz Salossa.

"Butuh pendekatan lebih intens. Kami juga melakukan koordinasi dengan Persipura," katanya menjelang latihan perdana timnas di bawah asuhan Wim Rejsbergen.

Menurut dia, timnas telah mempersiapkan kebutuhan Boaz Salossa termasuk tiket dari Jayapura ke Jakarta. Dengan belum adanya kepastian tiket yang sebelumnya telah dipesan dibatalkan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kata dia, Boaz Salossa saat ini berada di Sorong berkumpul dengan keluarganya setelah Persipura menjuarai ISL 2010/2011.

"Persipura berjanji akan membantu timnas," kata CEO klub Liga Primer Indonesia (LPI) Persibo Bojonegoro itu.

Selain Boaz Salossa, kata dia, yang belum bisa bergabung dengan Bambang Pamungkas dan kawan-kawan pada latihan perdana adalah Oktovianus Maniani dan Ricardo Salampessy.

Dengan absennya tiga pemain itu, jumlah pemain timnas yang menjalani latihan perdana sebanyak 22 pemain. Latihan ini dipimpin langsung oleh asisten pelatih Rahmad Darmawan, sedangkan pelatih kepala Wim Rejsbergen hanya memantau dari pinggir lapangan.

Sementara itu mantan kapten timnas Bambang Pamungkas tetap akan menunjukkan kemampuan terbaiknya pada Pra Piala Dunia 2014 meski terjadi pergantian pelatih.

Dengan waktu yang ada pihaknya dengan pemain yang lain akan berusaha mempersiapkan diri untuk menghadapi Turkmenistan 23 Juli nanti dan pertandingan kedua di Gelora Bung Karno Jakarta, 28 Juli mendatang.

"Pemain, pelatih dan pengurus PSSI dapat berganti kapan saja, tetapi warna bendera dan lambang Garuda itu tidak akan pernah berubah sampai kapanpun," katanya dengan tegas.

Sumber : http://suaramerdeka.com
READ MORE - Latihan Perdana Timnas PPD 2014, tanpa Boaz

Toraja Utara salah satu daerah tertinggal di Sulsel.

Walaupun Toraja Utara memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan, namun Toraja utara masih tetap masuk dalam salah satu daerah tertinggal di Sulawesi Selatan, setelah Pangkep, jeneponto dan Selayar. Hal ini sesuai dengan Kajian yang dilakukan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)yang
mengidentifikasi empat daerah tertinggal di Sulsel. Daerah tertinggal itu, yakni, Kepulauan Selayar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Toraja Utara.

Kategori daerah tertinggal itu berdasarkan penilaian banyak faktor. Di antaranya, rendahnya taraf perekonomian masyarakat, minimnya pelayanan kesehatan, dan belum memiliki kualitas layanan yang memadai. Faktor lain adalah taraf pendidikan yang belum berkualitas, masih minimnya infrastruktur, kemampuan keuangan daerah dan karakteristik daerah itu dalam hal konflik sosial-politik.

Masuknya Toraja Utara sebagai daerah tertinggal, menjadi tantangan bagi bupati Frederik Batti Sorring bersama jajaran dan stakeholder lainnya termasuk pihak swasta untuk melakukan peningkatan kesejahteraan dan pembangunan. Demikian kata Helmy Faisal Zaini, Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal di Hotel Misiliana Rantepao, beberapa waktu yang lalu.

Hendaknya pemerintah dapat lebih memperhatikan dan memberdayakan kelompok tani, karena salah satu unggulan spesifik Toraja Utara, yang hanya menunggu sentuhan teknologi sederhana adalah markisa dan tamarillo. "Program pembangunan infrastruktur jalan sebagai urat nadi perputaran ekonomi antar desa dan kota, merupakan kebutuhan mendesak yang harus dilakukan bupati Batti Sorring karena akan berakselerasi dengan pembangunan lainnya seperti pendidikan dan kesehatan, juga wisata," kata Helmy Faisal.

Saat mengunjungi Kecamatan Bangkelekila, Helmy Faisal mengaku melihat sarana jalan kelas satu dan dua mengalami kerusakan yang begitu parah. Bupati Toraja Utara, Batti Sorring, pun mengakui bahwa kondisi ini akan menjadi motifasi bagi dirinya untuk melakukan suatu terobosan. Salah satunya, dengan meningkatkan komoditi, seperti kopi dan coklat yang telah dikenal luas di dunia internasional. Pembangunan pertanian dan perkebunan akan menjadi skala perioritas. "Untuk kebutuhan pokok masyarakat, seperti air dan listrik, telah dirintis. Tinggal menunggu untuk diresmikan dan dioperasikan," pungkas bupati.

READ MORE - Toraja Utara salah satu daerah tertinggal di Sulsel.

Jumat, 15 Juli 2011

Cara Mengatasi Wajah berminyak dan Komedo

Mempunyai Wajah berminyak dan komedo, memang sangat membuat penampilan kurang percaya diri ...
Tapi, jangan risau ... Semua bsa di atasi dengan menggunakan :

Bengkoang : 1 biji
Kentang : 1 biji

Caranya :
Kedua bahan tersebut diparut/blender sampai halus dan di buat untuk Masker ...
Bersihkan dulu muka anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk, gunakan hasil parutan itu untuk Masker setiap akan tidur , niscaya wajah anda jadi bersih, kencang dan Komedo akan Hilang ,,,,,,
READ MORE - Cara Mengatasi Wajah berminyak dan Komedo

Tambang di Bittuang dan Masanda Tana Toraja dilirik Investor

Timah Hitam
Potensi tambang di dua kecamatan di bagian barat Tana Toraja yaitu, Kec. Bittuang dan Masanda menarik minat investor. Jenis tambang yang akan dieksplorasi oleh para investor tersebut adalah galena (timah hitam) dan base metal.
Timah hitam atau dikenal sebagai logam Pb dalam susunan unsur merupakan logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi dan tersebar ke alam dalam jumlah kecil melalui proses alami. Sudah lama logam ini digunakan bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Timbal yang tersebar dimana-mana dan mudah dicari, ditempa dan dirubah dalam bentuk ekstrak membuat unsur ini sempat menjadi primadona selama ribuan tahun.
Para investor yang berminat tersebut yaitu PT Christina Explo Mining, PT Novienindo Multi Resoueces, dan PT Makale Toraja Mining.
“Ada tiga investor lokal yang tertarik dengan potensi tambang galena dan base metal Bittuang dan Masanda.Mereka sudah menawarkan kerja sama ke Pemkab Tator,” ungkap Sekretaris Kabupaten Tator Enos Karoma baru-baru ini. Pemkab Tator menyambut positif keinginan investor tersebut, termasuk akan mempermudah penerbitan izin.
“Pemkab akan memberikan kemudahan bagi para investor yang benar-benar serius berinvestasi di Tator. Dengan catatan, investor harus menaati semua aturan yang berlaku,” kata dia.

READ MORE - Tambang di Bittuang dan Masanda Tana Toraja dilirik Investor

Giliran Masyarakat Mengkendek yang menanam pohon di tengah jalan.

Ilustrasi
Setelah Masyarakat Kamali' Pentalluan, Kec. Makale menanam pisang di tengah jalan beberapa waktu yang lalu, kali ini giliran masyarakat Ge'tengan Kec. Mengkendek, Kab. Tana Toraja yang melakukan penanaman pisang di tengah jalan.
Aksi itu sebagai bentuk protes warga terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja (Tator). Pasalnya,kondisi jalan yang menjadi akses utama perekonomian warga setempat rusak dan berlumpur. Salah satu tokoh masyarakat setempat,Tadu,48,kepada wartawan, mengatakan, sebelumnya kondisi jalan sebagian beraspal, tetapi sudah mengelupas dan berlubang. Beberapa hari sebelum Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meninjau lokasi pembangunan Bandara Buntu Kunyi, Pemkab Tator menimbun badan jalan menggunakan tanah karena akan dilewati rombongan gubernur.


Namun, beberapa hari terakhir, ketika hujan deras mengguyur Desa Rantekalua dan sekitarnya, badan jalan yang ditimbuni tanah itu berlumpur dan licin. Hingga kini belum ada perhatian dan perbaikan dari Pemkab Tator. “Jalan di desa kami ditimbuni tanah karena akan dilewati rombongan gubernur. Saat hujan turun,jalan ini menjadi berlumpur dan licin. Sudah ada beberapa warga yang terjatuh saat melintas di jalan yang berlumpur,”katanya. Menurut dia, aksi tanam pohon pisang dilakukan warga untuk mendesak Pemkab Tator memperbaiki jalan yang ditimbuni tanah.
Aksi ini akan terus digelar sampai aspirasi warga dipenuhi dengan memperbaiki badan jalan yang ditimbuni tanah. Ketua DPRD Tator Welem Sambolangi ikut mendesak agar aspirasi warga diperhatikan. Jalan yang ditanami pohon pisang harus segera diperbaiki. “Pemkab tidak bisa menutup mata dengan aspirasi warga yang ingin jalan desa mereka segera diperbaiki,”ujarnya. Legislator asal Partai Golkar itu meminta agar aksi tanam pohon di tengah jalan tidak dijadikan modus menyampaikan aspirasi.
Banyak cara yang dapat ditempuh untuk menyampaikan aspirasi dengan santun kepada pemerintah setempat. “Saya berharap aksi tanam pohon pisang di tengah jalan jangan dijadikan tren di masyarakat,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Dinas PU Tator John Tolla saat dihubungi SINDO, belum bisa memberikan tanggapan terkait aksi warga Kelurahan Rantekalua itu. Dia mengaku sedang mengikuti rapat dengan BPK di Makassar.



Sumber : Seputar Indonesia
READ MORE - Giliran Masyarakat Mengkendek yang menanam pohon di tengah jalan.

Rabu, 13 Juli 2011

Muskercab PDI Perjuangan Tana Toraja

Memiliki prestasi dan peningkatan kinerja serta solidaritas yang tinggi membuat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ditetapkan sebagai cabang pelopor PDI Perjuangan di Sulawesi Selatan.
Demikian penegasan yang disampaiakn Anzel Alaman, Kepala Departemen Transportasi DPP PDI Perjuangan, saat membuka musyawarah kerja cabang (Muskercab) I DPC PDI Perjuangan Tana Toraja di Hotel Pantan Makale, Senin (11/7).

Anzel mengatakan, standar penilaian cabang pelopor PDI Perjuangan tidak sebatas perolehan suara pada pemilihan umum tetapi juga kinerja organisasi hingga ke tingkat anak ranting. Juga dari kesolidan kader, kecintaan dan pengabdian serta prestasi yang dicapai, menjadi bagian dari penilaian menjadi cabang pelopor.
“DPC Tana Toraja ditetapkan sebagai cabang pelopor PDI Perjuangan di Sulawesi Selatan karena memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan,” tandas Anzel.
Tujuan dari dibentuknya cabang pelopor, kata Anzel, adalah untuk meningkatkan kinerja kader dalam menegakkan kedaulatan dan ideologi Pancasila sebagai kekuatan PDI Perjuangan dalam berbagai kegiatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. Sementara Muskercab bertujuan menyusun program kerja yang akan diimplementasikan ditingkat DPC, PAC, ranting, dan anak ranting.
“Setiap saat cabang pelopor ini akan kita evaluasi kinerjanya. Rencananya ibu ketua umum mengunjungi seluruh cabang pelopor PDI Perjuangan kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” urai Anzel.

Sementara itu, Yohanis Lintin Paembongan, Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, mengatakan sebagai cabang pelopor di Sulawesi Selatan, DPC PDIP Tana Toraja siap berpihak kepada rakyat dan berjalan di atas ideologi Pancasila sebagai ideologi partai.

Salah satu bahasan yang cukup menarik dalam musyawarah kerja cabang (Muskercab) ini adalah munculnya aspirasi dari beberapa kader yang menginginkan agar segera dibentuk Dinas Pemuda dan Olahraga.

Isu lain yang menjadi sorotan dalam muskercab PDIP tana toraja ini adalah isu pendidikan. Dimana realisasi pendidikan gratis yang dicanangkan pemerintah, hasilnya tidak maksimal seperti yang diharapkan banyak orang. Oleh karenanya, PDIP pusat bersama dengan pengurus propinsi hingga kecamatan akan mendata semua anak yang tidak melanjutkan sekolahnya. Ansel Alaman juga berharap dan meminta pada Pemerintah Daerah (Pemda), agar selalu menambah tenaga-tenaga pendidik. Hal itu berguna, imbuh dia, tenaga pendidik bisa di tempatkan sampai ke pelososk-pelosok desa.

Seperti yang telah diketahui, pada bulan April yang lalu telah dilaksanakan musyawarah rencana kerja cabang, dan Muskercab DPC PDI Perjuangan Tana Toraja yang dilaksanakan kali ini adalah sebagai tindaklanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan pada bulan April tersebut. Muskercab ini diharapkan mampu memberikan konstribusi besar dalam pembangunan daerah dan berpihak kepada rakyat..
READ MORE - Muskercab PDI Perjuangan Tana Toraja

Kopel Salahkan Golkar

Dalam Pemberantasan Korupsi di Sulsel

Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Indonesia menyalahkan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I partai Golkar Sulsel atas lambannya pemberantasan korupsi di daerah ini.
Kopel mencontohkan kasus korupsi yang terjadi di DPRD Kabupaten Tana Toraja dan DPRD Bulukumba yang melibatkan politisi dari partai Golkar.

"Seharusnya Gubernur yang juga pimpinan Golkar harus tegas terhadap siapapun yang sudah mendapat putusan atas penyalahgunaan APBD. Jangan melakukan pembiaran," ucap Direktur Kopel Indonesia, Syamsuddin Alimsyah pada dialog Korupsi di Parlemen di Warkop Roemah Kopi, Jl Sultan Alauddin, Minggu (10/7).
Menurut Kopel, indikasi pembiaran yang dilakukan Syahrul, baik selaku Gubernur maupun Ketua Golkar Sulsel terlihat dari sejauh mana tindakan terhadap politisi Golkar yang tersandung masalah hukum di Sulsel. Bahkan ada diantaranya yang sudah mengikat. Meski begitu belum ada langkah yang ditempuh partai beringin untuk merecall kadernya di parlemen.
Selain Syamsuddin, pembicara lain yang tampil yakni Direktur Pusat Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gajah Mada (UGM) Dr Zaenal Arifin Muchtar dan penggiat anti korupsi Sulsel, Dr Abraham Samad.
Dr Zaenal menegaskan bahwa penanganan korupsi di Indonesia memang sulit, karena yang banyak terlibat adalah para atasan.
Zaenal yang pernah dibayar 10 buah durian saat menjadi saksi ahli di persidangan, menilai salah satu kesulitan polisi mengungkap kasus koruspi karena banyak melibatkan atasan mereka.
"Ketika KPK atau Mabes Polri melakukan supervisi ke daerah dengan mengirim perwira berpangkat Kompol atau AKBP, maka dia akan berhadapan dengan perwira yang lebih tinggi dari pangkatnya. Demikian pula penyidik dari KPK yang dikirim dengan eselon III harus berhadapan dengan pejabat di daerah dengan pangkat eselon II," jelasnya.
Hal sama disampaikan Abraham Samad. Menurut dia, jika ingin memberantas korupsi, maka harus dimulai dari atas. "Kita harus membersihkan pimpinan kedua institusi secara radikal, bukan setengah hati atau hanya tambal sulam," tegas Abraham yang telah mendaftar sebagai pimpinan KPK.
Dihubungi terpisah, Sekretaris Umum DPD I Partai Golkar Sulsel, Pangerang Rahim menanggapi pernyataan Kopel yang menuding Golkar dan Gubernur lamban dan setengah harti memberantas korupsi di Sulsel.
Saat dikonfirmasi Minggu (10/7) sore, pengerang yang kini tercatat sebagai anggota Komisi A DPRD Sulsel membantah apa yang dilontarkan Kopel.
Menurutnya, hal itu hanya penilaian dari luar. Semua tudingan itu tidak benar, "Yang pasti Pak Syahrul, baik selaku ketua Golkar maupun Gubernur nyata-nyata mendukung pemberantasan korupsi di Sulsel. Baik dalam proses di pemerintaan maupun di internal partai sendiri," tegasnya.
Menurutnya, Golkar tidak mentolerir kadernya yang terindikasi melakukan korupsi. Hanya saja ada kader yang sudah mendapat tindakan dari partai, namun masih melakukan perlawanan, seperti Andi Muktamar Mattotorang di Bulukumba.
''Berbeda dengan dua mantan anggota DPRD Tana Toraja yang kini tercatat sebagai anggota DPRD Sulsel, belum dapat diberi tindakan sebab belum ada keputusan hukum yajg mengikat,'' jelas politisi gaek ini.



Sumber : http://www.kopel-online.com
READ MORE - Kopel Salahkan Golkar

Manfaat Tidur siang

Tidur siang ternyata sangat bermanfaat, Walaupun hanya sekejap ( 20 - 30 menit ) . Ini dapat dibuktikan dari berbagai hasil penelitian, seperti di University of California Berkeley, dan Profesor James Maas dari Cornell University.

Tokoh duniapun sering melakukan kebiasaan ini ( tidur siang sesaat ) untuk meningkatkan efektifitas kerjanya, Mantan Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher pernah mengklaim bahwa ia hanya tidur empat jam saja setiap malam, namun selalu tidur sebentar pada siang hari. Sementara itu, Bill Clinton juga selalu menyempatkan diri untuk tidur selama setengah jam sesudah 1- 2 jam makan siang. Bahkan jepang sebagai negara yang terkenal dengan orang-orangnya pekerja keras pun disela sela waktunya selalu menyempatkan diri untuk tidur siang ( inemuri )

Perlu diperhatikan juga tidur siang yang dilakukan tidak boleh lebih dari 30 menit dan jangan langsung dilakukan sehabis makan siang itu paling tidak saran yang diberikan oleh dr.Kristie Leong Md dokter kesehatan dari virginia yang dilansir oleh healthmad.

Dan berikut manfaat yang bisa didapat jika anda melakukan tidur siang :
  • Badan menjadi lebih bugar / Fit
  • Terhindar dari resiko terkena penyakit jantung
  • Dapat membuat memori otak anda tetap tajam
  • Tidur siang mampu mempertahankan bobot tubuh ideal
  • Menurukan tensi darah
  • Pikiran lebih Fresh dan rilek karena terjaganya hormon kortisol
  • Memperpanjang Umur
  • Tidur siang yang tepat akan membuat sistem pencernaan mendapat suplai darah yang cukup dibandingkan saat beraktivitas
  • Dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan performansi, dan mengurangi kesalahan dan kecelakaan
  • Tidur siang dapat menjadi cara mudah untuk relaksasi dan peremajaan
  • Meningkatkan kinerja kognitif
  • Menjadikan anda lebih semangat, bergairah dan hati tentram
  • Meminimalisir terjadinya penyumbatan darah

Karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh, maka tidak ada salahnya kebiasaan tidur siang ini bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari....
selamat tidurrr....... HHzzzZZhZZz......

READ MORE - Manfaat Tidur siang

Minggu, 10 Juli 2011

2 orang Kepala Lembang di berhentikan

Dua orang Kepala Lembang di Tana Toraja, masing-masing Kepala Lembang Ramba, Tangibali Kec. Saluputti, dan Kepala Lembang Menduruk Kec. Malimbong Balepe, R. Palino Biringkanae, harus mengakhiri jabatannya sebagai Kepala Lembang. Hal tersebut terjadi setelah kedua Kepala Lembang tersebut di pecat oleh Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, SE, dengan alasan indisipliner.
Kedua Kepala Lembang tersebut terbukti telah menyalahgunakan wewenangnya. Tindakan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh kedua Kepala Lembang tersebut berupa memperkaya diri sendiri menlalui penyaluran Kredit Usaha Tani (KUT) pada KUD Rembon. Tindakan keduanya dapat dikategorikan sebagai tindakan Korupsi. Dimana Kepala Lembang Ramba, Tangibali menjabat sebagai Manajer, dan R. Palino Biringkane sebagai Bendahara pada KUD Rembon.


READ MORE - 2 orang Kepala Lembang di berhentikan

Sabtu, 09 Juli 2011

Rp. 12 Miliar untuk pembayaran gaji ke-13 PNS Toraja Utara

Rabu (20 Juli 2011) nanti Pemkab Toraja Utara berencana untuk membayarkan gaji ke -13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Toraja Utara Keputusan tersebut diambil menyusul terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemberian Gaji ke-13 Tahun 2011.

Rp. 12 Miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Torut 2011,disiapkan untuk membayar gaji ke- 13 PNS di lingkup Pemkab Toraja Utara.
“Kami segera membayarkan gaji ke-13 PNS itu karena PP tentang pembayaran gaji itu sudah kami terima,”ungkap Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Torut Firdaus Rin Bata, kemarin. Proses administrasi pembayaran gaji ke-13 PNS Torut itu masih diproses di bagian anggaran DPPKAD sesuai usulan setiap SKPD. Gaji ke-13 itu akan ditransfer ke rekening setiap PNS.
READ MORE - Rp. 12 Miliar untuk pembayaran gaji ke-13 PNS Toraja Utara

Kamis, 07 Juli 2011

3 koperasi di Toraja Utara mendapat kucuran dana Rp. 400 Juta

Kementerian Koperasi RI memberi bantuan dana hibah sebesar Rp. 400 Juta kepada Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Perindustrian/Perdagangan dan Koeprasi. Pemberian bantuan dana tersebut diperuntukkan dalam rangka pengembangan dan peningkatan koperasi daerah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perindustrian/ Perdangangan dan Koperasi (Perindagkop) Torut,Pither Patabang, di ruang kerjanya. Dikatakannya, tiga koperasi di Torut mendapat kucuran dana dari Kementerian Koperasi RI, masing-masing KUD Sangkutu Banne (Sane) sebesar Rp300 juta untuk pengadaan mesin pengupas kopi, Koperasi Tani Niat Karya Rp50 juta dan Koperasi Bodepa Rp50 Juta.

Sementara itu, bantuan lain datang dari Kementrian Perdagangan dengan jumlah sebesar Rp. 1,1 Milliar. Dana Rp. 1,1, Miliar tersebut diperuntukan untuk pembangunan Pasar Tradisional di Empat Kecamatan, diantaranya Kecamatan Buntao, Kec. Rante Bua, Kec. Dempina, dan Kec. Nanggala.

"Tahun 2011 ini Empat Pasar tradisional akan segera dibangun, demi peningkatan perekonomian Masyarakat di pedesaan, khususnya mempermudah jalur distribusi," Tutup Pither Patabang.


READ MORE - 3 koperasi di Toraja Utara mendapat kucuran dana Rp. 400 Juta
KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update