Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Selasa, 13 September 2011

Nikmatnya Kopi Asal Toraja

BUKAN zamannya lagi meeting di kantor ataupun ngerumpi di rumah. Tempat tersebut sudah terganti oleh kehadiran kedai kopi di mal. Seperti Tator Coffee Boutique yang tak pernah sepi pengunjung.

Zaman sekarang, kegiatan meeting pekerjaan maupun gathering, arisan, bahkan ngerumpi sekali pun, sudah dialihkan ke kedai kopi atau restoran yang ada di pusat pertokoan. Pemandangan ini yang SINDO temukan di Tator Coffee Boutique yang berada di lower groundSenayan City, Jakarta. Tator yang merupakan singkatan dari Tanah Toraja, memang mengandalkan kopi asal Toraja yang kenikmatannya sudah terdengar hingga ke mancanegara.

Jadi, tak heran jika di area kafe yang mampu menampung sekitar 30 orang itu dipenuhi oleh beberapa orang ekspatriat dari berbagai negara. Menurut Operational Manager Tator Coffee Boutique Karel Wilhelmus, Toraja diakui sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik dibandingkan daerah lain yang ada di Indonesia.

“Mungkin struktur tanah dan iklim di Toraja yang menjadikan daerah ini bagus untuk produksi kopi,” ujar Karel.

Ditambahkan Karel, aroma kopi asal Toraja lebih harum dengan kualitas kopi yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kalau Anda mampir ke sini, jangan membayangkan bakal menemukan penyajian kopi dengan cara yang biasa. Tator Coffee Boutique memang menetapkan harga yang cukup tinggi untuk kopinya. Meski demikian, percayalah, it’s worth it. Sebab, gerai kopi ini bukan hanya memberikan secangkir kopi.

Lebih dari itu, pengalaman dalam menyeduh dan menyeruput kopi itulah yang ditawarkan. Saat SINDO memesan kopi lanang, kopi arabika itu disajikan di hadapan tamu dengan alat yang bernama syphon. Coffee maker ini tersusun dari sepasang labu kaca berukuran kecil yang dapat disusun atas dan bawah pada sebuah penyangga dari baja stainless. Labu yang berada di bagian atas disebut upper, sementara yang bagian bawah lower.

Terdapat pula sebuah kompor kecil berbahan bakar spiritus untuk memanaskan air yang dituang di labu lower. Bubuk kopi Toraja yang hendak disajikan untuk tamu dituang di labu upper. Takarannya bergantung permintaan. Kalau tidak ingin terlalu kental, bisa memilih takaran reguler. Sementara yang ingin sedikit lebih kental, tersedia pilihan medium strong.

Selanjutnya, kompor kecil akan memanaskan air pada labu lower sampai air terserap ke atas menuju labu upper yang bakal melarutkan bubuk kopi.

Pemanasan akan dihentikan saat air di labu lower habis terserap. Larutan kopi dan air di labu upper pun akan bergerak turun ke labu lower sebagai larutan yang telah tersaring. Nah, pada saat itu, terciumlah aroma harum kopi dari alat ini yang langsung membangkitkan selera.

Untuk menyajikan ke dalam cangkir, ada teknik tersendiri pula.Larutan kopi di labu dituang ke dalam cangkir dengan memberi jarak yang cukup jauh antara kedua wadah saat penuangan.

Gunanya agar aroma kopi Toraja yang khas itu bisa keluar dan menyebar. Selanjutnya terserah tamu jika ingin menambahkan rasa manis. Ada pula racikan kopi lebih ringan dengan bahan dasar kopi robusta yang diberi nama tator house blend.

Di dalamnya tersedia berbagai pilihan, seperti black coffee dengan takaran reguler atau medium strong. Penikmat coffee mix juga bisa memuaskan selera dengan pilihan tator ice coffee, hasil campuran kopi, susu, dan gula yang diaduk menjadi satu.

Cappucino, cafe latte dan mocca coffee juga hadir sebagai pilihan kopi yang menyajikan rasa serta campuran kopi impor yang khas. Tak ketinggalan kopi luwak. Harga untuk secangkir kopi ini sebesar Rp274.000. Hmm… relatif mahal ya? Kopi luwak ini sudah tersedia dalam bentuk sachet. Ketika tamu memesan, kemasan sachet-nya digunting di hadapan tamu untuk selanjutnya diolah dengan alat bernama brikka pot. Prosesnya memakan waktu lima menit.

Kalau tidak ingin atau tidak suka minum kopi, pengunjung dapat memilih aneka minuman teh, mulai es teh biasa, teh hijau, jasmine tea, sampai teh rasa buah-buahan. Jus, soft drink, hingga milkshake aneka rasa, bisa menjadi pilihan.

Sembari menikmati kopi, enaknya ditemani kudapan. Tator cukup banyak menghadirkan camilan, dari yang manis hingga asin.Yang terkenal adalah singkong garlic.

Jangan sepelekan makanan rakyat yang satu ini. Sebab, dengan racikan ala Tator, kudapan ini justru sangat diminati oleh kalangan ekspatriat. Ada juga chicken rolls, tahu isi, avocado chocolate tart, serta aneka croissant, quiches, sandwich, dan salad. Tator mencoba pula membawa suasana tanah Toraja ke butik kopi ini.

Terlihat dari para staf wanitanya yang mengenakan baju adat Toraja. Kehadiran berbagai ukiran Toraja juga tampak di gerai ini, sehingga memberikan kesan seperti di daerah tersebut. Sambil menyeruput kopi, kita bisa melihat lalu-lalang pengunjung di Senayan City. Kalau ingin membaca, disediakan beberapa majalah yang boleh dibaca di tempat. Wah, semakin betah berlama-lama nih

Sumber : http://www.okefood.com

3 komentar:

  1. wah thanks informasi kopi toraja:) hmmm kyknya blh tuh agan kirim ke ane buat testernya ... hehehe :):)

    jgn lupa blogwalking and comment my blog yah
    http://bisnisstylemagazine.blogspot.com
    (jangan lupa dicomment n kalau bisa commentnya di t4 agan lom comment aja) hehehe

    thanks yah agan:)

    BalasHapus
  2. Kopi Toraja memang nikmat dan termasuk salah satu kopi terbaik dunia :) terimakasih sudah berbagi info sobat

    BalasHapus
  3. Hai…! Minum Coffee Toraja Online Store menjual Kopi Single Origin Toraja Arabica & Robusta Toraja, Ground Beans (kopi bubuk) & Roasted Beans ( Biji kopi Sangrai

    • Arabica Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast

    • Arabica Toraja Ground Beans Dark Roast

    • Robusta Toraja Ground/Roasted Beans Medium Roast

    Minat Order :

    Via Fanspage FB : https://m.facebook.com/MinumCoffeeToraja
    Via Twitter : @MinumCoffeeTrja
    Via SMS (Only) : 082347638725

    Melayani pembelian u/ eceran, dan siap mensuplay Coffeshop,Cafe,Resto,Hotel,Kedai/warung kopi,dll yg membutuhkan kopi single origin Toraja yg berkualitas langsung dikirim dr Rantepao – Toraja Utara

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update