Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Minggu, 05 Juni 2011

Kolesterol Pemicu Penyakit Degeneratif

Bawang putih dapat menurunkan kolesterol
PENYAKIT degeneratif merupakan penyakit yang mengiringi proses penuaan. Penyakit degenaratif di antaranya stroke, hipertensi, vertigo, jantung, kanker, asam urat, diabetes, osteoporosis, dan sebagainya. Penyakit ini ibaratnya bola salju, semakin lama semakin membesar jika tidak terdeteksi sejak dini.

Penyakit degeneratif kebanyakan disebabkan oleh makanan yang mengandung kolesterol. Kolesterol berlebihan akan mengendap dalam darah dan menimbulkan endapan-endapan lemak yang menempel dipembuluh darah, membeku, dan menjadi plak yang menyumbat arteri. Selanjutnya aliran darah ke jantung terputus hingga menyebabkan jantung dan memicu stroke.

Setiap manusia pada dasarnya membutuhkan kolesterol untuk membuat hormon dan vitamin D, serta sebagai asam empedu yang memecah lemak dalam sistem pencernaan. Kebutuhan kolesterol dalam tubuh sebenarnya telah dipenuhi oleh lemak yang diproduksi hati namun jika mengonsumsi makanan lemak jenuh berkadar tinggi maka akan menyebabkan kolesterol yang berlebih. Kolesterol berlebih yang fungsional akan bercampur dalam darah (lemak darah).

Dr.Jumraini Tammasse Sp S, Ahli Saraf Rs Wahidin Sudirohusodo, saat ditemui Fajar mengatakan bahwa kadar normal kolesterol untuk wanita berjumlah 1.500 kalori, sedangkan untuk pria 2.000 kalori.

"Penyakit degenatif semakin lama akan mewabah. Hal ini disebabkan oleh pola hidup dan makan kita sudah banyak berubah. Dulunya kita sering bergerak, sekarang tidak lagi. Belum lagi makanan yang kita konsumsi kebanyakan yang cepat saji dan gorengan-gorengan. Dari sini kita bisa lihat bahwa 90 persen penyakit sebenarnya berasal dari lingkungan, dan hanya satu persen dikarenakan faktor keturunan," kata Jumraini.

"Untuk itu, cara paling aman menghindari kolesterol berlebih adalah kehati-hatian dalam menjaga pola makan dan pola hidup," kata Jumraini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update