Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Jumat, 29 Juli 2011

Jadwal Puasa Ramadhan 1432 H. Muhammadiyah dan NU kemungkinan 1 Agustus 2011

Marhaban ya Ramadhan 1432 H. Bulan suci Ramadhan, bulan yang mulia akan segera datang yang hanya tinggal menghitung hari. Sekitar setengah bulan lagi, umat Islam di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah SWT. Insya Allah, berdasarkan musyawarah ahli hisab Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhamadiyah, awal bulan Ramadhan 1432 H akan jatuh pada hari Senin tanggal 1 Agustus 2011 M dan puasa Ramadhan sendiri akan berlangsung selama 29 hari, sehingga 1 Syawal jatuh pada Selasa, 30 Agustus 2011.

Sementara itu, salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama masih harus menunggu keputusan hasil rukyat yang Insya Allah akan dilaksanakan pada 31 Juli 2011. Kalau melihat penanggalan yang dikeluarkan oleh Pimpinan Cabang Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan LFNU Kabupaten Gresik Jawa Timur, maka awal Ramadhan mungkin jatuh pada 1 Agustus 2011 M. Ini berarti kemungkinan besar tidak akan ada perbedaan awal puasa 2011 baik dari kalangan Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama.

Potensi perbedaan yang sangat tinggi justru kemungkinan terjadi pada penetapan 1 Syawal 1432 H. Ini dikarenakan tinggi hilal di Bandung pada hari Senin tanggal 29 Agustus 2011 mencapai 1° 35′, di Banda Aceh 0° 44′ akan tetapi berdasarkan hisab taqribi tinggi hilal di Jakarta mencapai 2° lebih. Sedangkan umur hilal di Banda Aceh 8 jam 42 menit setelah Ijtimak. Ada kemungkinan terjadi perayaan Hari Raya Idul Fitri 1432 H yang berbeda di Indonesia tetapi mudah-mudahan ini tidak terjadi. Namun demikian, seandainya terjadi alangkah baiknya kita sebagai warga negara Indonesia mengikuti keputusan untuk awal Ramadhan dan awal Syawal berdasarkan hasil yang dikeluarkan oleh Pemerintah sehingga persatuan ukhuwah islamiyah muslim Indonesia akan lebih terasa dan tidak tampak terpecah belah.


Sumber : http://www.elhooda.com

3 komentar:

  1. gan banner nya dah terpasang di blog ane,, silahkan cek di http://everyth1ng.blogspot.com/ lalu liat bagian sidebar !

    BalasHapus
  2. jangan lupa pasang banner ane y !

    BalasHapus
  3. Marhaban Yaa Ramadhan...
    Yang lebih penting lagi, niatkan ibadah shiyam kita dan perbanyak amal ibadah kita.
    Mudah-mudahan Ramadhan ini lebih baik dari tahun yang berlalu aamiin...aaminn

    BalasHapus

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update