Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Senin, 31 Oktober 2011

Pemkab Tana Toraja kembangkan berbagai potensi pariwisata.

Satu lagi inovasi pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Tana Toraja dalam rangka mengembalikan Tana Toraja sebagai icon pariwisata di Sulawesi Selatan. Inovasi tersebut berupa pembangunan kawasan agrowisata di Pango-Pango kec. Makale Selatan.

“Saat ini, pariwisata Tana Toraja yang dikenal hanya kuburan batu, rumah adat dan rambu Solo dan rambu Tuka. Perlu ada inovasi membuat kawasan agro wisata, wisata rohani, dan convention baru agar pariwisata Tana Toraja tidak membosankan,” kata Bupati Theofilus Allorerung di Makale,(Minggu,30/10/2011).

Dikatakannya bahwa kawasan agrowisata akan dibuat di daerah Pango-pango. Saat ini, pemkab Tana Toraja sedang membangun sarana pendukung seperti jalan, jembatan, air bersih dan listrik. Beberapa produk tanaman unggulan Tana Toraja, seperti Kopi, tamarillo, markisa, strawberry, yang cocok dengan kondisi alam di Pango-Pango, akan dikembangkan. Pengembangan produk tanaman unggulan ini sengaja dilakukan demi mendukung Pango-Pango sebagai kawasan agrowisata.

Selain itu Pemerintah Kabupaten Tana Toraja juga berencana membuat kawasan wisata rohani di Buntu Burake, Kec. Makale.

“Pengembangan wisata agro dan wisata rohani ini diharapkan bisa menggeliatkan kembali dunia pariwisata Tana Toraja. Kami juga sudah melakukan survey di beberapa lokasi yang nantinya akan dikembangkan sebagai kawasan wisata agro,” paparnya.

Dia menambahkan, selain wisata agro dan rohani, beberapa objek-objek wisata baru juga akan dikembangkan menjadi unggulan wisata Tana Toraja. Salah satunya, objek wisata air terjun dan hutan alam Sarambu Asing di kecamatan Bittuang.

Kawasan air terjun ini diklaim sebagai wisata alam yang hampir menyerupai kawasan air terjun Bantimurung di kabupaten Maros. Tidak jauh dari air terjun Sarambu Asing, terdapat lokasi pemandian air panas yang berpotensi sebagai tempat wisata yang banyak menarik tingkat kunjungan wisatawan.

“Air terjun Sarambu Asing sudah dibuka sebagai salah satu objek wisata di Tana Toraja. Hanya saja, pemkab Tana Toraja masih perlu melakukan promosi untuk mengenalkan objek wisata itu agar lebih mendunia,” paparnya.

Theofilus mengatakan bahwa pada dasarnya Tana Toraja memiliki keindahan alam yang sangat indah. Hanya saja belum dikelola dan dipromosikan secara maksimal. Ke depan, pemkab Tana Toraja berencana akan membuka semua kawasan yang memiliki pemandangan yang indah untuk ditawarkan kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

1 komentar:

  1. salut untuk Pemkab Toraja, terus galakkan pariwisata domestik & sukses selalu.

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update