Sumber: http://www.seociyus.com/2013/02/kode-javascript-dan-html-sederhana-buat-di-blog.html#ixzz4FohENZc0 Under Creative Commons License: Attribution Non-Commercial Follow us: @SEOCiyus on Twitter

Jumat, 03 Juni 2011

2012, Pekerjaan Pembangunan Konstruksi Bandara Baru Tana Toraja di Mulai

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan Masykur A Sulthan di Singapura, Jumat (3/6). mengatakan "Pekerjaan Pembangunan Konstruksi Bandara baru di Mengkendek Kabupaten Tana Toraja akan dimulai pada 2012."

"Pemenang tendernya sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Ditargetkan penyelesaian lahan rampung pada 2011, sehingga kita bisa lanjutkan dengan pembangunan konstruksi pada 2012," ujarnya.

Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten menyediakan lahan pembangunan bandara sementara anggaran pembangunan konstruksi sekitar Rp200 miliar melalui APBN-perubahan 2011.

"Lahan memang menjadi kendalanya selama ini dan telah ditangani oleh bupati. Kita tinggal cari waktu yang baik dengan warga setempat untuk memulai melakukan pengerjaannya," katanya.

Bandara baru Toraja ini dibangun di Kecamatan Mangkedek dengan total lahan seluas 225 hektare dan runway dua arah sepanjang 1.900 meter sehingga telah dapat melayani pesawat berkapasitas 100 kursi.

"Total anggaran pembangunan lebih dari Rp500 miliar dengan anggaran patungan bersama pemerintah provinsi kabupaten serta pemerintah pusat. Anggaran pembangunan terminal juga terdiri dari APBN dan APBD," jelasnya. Soal siapa yang akan mengelolanya baru akan ditentukan setelah pembangunannya rampung.

Kehadiran bandara baru ini akan menjadi penghubung dari seluruh daerah tujuan wisata nasional ke Tana Toraja.

Serta melengkapi enam bandara perintis yang telah beroperasi selama ini yaitu di Kabupaten Selayar, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara, Bone yang juga akan beroperasi tahun ini serta satu bandara perintis milik swasta di Luwu Timur.

Kepastian mengenai pembangunan bandara Toraja baru ini, sekaligus menjawab keinginan para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang merasa perjalanan wisata ke Tana Toraja terlalu jauh karena memakan waktu sekitar 8 jam melalui darat dari Kota Makassar.

Seperti pengalaman yang pernah dirasakan perwakilan Singapore Malay Chamber of Commerce and Industry (SMCCI), Junaidah Binti Tarjo.

Kepada Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, ia mengungkapkan, bahwa ia sangat ingin kembali mengunjungi Tana Toraja namun perjalanan yang ditempuh ia rasakan terlalu jauh.

"Sangat cantik, hotel bagus dan makanannya sangat enak, kita mau ke sana lagi tapi jaraknya membuat kita berpikir. Diharapkan, ada transportasi yang lebih cepat seperti pesawat," ujarnya yang pada Maret 2011 lalu mengunjungi Sulsel bersama ratusan wisatawan Singapura lainnya.

Gubernur menanggapi hal ini dengan mengatakan, bahwa saat ini terdapat pesawat berkapasitas 30 penumpang dengan jarak tempuh sekitar satu jam dari Makassar.

"Sementara ini kita sedang dalam proses pembangunan bandara baru. Selain itu, pemprov juga telah melakukan pembicaraan dengan Bandara Internasional Changi Singapura untuk membuat paket wisata ke Sulsel," jelasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih telah berkunjung ke Toraja Update.
Silahkan tinggalkan Komentar Anda...!!!

KOMENTAR TERBARU

Subscribe

Masukkan Alamat E-mail Anda:

Delivered by Toraja Update