Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Selasa, 13 September 2011

3 Langkah Strategis atasi kemiskinan di Tana Toraja

Visi Pemkab Tana Toraja yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2015, yaitu Mewujudkan masyarakat Tana Toraja yang Mandiri, khususnya penanggulangan multidimensi kemiskinan yang berkelanjutan. Olehnya itu untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan akses pelayanan perbaikan hidup masyarakat yang lebih baik.

Menurut Data dari Biro Pusat Statistik Kab. Tana Toraja, jumlah masyarakat miskin di tana Toraja mencapai 20.961 KK yang tersebar di 19 kecamatan. Pemkab Tana Toraja terus berupaya untuk mengentaskannya.

Setiap bulan, pemerintah menyalurkan raskin sekitar 314.415 kilogram untuk 20.961 KK. Sebuah jumlah yang tidak sedikit.

Enos Karoma, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tana Toraja, mengatakan bahwa pemerintah Tana Toraja memiliki strategi khusus untuk mengentaskan kemiskinan di daerah yang terkenal dengan wisata budayanya ini.

Menurut Enos, ada tiga strategi yang aka diterapkan untuk mengentaskan kemiskinan yang sampai sekarang belum dapat diselesaikan ini.

Ketiga strategi itu adalah, memaksimalkan spirit otonomi daerah untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya prakarsa lokal dalam proses pembangunan.

Kemudian mendorong terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik (good govermance), dan memberikan power kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan, maupun pemberian tanggungjawab serta keterlibatan secara profesional dalam pembangunan (people empowerment).

"dalam merumuskan dan merealisasikan program yang direncanakan, pihak swasta dan pihak-pihak yang lain harus dilibatkan dalam menanggulangi kemiskinan," jelas Enos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update