Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Senin, 08 Agustus 2011

M. Nazaruddin ditangkap di Kartagena, Kolombia.

Menkopolhukam Djoko Suyanto, mengatakan bahwa mantan bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin, yang diduga terlibat dalam kasus korupsi, telah tertangkap di Kartagena, Kolombia. Djoko Suyanto menyampaikan hal itu dalam keterangan pers di kantor presiden Jakarta Sore tadi (8/8).

Djoko Suyanto mengatakan, Interpol di Kolombia telah berhasil menangkap buronan kasus pembangunan wisma atlit, M. Nazaruddin di Kartagena, Kolombia".
Nazaruddin tertangkap dengan menggunakan paspor palsu atas nama M. Syahruddin.

Selanjutnya djoko mengatakan bahwa Nazaruddin dibekuk sesaat akan meninggalkan Kolombia.
Saat ditangkap di Kartagena, Nazaruddin bersama dengan istrinya, Neneng Sri Wahyuni, dan beberapa orang lainnya.

Berikut Keterangan Pers dari Djoko Suyanto di Kantor Presiden sore tadi.
"Tadi malam, Minggu malam, melalui kementrian luar negri, Menlu telah menerima berita dari Dubes kita yang di Kolombia, Bapak Michael Manufandu, telah menerima berita, telah ditangkap seseorang yang dicurigai sebagai saudara Nazaruddin oleh Interpol di Kolombia, tepatnya di kota Kartagena. Penangkapan ini adalah hasil dari kerjasama Interpol dengan Kepolisian Republik Indonesia, KPK, Imigrasi Kumham, dan Kemlu. Jadi selama ini mereka telah bekerja dengan keras untuk apa yang telah dilansir melalui Polri kepada Interpol untuk segera dilaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut. Sementara ini, hasil dari penyelidika pihak Interpol di Kartagena identik dengan apa yang kita sebut sebagai Saudara Nazaruddin."

Djoko tidak mengetahui bahwa Nazaruddin tertangkap di Bandara atau di Pelabuhan, walaupun disebut sesaat akan meninggalkan Kolombia. Djoko mengatakan, karena Kartagena bukan merupakan ibukota negara, maka tadi malam Nazaruddin sudah diberangkatkan ke ibukota di Bogota.

Menurutnya, Imigrasi, Polisi dan Kemlu akan berangkat sesegera mungkin guna menindaklanjuti apabila yang ditemukan di Kolombia tersebut benar-benar Nazaruddin.

Djoko menambahkan, Presiden SBY tidak memberi batas waktu kapan Nazaruddin dibawa pulang ke Indoneisa. namun Presiden meminta agar keselamatan Nazaruddin dijaga seketat-ketatnya. Selain itu juga Presiden SBY meminta agar Nazaruddin dapat segera dibawa pulang ke tanah air untuk menjalani proses hukum di KPK.

Sementara itu, Kepolisian RI membenarkan bahwa buronan KPK yang ditangkap di Kartagena, Kolombia adalah M. Nazaruddin. Hal itu disampaikan Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Polisi (Irpol) Anton Bahrul Alam.

"Tim Polri yang dikirim untuk mencari buronan internasional M. Nazaruddin, telah berhasil menangkap yang bersangkutan di Kartagena, Kolombia pada pukul 02.00 dinihari waktu setempat. Nazaruddin ditangkap dengan menggunakan nama palsu yaitu Syafaruddin, sementara passport dan foto tetap mirip Nazaruddin. Dari hasil sidik jari telah dikirimkan dua hari lalu dari Kepolisian untuk mencocokkan dan menghasilkan 12 titik kecocokan dengan sidik jadi Nazaruddin. Namun untuk lebih meyakinkan lagi kita akan melakukan tes DNA. Mudah-mudahan cocok semua. Selain itu terungkapnya identitas palsu itu ketika Nazaruddin berada di Negara Dominica, dan Polri masih menyelidiki pembuatan passport palsu Nazaruddin di negara mana." Kata Anton

Dari data yang dimiliki oleh Polri, Nazaruddin pertama di ketahui di Singapura, Kemudian ia pergi ke Kualalumpur, Vietnam, Kamboja, dan dengan menggunakan pesawat carteran, Nazaruddin langsung pergi ke Bogota, melalui Madrid, Spanyol dan berakhir di Dominic.

sementara itu, terkait rencana penjemputan Nazaruddin, Anton Bahrul Alam mengatakan bahwa saat ini Polri sementara melakukan koordinasi dengan Imigrasi, KPK, Kementrian Luar Negeri dan kementrian Hukum dan Ham untuk melakukan penjemputan terhadap buronan tersebut yang saat ini masih berada di Kolombia.



1 komentar:

  1. Sepandai pandai Nazarudin bersembunyi, akhirnya digrebek juga... sukurlah...

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update